Vision Therapy – Masalah visual dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Masalah seperti pemahaman bacaan yang sulit, atau ketidakmampuan untuk menyalin dan menghafal teks dengan baik, bisa menjadi tanda masalah persepsi dan efisiensi visual. Permasalahan tersebut bisa saja berkembang selama masa atau tahap perkembangan visual, yaitu pada anak-anak. Untuk bisa memperbaiki masalah visual tersebut, dibutuhkan langkah tepat dengan vision therapy.  Ini akan membantu meningkatkan keterampilan visual dan memperbaiki beberapa masalah.

Apa itu Vision Therapy?

Vision therapy merupakan program yang dirancang untuk memperbaiki masalah visual dengan non-bedah. Program ini dipersonalisasi dan diawasi oleh seorang spesialis, yang dirancang untuk mengubah atau meningkatkan keterampilan visual yang terpengaruh. Terapi ini akan mengajari bagaimana sistem visual dapat memperbaiki dirinya sendiri. Proses ini meliputi penggunaan alat bantu visual yang digunakan untuk program vision therapy. Anak-anak yang mengalami masalah visual sangat dianjurkan untuk melakukan vision therapy agar perkembangan visualnya bisa berjalan dengan baik.

Penting untuk memastikan anak memiliki penglihatan binokular yang nyaman dan jelas. Dimana hal tersebut sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena kemampuan visual berdampak pada berbagai aspek kehidupan kita, termasuk kemampuan anak dalam menerima pelajaran di sekolah. Maka dari itu, program vision therapy tidak hanya ditujukan untuk memperbaiki masalh visual. Tapi ini juga bisa ditujukan untuk membantu meningkatkan kemampuan visual yang dimiliki oleh anak.

Bagaimana Vision Therapy Dapat Membantu Penglihatan Anak?

Vision therapy adalah program medis yang disesuaikan dan dirancang khusus sesuai kebutuhan pasien. Ini meliputi berbagai kegiatan visual yang dirancang untuk dapat memperbaiki masalah penglihatan serta meningkatkan keterampilan visual tertentu. Tidak seperti kacamata atau lensa kontak, yang mana hanya dapat mengkompensasi masalah visual. Vision therapy lebih ditujukan untuk membantu sistem visual memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Perlu diperhatikan, hasil yang berhasil dicapai melalui terapi ini bergantung pada partisipasi aktif dokter dan pasien serta orang tua mereka.

Secara umum, tujuan dari terapi ini adalah untuk mengobati masalah penglihatan yang tidak dapat sepenuhnya diperbaiki dengan kacamata atau lensa kontak. Program vision therapy tersebut bertujuan untuk membantu setiap pasien dapat mencapai penglihatan yang jelas dan lebih baik lagi. Program terapi ini dapat memperbaiki masalah penglihatan yang mengganggu efisiensi membaca pada anak. Ini juga dapat membantu mengurangi kelelahan mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer atau perangkat elektronik lainnya secara terus-menerus.

Baca Juga: Penyebab Umum Terjadinya Low Vision yang Bisa Mengancam Penglihatan

Apa yang Bisa Diperbaiki Oleh Vision Therapy?

Beberapa masalah penglihatan tidak dapat diperbaiki dengan maksimal hanya dengan kacamata dan lensa kontak. Sebagian kasus tertentu membutuhkan pengobatan khusus untuk membantu pasien memiliki kemampuan visual yang lebih baik. Beberapa kondisi yang bisa diperbaiki oleh vision therapy, meliputi:

Ambliopia atau mata malas

Ini merupakan permasalaham visual yang terjadi pada perkembangan penglihatan di satu mata. Dimana mata tidak dapat mencapai ketajaman visual yang normal dan biasanya terjadi pada anak usia dini.

Mata juling

Ini adalah masalah penyimpangan sumbu visual mata, sehingga kedua mata tidak berjalan ke arah yang sama. Biasanya kondisi mata juling terjadi pada tahun-tahun pertama kehidupan. Dan jika kondisi ini tidak dikoreksi, maka dapat mempengaruhi penglihatan. Keberhasilan program terapi penglihatan untuk kondisi ini tergantung pada arah, besarnya, dan frekuensi putaran mata.

Kelelahan visual

Vision therapy dapat membantu mengatasi masalah kelelahan visual pada kedua mata. dengan vision therapy, memungkinkan anda meminimalisir dan memperbaiki kelelahan visual saat membaca atau bekerja dengan komputer.

Gangguan gerakan mata

Gangguan gerakan mata dapat mempengaruhi aktivitas visual anda. Dengan vision therapy, dapat membantu meningkatkan ketepatan gerakan mata selama aktivitas visual. Seperti membaca, belajar dan melaksanakan tugas visual dengan jarak dekat lainnya.

Masalah lainnya

Terapi penglihatan menjadi pilihan yang efektif dalam gangguan persepsi visual. Atau masalah penglihatan yang terkait dengan permasalahan perkembangan visual.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.