Terapi Mata Minus – Mata minus menjadi salah satu gangguan penglihatan akibat kelainan refraksi yang paling sering. Kondisi mata minus ini bisa dialami oleh siapa saja akibat berbagai faktor. Penderita mata minus biasanya mengalami kesulitan dalam melihat jarak jauh, dimana penglihatan akan tampak buram dan susah untuk fokus. Penting sekali untuk melakukan pengobatan mata minus agar tidak berkembang semakin parah.

Apa itu Mata Minus?

Mata minus atau dalam istilah medis disebut dengan miopi atau rabun jauh, merupakan kondisi gangguan penglihatan akibat kelainan refraksi. Ini terjadi saat cahaya sejajar yang masuk ke dalam mata menghasilkan bayangan di depan retina, yang mana seharusnya berada tepat di retina. Kondisi tersebut menyebabkan kesulitan untuk melihat benda yang terdapat pada jarak jauh. Berdasarkan pada tingkat keparahannya, mata minus terbagi menjadi tiga kategori yaitu miopia rendah dengan minus antara 0.5 – 3D. Kemudian miopia sedang dengan minus 3.1 – 6D, dan miopia berat dengan minus diatas 6D.

Kenali Gejala Mata Minus

Penderita mata minus tidak hanya mengalami kesulitan dalam melihat objek pada jarak jauh. Seseorang yang mengalami mata minus juga bisa mengalami gejala-gejala lain yang menyertainya, seperti:

  • Mata sering terasa lelah
  • Mata seringkali terasa tegang
  • Sakit kepala
  • Seringkali memicingkan mata saat melihat sesuatu di kejauhan
  • Kesulitan untuk bisa melihat saat mengendarai kendaraan
  • Seringkali mengucek mata
  • Mata sering berkedip
  • Harus melihat secara dekat supaya terlihat dengan jelas terutama saat menonton televisi, membaca dan lainnya.

Ketika anda mengalami gejala mata minus seperti yang telah disebutkan diatas, sebaiknya segera periksakan kesehatan mata anda. Hal tersebut penting untuk mencegah dan menghentikan perkembangan mata minus.

Baca Juga: Masalah Visual yang Membutuhkan Bantuan dengan Vision Therapy

Penyebab Mata Minus

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mata minus. Aktivitas dan kebiasaan yang dilakukan tanpa disadari bisa menjadi penyebab mata minus. Berikut beberapa hal yang sering dilakukan yang bisa menyebabkan mata minus, seperti:

  • Jarak yang sangat dekat saat melakukan aktivitas yang berorientasi pada visual. Seperti membaca buku, menonton TV, bermain video games, bekerja atau bermain di depan komputer, dan lain sebagainya.
  • Terlalu lama beraktivitas pada jarak pandang yang sama. Misalnya saat bekerja di depan layar monitor dan lainnya.
  • Kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan mata. Seperti membaca sambil tiduran, membaca di tempat gelap, dan lainnya.
  • Kekurangan gizi yang dibutuhkan oleh mata seperti Vitamin A. Kandungan gizi yang baik penting untuk meningkatkan kemampuan visual dan menjaga mata tetap sehat.
  • Genetika atau keturunan, ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya mata minus. Jika orang tua mempunyai riwayat mata minus, maka kemungkinan besar sang anak akan mengalami mata minus.

Cara Mencegah Mata Minus

Mata minus sebenarnya dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan kebiasaan baik saat bekerja dengan visual. Beberapa langkah bisa dilakukan untuk menurunkan resiko mata minus, diantaranya yaitu:

  • Sering melakukan aktifitas di luar ruangan
  • Tidak membaca, menulis dan melihat dalam jarak yang terlalu dekat.
  • Ketika mata sudah terasa lelah, maka istirahatkanlah mata sejenak dan jangan dipaksakan.
  • Hindari untuk membaca, menulis, bermain di depan layar monitor dalam keadaan gelap atau kurang cahaya.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Ikan juga dapat berperan untuk mencegah mata minus seperti, salmon, dan makarel karena kaya akan kandungan omega 3 yang baik untuk mata.

Terapi Mata Minus dengan Ortho-K

Bagi anda yang mengalami gangguan penglihatan mata minus, ortho-k bisa menjadi alternatif terapi mata minus. Ini adalah upaya pencegahan perkembangan mata minus dengan mudah, aman dan hasil yang efektif. Lensa ortho-k memiliki fungsi dalam mengoreksi kelainan refraksi (pembiasan) termasuk mata minus atau rabun jauh. Koreksi penglihatan tersebut dilakukan dengan cara memperbaiki bentuk kornea mata. Pemakaian lensa ortho-k secara rutin dapat mengubah kelengkungan kornea mata dan menghasilkan ketajaman visual yang jelas.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.