Orthokeratology – Gangguan visual menjadi permasalahan yang seringkali mengganggu anda dalam melakukan aktivitas. Berbagai masalah visual seperti rabun jauh, astigmatisme dan lainnya, tentu memengaruhi kegiatan yang dilakukan. Seringkali kacamata dan lensa resep menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun, tidak semua cocok dan sesuai dengan alternatif tersebut. Sebuah terobosan baru dalam memperbaiki masalah refraksi tanpa operasi dengan hasil efektif, yaitu dengan orthokeratology. Simak penjelasan lebih lanjut mengenai orthokeratology berikut ini.

Apa itu Orthokeratology?

Orthokeratology atau yang disingkat dengan istilah ortho-k adalah pengaplikasian lensa kontak khusus di malam hari. Ortho-k menawarkan pengurangan atau perbaikan cacat visual yang dapat diperoleh melalui pemakaian rutin setiap malam. Ini adalah sistem inovatif dan revolusioner yang menggunakan lensa kontak permeabel gas kaku khusus untuk meningkatkan penglihatan sejak pertama kali  digunakan.

Orthokeratology ditujukan untuk memperbaiki kelainan refraksi seperti miopi, hyperopi, astigmatisme bahkan presbiopi. Masalah kelainan refraksi berkurang secara signifikan dan ketajaman visual tanpa lensa atau kacamata bisa kembali sempurna. Sistem ortho-k yang menggunakan jenis lensa kontak khusus, memungkinkan ketajaman visual yang baik sepanjang hari tanpa bantuan lensa korektif. Kunci dari pencapaian besar ini adalah lensa orthokeratology yang memiliki desain khusus dengan kurva terbalik dengan profil sigmoid. Sehingga memungkinkan untuk mengubah kelengkungan kornea dengan lembut saat tidur. Ini akan mengurangi miopia dan cacat visual lainnya, dan dengan demikian meningkatkan penglihatan.

Orthokeratology atau ortho-k menjadi alternatif efektif yang seringkali digunakan untuk pengobatan miopia nocturnal. Bahkan saat ini diperkirakan telah ada banyak orang yang memilih menggunakan metode ini. Mereka yang ingin mencoba terlepas dari ketergantungan kacamata dan lensa tanpa operasi, bisa memperoleh manfaat dari ortho-k. Lensa ortho-k ini dirancang khusus untuk penggunaan malam hari, dan berkat kemajuan teknologi, prosedurnya lebih efektif. Dimana topografi kornea terkomputerisasi dengan lebih baik, peningkatan yang lebih cepat, lebih aman, dan hasil yang lebih efektif.

Baca Juga: Keunggulan Ortho-K Sebagai Koreksi Miopi yang Lebih Efektif

Apa Manfaat Orthokeratology?

Bagi seseorang yang memilih untuk tidak memakai kacamata atau lensa kontak selama aktivitasnya, orthokeratology adalah pilihan perawatan yang sangat menarik. Seseorang yang merasa kontak tidak nyaman dan tidak menyukai cara mereka memakai kacamata kemungkinan besar lebih memilih orthokeratology sebagai alternatif yang bisa diterapkan. Orthokeratology adalah pilihan yang sangat bagus untuk situasi di mana penglihatan tanpa bantuan lensa korektif merupakan aset atau persyaratan yang dibutuhkan. Seperti misalnya, mereka yang berpartisipasi dalam olahraga. Sehingga dapat memiliki kebebasan visual tanpa harus bergantung pada kacamata atau lensa kontak konvensional.

Orthokeratology juga dapat memberikan visi tanpa bantuan bagi para profesional yang pekerjaan sehari-harinya membutuhkan ketajaman visi yang baik. Misalnya seperti pilot, petugas polisi, petugas pemadam kebakaran, atau pekerjaan apa pun yang membutuhkan ketajaman visual yang sangat baik. Orthokeratology bisa bermanfaat bagi siapa saja yang biasanya bergantung pada kacamata atau lensa kontak untuk penglihatan fungsional.

Bagaimana Orthokeratology Bekerja?

Proses perawatan orthokeratology berakar pada desain lensa ortho-k, yang juga biasa disebut lensa kontak pembentukan kembali kornea. Lensa dengan daya serap tinggi untuk pemakaian semalaman yang nyaman dan aman. Proses pemasangan lensa ortho-k dimulai dengan mengukur kelengkungan kornea mata pasien. Pengukuran ini dilakukan dengan topografi kornea yang dilakukan oleh para tenaga ahli dan berpengalaman. Tujuan dari topografi kornea adalah memberikan gambaran peta permukaan kornea. Yang selanjutnya dilakukan perancangan lensa orthokeratology berdasarkan pada peta tersebut.

Sebagai pasien, Anda mungkin memerlukan serangkaian lensa sementara untuk melihat dengan benar sampai Anda mencapai resep yang diinginkan. Karena penglihatan Anda akan meningkat selama proses perawatan, perubahan pada lensa diperlukan untuk mencapai efek koreksi penglihatan yang maksimal. Dalam kebanyakan kasus, pasien membutuhkan hingga tiga pasang lensa selama perawatan ortokeratology secara penuh. Hal tersebut dilakuukan sampai mata sepenuhnya terkoreksi dengan baik. Untuk hasil yang optimal, maka anda perlu untuk melanjutkan pemakaian ortho-k setiap malam.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.