Vision Therapy – Amblyopia umumnya dikenal sebagai mata malas dan digambarkan sebagai kondisi penglihatan yang berkurang di satu mata dibandingkan dengan yang lain. Amblyopia sendiri merupakan adalah penyebab paling umum gangguan penglihatan yang terjadi di kalangan anak-anak. Gangguan visual yang terjadi akibat amblyopia bisa berpengaruh terhadap kehidupan visual mereka di masa depan. Ketahui lebih lanjut mengenai kondisi amblyopia dan langkah vision therapy yang dianjurkan.

Ketahui Apa Itu Amblyopia?

Amblyopia atau yang dikenal juga dengan mata malas adalah suatu masalah penglihatan pada perkembangan saraf yang terjadi selama masa bayi dan anak usia dini. Mereka yang mengalami ambliopia biasanya mengurangi penglihatan pada satu mata. Ketika kemampuan untuk memfokuskan kedua mata (binokular vision) terganggu selama perkembangan anak usia dini. Maka otak akan mematikan atau menekan sinyal yang masuk dari mata yang terkena amblyopia. Ini bisa terjadi ketika perkembangan penglihatan terganggu akibat kondisi seperti:

  • Amblyopia Strabismik

Ini merupakan bentuk umum dari amblyopia yang terjadi ketika mata tidak sejajar. Kondisi ini juga dikenal sebagai strabismus atau mata juling. Untuk menghindari terjadinya penglihatan ganda, otak mematikan atau menekan mata yang lebih lemah. Sehingga memicu risiko munculnya amblyopia.

  • Amblyopia Refraktif

Amblyopia ini terjadi ketika salah satu mata memiliki rabun jauh yang tidak bisa terkoreksi secara signifikan. Ini juga bisa terjadi akibat rabun dekat ataupun astigmatisme. Ketika ini terjadi, otak mendukung mata dengan penglihatan yang lebih baik dan menutup atau menekan mata yang lebih lemah.

  • Amblyopia Deprivasi

Kondisi amblyopia ini terjadi ketika cahaya terhalang untuk bisa memasuki mata akibat kondisi tertentu seperti katarak atau astigmatisme. Akibat adanya penyumbatan, satu mata menjadi lebih lemah dibandingkan dengan yang lain. Dimana kemudian otak mendukung mata tanpa penyumbatan, dan mematikan atau menekan mata yang lebih lemah.

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Penyebab Low Vision

Pengobatan Amblyopia

Amblyopia dapat diobati pada semua usia, meskipun semakin dini masalah ditemukan dan diobati, hasilnya cenderung lebih berhasil. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pendekatan binokuler untuk mengobati ambliopia mungkin merupakan alternatif yang efektif. Perawatan untuk amblyopia termasuk:

  • Kacamata atau lensa kontak yang tepat dapat membantu mengurangi stres sehingga mata yang jarang digunakan dapat mulai bekerja lebih efisien.
  • Menambal mata yang bisa melihat lebih baik.
  • Program vision therapy yang membantu meningkatkan kemampuan visual mata dengan amblyopia.

Vision Therapy dan Latihan untuk Amblyopia

Mata malas (amblyopia) bisa memburuk seiring waktu jika tidak ditangani dengan tepat. Selain perawatan lainnya, senam mata dapat membantu Anda mengelola amblyopia dan menghindari risiko yang lebih parah. Latihan mata bermanfaat untuk memperkuat otot mata dan melatih otak dan mata yang lebih lemah untuk bekerja sama secara lebih efektif. Beberapa latihan mata sebagai vision therapy untuk penderita amblyopia, meliputi:

  • Perawatan pensil push-up (PPT)

Pada latihan ini, Anda bisa menggunakan pensil atau benda apa pun yang berbentuk pensil. Paling efektif jika pensil atau objek berisi elemen visual, seperti huruf alfabet yang dapat membantu pasien tetap fokus.

  • Mewarnai di dalam garis

Banyak anak suka untuk mewarnai, dengan mendorong mereka mewarnai dalam buku mewarnai merupakan salah satu cara terbaik untuk latihan mata. Tujuannya adalah agar mereka mewarnai garis, tidak hanya di halaman.

  • Latihan senar brock

Latihan ini membantu mata untuk belajar bagaimana bisa bekerja sama untuk fokus pada suatu objek dengan tepat. Latihan ini dikembangkan oleh Frederick Brock, seorang spesialis mata Swiss. Pada latihan ini anda membutuhkan senar brock yaitu senar putih yang panjangnya kira-kira 15 kaki. Ada manik-manik kayu berwarna-warni di atasnya, yang bisa dipindahkan.

  • Membaca

Jika anak Anda dapat membaca, minta mereka membaca buku yang sesuai dengan usia yang mereka sukai. Setidaknya lakukan kegiatan membaca selama 30 menit setiap hari dengan penutup mata yang lebih kuat.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.