Seiring dengan berbagai masalah mata yang kompleks dari tahun ke tahun membuat VIO terus melakukan Inovasi dalam membantu menemukan solusi berbagai macam keluhan mata.

Salah satunya adalah kelainan penglihatan seperti buta warna partial yang sampai saat ini belum ada solusinya. Kebetulan pada bulan Oktober 2019 kemarin dokter optometry Andri Agus Syah FPCO, FAAO menghadiri American Academy Optometry di Orlando Florida Amerika .

Disana Dr Andri mempelajari lebih dalam mengenai vision therapy mulai dari Myopia Control, Low Vision, Vision Syndrome, Binocular dan Buta Warna.

VIO telah memperbarui pelayanan mengenai penanganan terhadap pasien buta warna. Sebelum kita mengetahuinya lebih lanjut, sudah tahukah Anda apa itu sebenarnya Buta Warna?

Apa itu buta warna?

Buta warna merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa melihat warna dengan cara yang normal. Atau bisa disebut dengan istilah Color Deficiency (kurangnya penglihatan terhadap warna).  Buta warna sering terjadi ketika seseorang tidak bisa mengenali atau membedakan spektrum warna tertentu. Hal ini sering terjadi pada warna hijau dan merah, dan terkadang warna biru.

Buta warna bisa terjadi ketika ada satu atau lebih sel kerucut warna yang hilang, tidak berfungsi, atau mendeteksi sebuah warna yang berbeda dibandingkan dengan yang normal. Buta warna yang parah terjadi ketika ketiga sel kerucut warnanya menghilang. Untuk buta warna yang ringan terjadi ketika ketiga sel kerucut warnanya ada, tapi salah satu diantaranya tidak berfungsi dengan baik

Ada 3 jenis tipe-tipe buta warna. Untuk beberapa orang ada yang bisa melihat warna dengan normal pada cahaya yang terang tapi kesulitan membedakan warna pada cahaya yang redup. Beberapa orang lainnya ada yang sulit membedakan warna pada pencahayaan tertentu. Dan buta warna yang paling parah adalah ketikanya semua objek terlihat abu-abu. Buta warna menyerang kedua mata dan berlangsung seumur hidup.

Solusi buta warna dari VIO Optical Clinic

Apabila kita ingin mengetahui seseorang memiliki kekurangan spectrum warna tertentu, maka perlu dilakukan screening untuk mendiagnosa kekurangan spectrum warnanya agar dapat diberikan solusi yang tepat.

Tahapan screening yang dilakukan adalah :

  • Tahapan pertama kita harus mengetahui kekurangan warna yang diderita penderita buta warna tersebut dengan melakukan Colour Deficiancy Test.
  • Setelah diketahui kekurangan spectrum warna tertentunya kita akan mengecek seberapa banyak persentase kekurangan warna tersebut apabila dibandingkan dengan mata normal dengan melakukan Dichotomous D-15 Colour Vision test
  • Selanjutnya kita akan mengidentifikasi faktor penyebab apakah kekurangan spectrum warna itu disebabkan oleh faktor genetik atau faktor penyakit mata/ retina lainnya
  • Lalu kemudian diberikan solusi kacamata khusus buta warna yang tepat sesuai dengan spectrum warna nya.

Sehingga pasien yang menderita kelainan kekurangan spectrum warna tertentu dapat diatasi dengan Kacamata Khusus buta warna yang di proses dari Amerika.

Untuk itu diharapkan penyediaan solusi kacamata bagi penderita buta warna dapat menambah pelayanan yang diberikan di VIO Optical Clinic yang selalu mengedepankan Solusi tepat bagi seluruh masalah mata.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi VIO yuk!

 

 

 

 

VIO Harapan Indah

Jl. Boulevard Harapan Indah, Ruko Asia ropis Blok AT 16 no. 51 Kota Harapan Indah, Bekasi Barat.

VIO Grand Galaxy City

Jl. Boulevard Raya Timur, Ruko Grand Galaxy blok RGB no. 91 Grand Galaxy City Jaka Setia – Bekasi Selatan.