Jika Anda telah memilih untuk menggunakan lensa kontak daripada kacamata, langkah selanjutnya adalah memilih jenis lensa yang paling sesuai untuk Anda. Saat ini tersedia dua jenis lensa kontak yang beredar di pasaran, yaitu lensa kontak lunak (softlens) dan lensa kontak keras (hardlens).

Lensa lunak atau soft lens adalah jenis lensa kontak lunak yang terbuat dari bahan plastik yang lunak dan fleksibel sehingga memungkinkan oksigen dengan mudah menembus kornea. Bahan lensa lunak yang lebih baru biasanya terbuat dari silikon, memungkinkan lebih banyak oksigen masuk ke mata selama Anda memakai lensa.

Sementara lensa kontak Permeable Gas (RGPs) adalah lensa kontak yang lebih keras dan lebih kaku daripada lensa lunak, tetapi masih memungkinkan oksigen masuk ke mata. Hardlens terbuat dari senyawa yang mengandung silikon yang memungkinkan oksigen melewati bahan lensa ke mata. Umumnya, lensa keras memberikan penglihatan yang lebih jelas dan tajam daripada lensa kontak lunak. Meski tidak sepopuler softlens, hardlens menawarkan sejumlah keunggulan. Berikut keuntungan dari menggunakan hardlens :

1.    Pemasangan Khusus

Hardlens dipasang pada mata secara berbeda dari softlens. Dengan lensa lunak, dokter mata Anda akan mengukur mata Anda dan memilih merek lensa yang paling sesuai dari pilihan yang tersedia. Untuk hardlens, proses pemasangannya lebih tepat karena lensa dipotong sesuai ukuran Anda, sehingga lensa kontak Anda akan lebih nyaman ketika digunakan.

2.    Penglihatan yang Lebih Tajam

Karena hardlens dipasang khusus ke mata Anda dan dapat mempertahankan bentuknya lebih baik, banyak pasien menemukan bahwa hardlens memberikan kejernihan penglihatan yang tajam. Karena proses pemasangan hardlens lebih tepat, dokter mata Anda dapat menjamin bahwa lensa Anda disesuaikan dengan resep Anda untuk memberikan penglihatan yang tajam.

Selain itu, karena lensa ini dibuat khusus untuk permukaan yang halus dan mempertahankan bentuknya di mata, hardlens memberikan penglihatan yang lebih tajam yang dapat berfluktuasi dalam bentuk dan kejernihannya jika mulai mengering. Lensa kontak ini juga memberikan koreksi astigmatisme yang lebih stabil dan akurat.

Baca Juga: Pemeriksaan Mata Minimal Berapa Kali Dalam Setahun?

3.    Daya Tahan

Hardlens bersifat kaku, jadi tidak perlu khawatir robek. Lensa ini juga lebih mudah dibersihkan dan tidak perlu sering diganti. Dengan perawatan yang tepat, sepasang hardlens dapat bertahan satu tahun atau lebih. Dan karena lensa ini tahan lama, GP bisa lebih murah daripada lensa lunak dalam jangka panjang.

Selain itu, hardlens cenderung membutuhkan biaya perawatan yang lebih murah karena lebih tahan lama serta lebih tahan terhadap penumpukan endapan kotoran. Oleh karena itu, rentang waktu penggantian lensa keras ini akan lebih lama daripada lensa lunak. Hardlens dapat bertahan hingga satu tahun dengan tetap mempertahankan bentuk dan kejernihan visualnya.

4.    Lebih Sehat

Hardlens memungkinkan lebih banyak oksigen mencapai permukaan di depan mata. Ini mengurangi risiko masalah mata yang disebabkan oleh hipoksia (suplai oksigen berkurang). Lensa kontak ini memberikan suplai oksigen yang lebih baik karena bahan lensa mengandung silicon dan berdiameter lebih kecil sehingga lebih sedikit menutupi permukaan depan mata (kornea).

5.    Dapat Memperlambat Perkembangan Rabun Jauh

Selain kelebihan lainnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakai hardlens dapat memperlambat perkembangan miopia (rabun jauh) pada beberapa anak. Dokter umum juga digunakan untuk ortokeratologi, di mana lensa kontak yang dirancang khusus dikenakan selama tidur untuk membentuk kembali kornea dan meningkatkan penglihatan.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.