Ortho-K – Penglihatan buram merupakan gangguan yang bisa menyebabkan seseorang kesulitan melakukan aktivitasnya. Salah satu gangguan penglihatan yang paling umum terjadi yaitu kelainan refraksi. Dimana kondisi ini bisa memengaruhi kemampuan visual seseorang untuk melihat dengan jarak tertentu. Ortho-K hadir sebagai solusi kelainan refraksi yang menawarkan hasil lebih efektif. Pelajari lebih tentang Ortho-K beserta manfaatnya berikut.

Apa itu Ortho-K?

Ortho-K merupakan lensa kontak khusus sebagai metode koreksi penglihatan. Lensa Ortho-K membantu untuk mengurangi rabun jauh, rabun dekat, presbiopia, dan astigmatisme. Lensa kontak yang hanya dipasang di mata sebelum tidur, dengan lembut akan memperbaiki bentuk kornea mata. Sehingga, anda bisa melihat dengan baik di keesokan harinya ketika melepas lensa Ortho-K. Ortho-K atau orthokeratology memberikan manfaat ketajaman visi yang lebih baik.

Cara Kerja Lensa Ortho-K

Lensa Ortho-K dibuat khusus untuk mata Anda. Segera setelah Anda memakai lensa, lensa kontak yang sangat permeabel oksigen akan mengapung di lapisan air mata Anda. Bentuk khusus dari permukaan belakang lensa kontak menciptakan akumulasi lapisan air mata di area tepi kornea. Ini menciptakan gaya kapiler selama pemakaian, mirip dengan tanaman . Kekuatan ini kemudian dengan lembut mengubah kornea saat Anda tidur.  Orang yang memiliki rabun jauh atau astigmatisme bisa memiliki penglihatan yang jelas tanpa memakai lensa kontak atau kacamata resep.

Kelebihan Ortho-K

Sebagai koreksi kelainan refraksi, Ortho-K menawarkan beberapa keunggulan untuk ketajaman visual yang lebih baik. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika anda memilih Ortho-K.

Teknologi Ortho-K semakin maju

Ortho-K memiliki teknologi yang semakin maju dan telah memberikan hasil yang lebih baik dalam mengoreksi rabun jauh dan astigmatisme. Orang yang secara teratur menggunakan lensa kontak khusus Ortho-K dapat menerima penglihatan yang lebih baik di siang hari. Selain itu, peneliti lebih lanjut telah menguji efektivitas Ortho-K dalam mengoreksi rabun jauh.

Meningkatkan ketajaman visual dengan Ortho-K

Efektivitas Ortho-K bervariasi dari satu pengguna ke pengguna lainnya. Untuk beberapa pemakai, dibutuhkan beberapa minggu untuk mencapai dan mempertahankan penglihatan yang stabil. Dengan pemakaian rutin, Ortho-K mampu meningkatkan ketajaman visual yang anda miliki. Bahkan, visual yang lebih jelas bisa anda nikmati sepanjang hari.

Baca Juga: Terapi Mata Minus untuk Meningkatkan Kemampuan Visual

Kinerja Ortho-K yang lebih baik

Kinerja lensa kontak khusus Ortho-K lebih baik dibandingkan dengan lensa kontak biasa. Karena lensa Ortho-K yang permeabel gas, sehingga lebih nyaman dan aman digunakan meski pada saat tidut. Cukup memakai Ortho-K di malam hari, anda bisa menikmati hasilnya keesokan harinya.

Bantuan untuk para atlet

Untuk atlet tertentu, lensa Ortho-K memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki lensa lainnya. Penglihatan yang lebih jelas, risiko menyebabkan masalah mata yang lebih rendah dan tidak perlu khawatir tentang lensa bergerak, adalah keunggulan Ortho-K. Sehingga, lensa Ortho-K menjadi bantuan untuk atlet agar memiliki visi yang baik.

Ortho-K Bantu Menghambat Perkembangan Mata Minus

Mata minus sendiri umumnya dikoreksi dengan kacamata dan lensa kontak. Namun, lensa kontak dan kacamata konvensional tidak memiliki efek positif pada perkembangan mata minus. Ortho-K sebagai lensa malam, merupakan lensa kontak khusus yang membantu menghambat perkembangan mata minus. Dengan lensa kontak khusus ini, perkembangan mata minus secara statistik dapat dikurangi secara signifikan.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.