Meskipun kebanyakan mata bintitan itu tidak terlalu membahayakan dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu, tapi jika Anda mengalami mata bintitan, pasti Anda tahu rasanya itu sangat mengganggu penglihatan kita.

Untungnya, ada cara mengobati mata bintitan yang bisa Anda lakukan di rumah dengan cepat – atau setidaknya bisa menyingkirkan rasa ketidaknyamanan dan pembengkakan yang terjadi akibat mata bintitan yang Anda alami.

  1. Cara mengobati mata bintitan #1: Jaga kebersihan tangan Anda.– Bersihkan kelopak mata Anda. Hal pertama kali yang harus Anda lakukan jika Anda menderita mata bintitan adalah membersihkan kelopak mata Anda. Anda bisa menggunakan sampo bayi atau pembersih kosmetik dengan cotton bud. Setelah itu, cuci kelopak mata Anda dengan air hangat dan keringkan.

    – Bersihkan tangan Anda. Pastikan Anda membersihkan tangan Anda sebelum dan sesudah menyentuh mata Anda yang bintitan, dan jangan memberikan handuk atau sapu tangan yang Anda gunakan untuk membersihkan mata bintitan tersebut dengan orang lain.

    – Gunakan cleansing pad (alas pembersih muka) / Kapas. Selain opsi-opsi di atas, Anda juga bisa menggunakan cleansing pad (alas pembersih muka) atau kapas yang dibasahi.

    – Stop menggunakan kosmetik untuk sementara waktu. Jika Anda menderita mata bintitan, ada baiknya Anda berhenti menggunakan kosmetik sementara waktu selagi mengobati mata bintitan Anda. Karena jika kita menimpa mata bintitan dengan kosmetik, hal itu hanya memperlambat proses penyembuhan. Lalu, buanglah alat-alat kosmetik yang sudah kadaluarsa dan jangan menggunakannya kembali sehingga mata Anda tidak mudah terkontaminasi.

    – Gunakan kacamata untuk sementara, jangan lensa kontak. Jika mata Anda menderita kelainan refraksi seperti mata minus/mata silinder/mata plus, Anda harus menggunakan kacamata untuk sementara waktu jika mata Anda bintitan. Jangan menggunakan lensa kontak sementara waktu selagi mata bintitan Anda belum sembuh.

  2. Cara mengobati mata bintitan #2: Kompres dengan air hangat– Aplikasikan kompres dengan air hangat pada mata yang bintitan. Anda bisa mempercepat proses penyembuhan mata bintitan Anda dengan mengkompresnya selama 10 – 15 menit, 2 atau 4 kali sehari.

    – Anda bisa menggunakan kantung teh atau kain bersih. Ada beberapa orang yang mengompresnya dengan kantung the, namun kalau Anda tidak mau terlalu repot, Anda bisa menggunakan kain bersih saja. Rendam pada air hangat, angkat dan peras kain tersebut, lalu aplikasikan ke mata Anda yang bintitan.

  3. Kunjungi Dokter MataMeskipun beberapa tips di atas mampu mengobati mata bintitan Anda dalam kurun waktu yang singkat, Anda juga harus mengunjungi dokter mata untuk diperiksa secara komprehensif. Dokter Mata dan Eye Care Professional yang terpercaya bisa membantu proses penyembuhan mata Anda yang bintitan lebih cepat.

    Jika mata bintitan Anda semakin memburuk, Anda harus segera mengunjungi Dokter untuk penanganan lebih lanjut. Terkadang mata bintitan yang susah sembuh membutuhkan resep obat yang khusus.

    Anda bisa menghubungi VIO Optical Clinic lebih lanjut, cukup klik link di bawah ini

Mencegah Mata Bintitan datang lagi

Kelopak mata yang bersih dan higienis bisa mencegah resiko datangnya mata bintitan. Bersihkan kelopak mata Anda sebelum tidur, khususnya jika Anda menggunakan kosmetik.

Jika Anda mengalami permasalahan mata seperti mata bintitan, mata merah, atau gangguan lainnya, hubungi VIO Optical Clinic untuk penanganan lebih lanjut.