Ortho-k menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan ketajaman visual yang lebih baik. Ini meliputi proses pemasangan lensa kontak khusus untuk membentuk kembali kornea. Ortho-k menggunakan lensa kontak permeabel gas yang dirancang sesuai kebutuhan pasien untuk dipakai semalaman. Dan hasil dari metode perawatan tersebut bisa dirasakan pada keesokan harinya, dimana pasien bisa memiliki ketajaman visual yang lebih baik sepanjang hari. Ketahui dengan baik apa itu Orhto-k yang bantu perbaiki masalah visual tanpa operasi.

Apa Itu Ortho-K?

Ortho-k digunakan untuk mengobati berbagai keluhan visual akibat kelainan refraksi seperti seperti miopia, hiperopia, dan astigmatisme. Metode ini sesuai untuk segala usia mulai anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan perawatan ini adalah salah satu metode paling efektif untuk memperlambat miopia progresif pada anak-anak. Dimana saat pasien tidur, lensa dengan lembut dan bertahap membentuk kembali permukaan mata. Ketika pasien bangun dan mengeluarkan lensa kontak, mereka dapat melihat dengan jelas sepanjang hari tanpa memakai kacamata atau lensa kontak lainnya.

Ortho-k adalah cara revolusioner untuk memiliki penglihatan yang tajam tanpa perlu memakai kacamata atau lensa kontak di siang hari. Setelah tidur dengan lensa ortho-k sebagai pembentuk kornea dan memperbaiki kualitas penglihatan semalaman. Maka ketika anda melepasnya di pagi hari, ketajaman visual meningkat lebih baik dan lebih jelas. Dengan pemakaian lensa khusus ini secara rutin, maka setiap orang bisa memiliki visi yang bebas tanpa bantuan kacamata lagi.

Ketahui Hal Menarik Tentang Ortho-K

Lensa Ortho-k adalah lensa kontak permeabel gas kaku khusus yang dipakai sebagai koreksi penglihatan. Saat Anda tidur, lensa khusus ini akan meratakan kornea Anda dengan lembut untuk memperbaiki kesalahan refraksi. Pada saat Anda bangun,masalah penglihatan yang anda alami akan diperbaiki. Secara umum, efeknya hanya bertahan beberapa hari, itulah sebabnya Anda harus memasukkan lensa ortho-k setiap malam. Dengan ortho-k kebanyakan orang memperoleh peningkatan penglihatan yang signifikan dalam satu atau dua hari. Namun, efek lengkap dari koreksi penglihatan non-bedah ini biasanya membutuhkan waktu sekitar beberapa minggu untuk dirasakan.

Efek lensa ortho-k bisa bertahan lebih dari sehari . Biasanya, efek penjernihan penglihatan dari lensa kontak ortho-k bertahan hingga 2 hari penuh. Selama periode ini, pasien akan terbebas dari masalah yang sebelumnya mengganggu penglihatan mereka. Pembentukan kembali kornea saat memakai lensa ortho-k dihasilkan dari faktor hidrolik. Dimana lensa membentuk kubah air mata atau cairan di atas mata, yang ketebalannya bervariasi. Melalui proses ini, bentuk mata meniru bentuk lensa, secara efektif mengoreksi masalah kelengkungan kornea.

Baca Juga: Ketahui Mata Minus dan Orthokeratology Sebagai Terapi Mata Minus

Ortho-K Kontrol Miopi yang Efektif

Penelitian menunjukkan bahwa ortho-k sangat efektif untuk mengontrol miopi pada anak-anak. Saat lensa ortho-k membentuk kornea, lensa akan menekan pertumbuhan mata. Ini mencegah mata anak-anak terus tumbuh dan memanjang, sehingga mencegah rabun jauh mereka memburuk. Pemakaian lensa ortho-k secara rutin, memperbaiki bentuk kornea yang memengaruhi fokus cahaya. Dengan memperbaiki bentuk kornea, maka cahaya bisa terfokus dengan benar untuk menghasilkan visual yang jelas. Ortho-k menjadi alternatif untuk mengontrol perkembangan miopi dengan hasil yang efektif.

Ortho-K untuk Pengobatan Hiperopia dan Presbiopia

Miopi atau rabun jauh bukan satu-satunya kondisi penglihatan yang dapat diobati dengan metode ortho-k. Kemajuan dalam teknologi ortho-k telah menghasilkan desain lensa kontak yang dirancang khusus untuk bisa mengobati rabun jauh, presbiopia, dan juga astigmatisme. Topografi kornea sangat penting untuk memetakan kornea untuk membuat lensa ortho-k yang disesuaikan untuk tujuan ini. Dengan topografi yang tepat, maka menghasilkan lensa yang sesuai dengan kebutuhan setiap pasien. Sehingga lebih optimal dalam memperbaiki masalah penglihatan dan kelainan refraksi yang dialami pasien.

Manfaat Ortho-K

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memilih metode perawatan ortho-k. Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan diantaranya yaitu:

  • Bisa digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa
  • Tidak ada lagi kacamata harian karena penglihatan yang lebih nyaman dengan ortho-k
  • Penglihatan lebih baik dan ketajaman visual meningkat lebih baik dari sebelumnya
  • Aman dan nyaman karena merupakan metode Non-bedah
  • Kontrol miopi untuk anak-anak dan mengurangi risiko kesehatan mata di masa depan
  • Pilihan tepat bagi atlet untuk mencapai penglihatan yang tajam tanpa kacamata besar atau lensa kontak yang mengganggu
  • Pilihan ideal untuk lingkungan yang kering dan berdebu.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.