Vision Therapy – Tidak jarang permasalahan penglihatan membutuhkan terapi khusus karena tidak bisa diobati dengan metode konvensional. Seperti gangguan mata malas atau yang dikenal dengan Amblyopia. Kondisi ini digambarkan sebagai penglihatan yang berkurang di satu mata dibandingkan dengan yang lain Karena kondisi ini lebih jarang ada yang melibatkan kedua mata. Bahkan amblyopia menjadi salah satu penyebab paling umum gangguan penglihatan pada anak-anak. Ketahui apa itu amblyopia dan vision therapy yang bisa diterapkan.

Apa itu Amblyopia?

Mata malas atau amblyopia adalah gangguan kemampuan otak untuk menggunakan kedua mata secara bersamaan sebagai sebuah tim. Amblyopia adalah proses aktif karena penekanan, atau otak secara aktif mengabaikan informasi yang datang dari satu mata. Selain ketajaman visual yang buruk, penderita amblyopia lebih rentan mengalami kesulitan dengan persepsi kedalaman. Kemudian gerakan mata yang terkait dengan membaca, dan pengambilan keputusan visual pada saat mengemudi.

Amblyopia atau mata malas adalah gangguan perkembangan visual di mana mata tidak dapat melakukan kemampuan koreksi penglihatan yang normal. Bahkan dengan kacamata atau lensa kontak sekalipun, anda tidak bisa mencapai koreksi penglihatan yang normal.   Kondisi ini biasanya berkembang sejak dari usia dini. Dalam kebanyakan kasus, amblyopia hanya mempengaruhi satu mata. Jika amblyopia dapat didiagnosis pada tahap awal dan diobati dengan segera, maka kemungkinan untuk menghindari kehilangan penglihatan semakin besar. Namun, jika amblyopia tidak diobati dengan tepat, maka dapat menyebabkan adanya gangguan penglihatan yang lebih serius.

Tanda dan Gejala Amblyopia

Amblyopia adalah masalah perkembangan visual yang biasanya mulai terjadi pada anak kecil, dan gejalanya sulit untuk dideteksi. Namun, amblyopia juga seringkali disebabkan oleh masalah strabismus atau mata juling. Oleh karena itu, segera temui dokter mata jika Anda menemukan bahwa mata bayi atau anak Anda memiliki indikasi esotropia (mata juling) atau ketidaksejajaran lainnya. Amblyopia juga dapat dideteksi dengan menutup salah satu mata anak. Jika terjadi gangguan visual yang dialami si Kecil, maka bisa jadi itu adalah indikasi terjadinya amblyopia.

Baca Juga: Gejala, Penyebab dan Bantuan Untuk Penderita Low Vision

Tes skrining sederhana yang menutupi salah satu mata kiri dan kanan anak saat digunakan (seperti saat menonton TV) dapat dilakukan di rumah. Jika menutup satu mata tidak merespons apa pun, tetapi menutup mata yang lain membuat tidak nyaman, maka kemungkinan anda mengalami amblyopia. Dimana mata yang satu nampak normal, dan yang satunya lagi nampak kabur dan buram. Namun, tes skrining sederhana bukanlah pengganti tes mata yang komprehensif. Tetap dibutuhkan pemeriksaan menyeluruh pada kilnik mata terpercaya.

Pengobatan Amblyopia

Dalam beberapa kasus amblyopia refraksi, penglihatan normal dapat dicapai dengan mengoreksi kesalahan refraksi pada kedua mata dengan kacamata atau lensa kontak. Namun, biasanya paling tidak perlu memakai penutup mata pada mata yang normal. Hal ini memungkinkan otak untuk fokus pada input dari mata ambliopia, yang dapat mendorong perkembangan penglihatan normal pada mata tersebut.

Pengobatan strabismus amblyopia sering melibatkan operasi strabismus untuk mengarahkan mata ke arah yang normal. Setelah operasi, kenakan penutup mata dan terapi penglihatan atau vision therapy untuk memungkinkan kedua mata bisa bekerja sama sebagai satu tim. Penutup mata harus dipakai selama beberapa jam setiap hari, dan dalam beberapa kasus sepanjang hari. Periodenya dapat berkisar dari minggu hingga bulan sesuai dengan hasil evaluasi.

Vision therapy sebagai metode perawatan non bedah, ditujukan untuk meningkatkan kemampuan visual pasien. Termasuk mereka yang menderita amblyopia atau mata malas. Dimana akan ada beragam latihan dan alat bantu yang digunakan untuk meningkatkan visual anda. Dengan program vision therapy yang terkoordinasi dengan baik, maka kinerja sistem visual anda bisa ditingkatkan dengan lebih baik.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.