Terapi Mata Minus – Mata minus tentu bukan hal asing lagi di telinga kita. Ini adalah gangguan penglihatan yang memengaruhi kemampuan visual melihat objek yang jauh. Akibatnya, penderita mata minus memiliki visual yang buruk untuk melihat objek di kejauhan. Bahkan mata minus menjadi salah satu kondisi gangguan penglihatan yang dilamai oleh banyak orang saat ini. Tentu kondisi ini bisa memengaruhi kualitas penglihatan dalam aktivitas sehari-hari.

Apa Itu Mata Minus?

Mata yang dalam kondisi normal akan menampilkan visualisasi yang baik pada jarak dekat maupun jarak jauh. Namun, pada penderita mata minus maka mata akan menciptakan gambar buram atau kabur pada jarak jauh. Tetapi mata memberikan visualisasi yang jelas pada jarak yang dekat. Pada penderita mata minus hal-hal yang berada di kejauhan akan terlihat buram dan menjadi tidak fokus tepat di retina. Jadi, bisa dikatakan apabila mata minus merupakan suatu kondisi yang memengaruhi penglihatan jarak jauh seseorang.

Tingkatan Mata Minus

Kekuatan atau tingkatan mata minus umumnya dinyatakan dalam satuan yang disebut dengan dioptri (D). Semakin pendek jarak (panjang fokus) ke objek yang dapat dilihat dengan jelas dengan mata telanjang, maka semakin tinggi nilainya. Mata minus dengan jarak fokus 1 m disebut dengan -1D, mata minus dengan jarak fokus 50 cm adalah -2D. Dan tingkatan mata minus di atas -6D disebut dengan mata minus tinggi atau kuat. Seseorang dengan mata minus tinggi yang kuat memiliki mata yang melebar bahkan setelah mereka dewasa. Dan kondisi mata minus cenderung berkembang serta dapat meningkatkan risiko penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

Penyebab Mata Minus

Mata minus bisa terjadi selama proses pertumbuhan mata. Bayi yang baru lahir memiliki mata yang kecil dan sumbu (kedalaman mata) sekitar 17 mm. Dari sana, bola mata, kornea, dan lensa tumbuh seiring pertumbuhan tubuh dan otak. Dan pada usia sekitar 5 tahun ketajaman visual mendekati 1,0. Panjang aksial umumnya sekitar 24 mm pada usia 13 tahun, dan dikatakan bahwa pertumbuhan panjang aksial berhenti setelah periode pertumbuhan. Namun, jika sumbu mata diregangkan terlalu banyak karena beberapa alasan, mata minus bisa terjadi.

Baca Juga: Atasi Masalah Strabismus dengan Vision Therapy

Baik keturunan dan lingkungan dapat mempengaruhi timbulnya dan perkembangan mata minus. Faktor lingkungan seperti pencahayaan yang kurang ketika beraktivitas dengan visi di dalam ruangan dapat menyebabkan mata lelah, yang selanjutnya memicu mata minus. Posisi membaca yang buruk dengan tiduran atau selonjoran juga bisa membuat mata cepat lelah. Selain itu, terlalu sering beraktivitas di dalam ruangan dapat memicu pertumbuhan bola mata yang berakibat pada kondisi mata minus.

Penyakit yang Bisa Disebabkan Oleh Mata Minus

Mata minus bisa menjadi lebih kuat seiring berjalannya waktu jika tidak ditangani dengan baik. Selain itu, kondisi mata minus dengan dioptri tinggi dapat meregangkan dan menipiskan retina, saraf optik, dan koroid di bagian luar retina. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya berbagai gangguan penglihatan lainnya. Penderita mata minus dengan dioptri tinggi memiliki kemungkinan mengembangkan kondisi seperti katarak, glaukoma, ablasi retina dan lainnya. Bahkan kondisi yang parah dapat memicu terjadinya kebutaan. Sangat penting bagi penderita mata minus tinggi untuk mengunjungi dokter mata secara teratur.

Langkah-Langkah untuk Terapi Mata Minus

Terdapat berbagai metode perawatan yang bisa digunakan bagi penderita mata minus termasuk penggunaan lensa korektif. Dimana pemakaian lensa korektif seperti kacamata dan lensa kontak akan membantu penderita mata minus melihat dengan jelas. Namun, mereka harus memakai lensa korektif tersebut dalam melakukan aktivitas visual agar memiliki penglihatan yang jelas. Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, salah satu metode perawatan mata minus dengan hasil efektif tanpa operasi telah diciptakan. Yaitu lensa khusus orthokeratology atau ortho-k.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.