Vision Therapy – Hipermetropi (rabun dekat) adalah salah satu gangguan penglihatan yang umum terjadi di mana seseorang memiliki kesulitan melihat objek yang berada dalam jarak dekat. Kondisi ini dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang, terutama dalam aktivitas sehari-hari seperti membaca, menulis, atau menggunakan perangkat elektronik. Sehingga, inilah yang membuat seseorang yang mengalaminya perlu segera melakukan vision therapy agar penglihatannya kembali berfungsi secara optimal. Hipermetropi terjadi ketika cahaya yang masuk ke mata tidak fokus secara tepat pada retina, lapisan yang sensitif terhadap cahaya di dalam mata.

Gejala Hipermetropi

Hal ini disebabkan oleh kelengkungan kornea atau lensa mata yang tidak memadai, sehingga cahaya terpantul ke titik fokus yang salah. Akibatnya, gambar yang diterima oleh mata tidak terbentuk dengan jelas pada retina. Gejala umum dari hipermetropi meliputi kesulitan melihat objek dekat, mata lelah, sakit kepala, atau ketegangan mata setelah membaca atau melakukan pekerjaan yang memerlukan fokus pada jarak dekat. Beberapa orang dengan hipermetropi juga mungkin mengalami ketegangan mata saat melihat objek yang berjarak jauh. Meskipun gejala ini dapat diatasi dengan upaya pemfokusan yang lebih besar, hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kelelahan pada mata.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk mengatasi hipermetropi, terdapat beberapa pilihan terapi yang umum digunakan. Salah satunya adalah penggunaan kacamata dengan lensa yang memiliki kekuatan tambahan untuk memperbaiki fokus cahaya. Lensa kontak juga merupakan alternatif yang populer, di mana lensa tipis yang sesuai dengan kebutuhan individu ditempatkan langsung di atas mata. Lensa kontak dapat memberikan kenyamanan dan penglihatan yang lebih alami. Selain itu, operasi laser juga menjadi pilihan untuk mengoreksi hipermetropi.

Operasi ini melibatkan penggunaan laser untuk memperbaiki kelengkungan kornea dan meningkatkan fokus cahaya pada retina. Prosedur ini dapat menghasilkan perbaikan penglihatan jangka panjang tanpa ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak. Penting untuk diketahui bahwa setiap pilihan vision therapy harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan individu. Seorang ahli mata atau optometri yang berpengalaman dalam gangguan penglihatan dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan rekomendasi yang tepat.

Baca Juga: Mendapatkan Bantuan Visual yang Tepat untuk Low Vision: Kacamata, Pembesar, dan Perangkat Bantu Lainnya

Dalam kehidupan sehari-hari, penting bagi individu dengan hipermetropi untuk mengadopsi kebiasaan yang sehat dalam merawat mata mereka. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain adalah memberikan istirahat yang cukup bagi mata saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan fokus jarak dekat, menjaga jarak yang cukup saat menggunakan perangkat elektronik, dan menggunakan penerangan yang memadai saat membaca atau melakukan aktivitas visual lainnya.

Selain penggunaan kacamata, lensa kontak, atau operasi laser, terdapat juga beberapa perangkat bantu lain yang dapat membantu individu dengan hipermetropi. Salah satunya adalah kacamata pembesar yang dirancang khusus untuk memperbesar objek dan membuatnya lebih mudah dilihat. Kacamata pembesar ini dapat membantu dalam aktivitas seperti membaca, menjahit, atau melakukan pekerjaan yang memerlukan fokus pada detail kecil. Disisi lain, ada juga perangkat bantu elektronik seperti pembaca layar atau perangkat pembesaran teks yang dapat digunakan untuk membantu membaca dan mengakses informasi secara lebih mudah.

Teknologi terus berkembang, dan inovasi dalam perangkat bantu penglihatan terus dilakukan untuk memberikan solusi yang lebih baik bagi individu dengan hipermetropi dan gangguan penglihatan lainnya. Penting bagi individu yang mengalami gejala hipermetropi untuk segera mencari bantuan dan konsultasi dari ahli mata atau spesialis penglihatan. Mereka dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menentukan tingkat keparahan hipermetropi dan merekomendasikan terapi yang paling sesuai.

Sedang mengalami rabun dekat atau memiliki keluarga dan orang-orang terdekat yang mengalaminya? Maka, penting untuk segera mengunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic merupakan klinik kesehatan mata yang profesional dan berkualitas tinggi, sehingga siap membantu Anda untuk mengatasi permasalahan kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan agar semakin optimal dengan berbagai layanannya, seperti salah satunya adalah vision therapy.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.