Klinik Mata BekasiSi Kecil hobi main gadget? Atau bahagia nonton TV sangat dekat? Moms tentu kuatir dengan usaha menjaga kesegaran mata anak Moms.

Sejak lama, kita meyakini bahwa menatap layar (termasuk gadget dan televisi) sangat lama dapat berdampak buruk pada kesegaran mata anak.

Selain dapat membuat mata merah dan berair, juga dapat membuat rabun jauh.

Tapi perihal berikut dibantah oleh AAO (The American Academy of Ophthalmology), yang menyebut bahwa pemanfaatan computer memang tidak membahayakan mata.

Jadi, bagaimana memang cara menjaga kesegaran mata anak? Ini dia tipsnya, seperti dikutip berasal dari Arizona Retina Specialist Amerika Serikat.

1. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Mata
Pahami 5 Faktor yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata Anak Ini 01.jpg
Foto: webmd.com

Sejak dini, saat penglihatannya tetap berkembang, pastikan Moms berikan Si Kecil asupan makanan yang tepat, yang dapat membuat indra penglihatan mereka tajam.

Beberapa nutrisi yang penting untuk mata, di antaranya seng, vitamin C dan E, lutein, dan asam lemak omega-3.

Moms dapat mendapatkannya di sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, ikan berminyak seperti tuna, salmon, dan mackerel, kacang-kacangan, telur, jeruk, dan juga aneka makanan laut.

Baca Juga :

Pahami 5 Faktor yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata Anak Ini

2. Pastikan Si Kecil Cukup Tidur atau Istirahat
Tidur nyenyak tak cuma baik untuk berikan kesegaran tubuh, tapi juga mata Si Kecil. Tidur yang cukup membuat penglihatan Si Kecil jernih dan segar, dan menjaga kesegaran mata anak.

3. Ajak Si Kecil Bermain di Luar
Membiarkan Si Kecil bermain di luar akan membuatnya terpapar cahaya matahari yang berfaedah untuk menjaga kesegaran mata anak.

Penelitian membuktikan bahwa menggunakan pas di luar rumah dapat membantu anak-anak terhindar berasal dari kasus mata, terlebih miopia atau rabun jauh.

Melihat berbagai warna dan perbedaan jarak juga akan menstimulasi indra penglihatan Si Kecil supaya berkembang secara optimal.

4. Menjaga Kebersihan Mata
Mata rentan pada infeksi kalau kerap kontak dengan sesuatu yang kotor.

Cara terbaik untuk menjaga mata senantiasa bersih adalah mengajarkan pada Si Kecil cara membersihkan tangan dengan benar dan teratur. Anak-anak sangat bahagia menyentuh tempat di kurang lebih mata, dan kebiasaan ini dapat membuat bakteri masuk dan membuat infeksi.

Moms juga dapat mengajarkan anak untuk memanfaatkan tisu atau saputangan untuk membersihkan mata alih-alih memanfaatkan tangan.

Terus-menerus menatap layar, seperti komputer, tablet, dan ponsel yang pancarkan cahaya biru, terlebih pada malam hari, dapat membuat kerusakan pada mata Si Kecil.

Beberapa dampak negatif berasal dari cahaya biru adalah ketegangan otot mata, pandangan menjadi kabur, susah fokus lihat jauh, mata kering, dan sakit kepala.

Untuk menghindari kasus ini, tak sekedar menghalangi pas layar Si Kecil, Moms juga dapat mengajari mereka untuk berpaling tiap-tiap lebih dari satu menit saat sedang memanfaatkan gadget.