Jika Anda mengalami kelainan refraksi seperti rabun jauh, rabun dekat atau astigmatisme, Anda perlu mempertimbangkan ortho-k. Ini adalah perawatan tanpa operasi  untuk mengoreksi kesalahan refraksi yang dapat mempengaruhi kemampuan visual seseorang. Ortho-k dilakukan dengan menggunakan lensa kontak khusus saat tidur di malam hari. Ini akan memodelkan kembali bentuk kornea menuju bentuk normal guna memperbaiki masalah kelainan refraksi yang dialami pasien.

Apa itu Ortho-K?

Lensa ortho-k merupakan lensa khusus yang berfungsi sebagai koreksi penglihatan. Lensa ini dapat mengurangi rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme bahkan hingga presbiopi. Lensa ortho-k adalah lensa kontak berdimensi stabil yang pemakaiannya hanya digunakan saat tidur di malam hari. Ortho-k akan memodelkan kornea mata dengan lembut, sehingga Anda dapat melihat dengan baik dan jelas pada keesokan harinya. Melalui lensa ortho-k, kelainan refraksi akan dikoreksi dan anda mengalami peningkatan ketajaman visual yang signifikan.

Cara Kerja Lensa Ortho-K

Berbeda dengan lensa kontak pada umumnya, lensa ortho-k adalah lensa khusus yang sangat permeabel gas. Lensa ini dibuat secara khusus dan dipersonalisasi sesuai dengan kondisi mata Anda. Lensa kontak yang sangat permeabel oksigen ini akan mengapung di lapisan air mata Anda. Dengan bentuk khusus pada permukaannya, lensa kontak ortho-k dapat menciptakan akumulasi lapisan air mata pada area tepi kornea. Dimana kemudian menciptakan gaya kapiler saat dikenakan, dan dengan kekuatan tersebut lensa dengan lembut mengubah bentuk kornea Anda. Setelah proses perubahan tersebut, Anda dapat melihat dengan tajam.

Untuk Siapakah Ortho-K?

Lensa Ortho-k dapat digunakan oleh kebanyakan orang dengan masalah kelainan refraksi yang ringan hingga sedang. Ortho-k mampu memperbaiki kelainan refraksi seperti rabun jauh atau miopi hingga -6,50 dioptri, bahkan pada beberapa kasus bisa digunakan hingga -9,00 dioptri. Sedangkan untuk kasus astigmatisme umumnya ortho-k dapat memperbaiki kelainan refraksi hingga -2,50 dpt. Dan pada kasus rabun dekat atau hiperopia, ortho-k dapat memperbaiki masalah kelainan refraksi hingga +3,00 dpt. Sebelum anda melakukan perawatan dengan ortho-k, perlu dilakukan pemeriksaan mata guna mengetahui kecocokan perawatan ini untuk Anda.

Baca Juga: Pelajari tentang Mata Minus dan Cara Menghambat Perkembangannya

Bagaimana Prosedur untuk Memulai Ortho-K?

Ortho-k adalah metode perawatan non bedah yang berkaitan dengan proses pembentukan kembali kornea dan lensa mata. Kornea sendiri merupakan  kubah bening di depan mata yang bertugas untuk memfokuskan cahaya pada retina mata. kornea juga bertanggung jawab atas kemampuan mata untuk fokus dengan tepat. Kelainan refraksi akibat kornea atau lensa yang terlalu melengkung, dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus dengan tepat. Sehingga menyebabkan ketajaman visual yang buruk dan penglihatan kabur.

Dengan ortho-k, kelengkungan kornea dan lensa mata akan diperbaiki secara bertahap melalui pemodelan kembali. Pertama-tama sebelum anda memulai prosedur perawatan ortho-k, dokter mata akan melakukan serangkaian pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui tingkat kesesuaian pasien dengan ortho-k. Selanjutnya, dokter akan memetakan dan mengukur permukaan kornea mata pasien menggunakan alat khusus yang disebut dengan topografi kornea. Hasil pemetaan tersebut sangatlah penting karena menjadi acuan dalam pembuatan lensa ortho-k pasien. Peta topografi kornea ini digunakan untuk menunjukkan bentuk dan lekukan kornea Anda secara akurat sehingga menghasilkan lensa ortho-k yang tepat.

Lensa ortho-k sebagai pembentuk kembali kornea akan mulai meratakan bagian tengah kornea begitu dipakai di malam hari. Dengan perubahan tersebut, maka berpengaruh terhadap pemfokusan cahaya yang masuk ke mata dengan tepat. Lensa ortho-k merupakan lensa kaku yang dapat menyerap gas, sehingga aman dipakai di malam hari saat tidur. Lena ortho-k juga cukup kokoh sehingga dapat membentuk kembali kornea dengan mudah dan memungkinkan oksigen bisa masuk. Dengan begitu anda bisa memiliki mata yang sehat serta ketajaman visual yang meningkat.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.