Low Vision – Masalah dan gangguan penglihatan memiliki penyebab yang berbeda-beda dan bisa mempengaruhi kemampuan visual seseorang. Seperti halnya low vision, gangguan penglihatan yang bisa berakibat pada hilangnya visi jika tidak segera diobati. Low vision atau yang juga bisa disebut dengan penglihatan rendah, menjadi salah satu kondisi yang bisa menyebabkan kebutaan. Untuk mencegah dan mengobati low vision, simak ulasan berikut ini.

Penyebab Utama Munculnya Gangguan Low Vision

Ketajaman penglihatan umumnya bisa menurun setelah seseorang mengalami cedera pada kepala atau mata. Dimana cedera pada mata bisa menjadi salah satu penyebab dari low vision. Penglihatan rendah atau low vision juga seringkali dikaitkan dengan kondisi keturunan. Ini bisa terjadi pada orang yang menderita retinitis pigmentosa. Berikut ini beberapa penyebab low vision yang perlu untuk diketahui, seperti:

  • Infeksi

Infeksi juga dikenali dalam hal ketajaman penglihatan yang berkurang. Misalnya, seorang wanita hamil yang terkena campak dan menularkan infeksi kepada anaknya. Penularan seperti itu kemudian dapat menyebabkan gangguan penglihatan bagi anak. Beberapa infeksi mata, seperti trachoma, juga dapat menyebabkan kerusakan parah pada mata.

  • Amblyopia atau sindrom mata malas

Amblyopia juga merupakan penyebab munculnya low vision. Ini dijelaskan oleh perbedaan ketajaman visual antara kedua mata, perbedaan yang tidak dapat dijelaskan oleh lesi organik. Sindrom mata malas disebabkan oleh kurangnya pemrosesan yang optimal dari informasi yang disampaikan oleh mata ke otak.

  • Katarak

Katarak menyebabkan kekeruhan sebagian atau total lensa yang mencegah cahaya mencapai retina. Inilah penyebab utama kebutaan di seluruh dunia. Katarak lebih banyak menyerang orang tua, menjadi penyakit mata yang terkait dengan penuaan.

  • Retinopati diabetik dan glaukoma

Retinopati diabetik adalah kerusakan pembuluh darah di retina akibat diabetes yang menyebabkan low vision. Sedangkan glaukoma adalah penyakit yang menyebabkan gangguan penglihatan. Ini bermanifestasi sebagai peningkatan tekanan mata yang dapat merusak saraf optik. Penyakit ini banyak ditemui pada orang lanjut usia dan terkadang juga bayi yang kemudian lahir dengan kondisi ini.

  • Degenerasi makula terkait usia atau AMD

AMD mengakibatkan hilangnya ketajaman visual secara progresif yang menyebabkan kerusakan pada makula, komponen penting dari retina. Ini menyebabkan gangguan pada bidang visual dan keburaman visual.

Baca Juga: Kenali Lebih Lanjut Tentang Manfaat Orthokeratology Sebagai Lensa Malam

Bagaimana Cara Mengetahui Munculnya Low Vision?

Beberapa perubahan perilaku bisa menjadi tanda-tanda munculnya penglihatan rendah atau low vision. Tanda-tanda untuk mengetahui apakah muncul low vison bisa dilihat sebagaimana berikut:

  • Cenderung kehilangan objek
  • Tidak lagi mengenali wajah orang
  • Terbatasnya aktivitas visual seperti menonton televisi, membaca, memasak, dan lainnya
  • Cenderung melihat ke depan dengan cara yang tidak biasa, seperti menoleh ke samping
  • Tidak bisa melihat dengan jelas pada saat malam hari atau mengemudi setelah gelap;
  • Memiliki sensitivitas yang lebih tinggi terhadap cahaya

Ketika anda atau kerabat anda menghadapi tanda-tanda tersebut, maka jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan.

Bagaimana Penderita Low Vision Bisa Melihat?

Selain koreksi optik, ada beberapa jenis bantuan visual yang meningkatkan kemampuan visual yang dimiliki oleh penderita low vision. Seperti peningkatan kontras, memperbesar apa yang ingin dilihat, pemanfaatan teknologi digital, dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan kontras di dalam ruangan agar lebih membedakan bentuk, Anda membutuhkan pencahayaan yang kuat. Efeknya juga bisa didapat dengan memakai kacamata dengan filter warna. Anda juga bisa menggunakan kaca pembesar, pembesar video dan sistem optik yang ditambahkan ke kacamata resep. Dengan digitalisasi, bantuan bagi penderita low vision menjadi lebih efisien.

Anda membutuhkan low vision treatment? Segera kunjungi Vio Optical Clinic, klinik kesehatan mata professional dan terpercaya. Dengan layanan pemeriksaan mata yang lengkap serta staff profesional dan di dukung alat medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic low vision device seperti teleskop untuk melihat jauh lebih jelas, magnifier atau microscope ataupun telemicroscope untuk digunakan pada saat rehabilitas mata low vision. Vio Optical Clinic memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda.