Ortho-K – Gangguan penglihatan dapat memengaruhi kemampuan visual seseorang dalam melakukan aktivitasnya. Penglihatan buram dan penglihatan yang tidak bisa fokus dengan tepat, tentu bisa menghalangi pandangan anda. Ketika ini terjadi, maka diperlukan langkah pengobatan dan perawatan yang tepat. Seperti lensa ortho-k, sebuah lensa khusus untuk terapi penglihatan dengan hasil yang efektif.

Apa Alasan Memilih Ortho-K?

Orthokeratology yang disingkat dengan ortho-k adalah salah satu terapi penglihatan. Yang mana memungkinkan Anda untuk melihat dengan baik tanpa harus memakai kacamata atau lensa kontak di siang hari. Ortho-k dilakukan dengan lensa kontak khusus gas-permeable yang dikenakan pasien selama 8 jam selama tidur. Lensa ini memiliki desain khusus yang disesuaikan dengan mata setiap orang, yang membantu membentuk permukaan kornea.

Pada malam hari, epitel kornea beradaptasi dengan bentuk lensa , yaitu membentuk kornea dan mengoreksi masalah refraksi. Sehingga, orang tersebut bisa menikmati penglihatan yang lebih baik dan lebih jelas pada hari berikutnya. Ortho-k juga bisa disebut sebagai lensa malam, yang nyaman digunakan selama tidur. Sebagai aturan, perlu untuk menggunakannya setiap malam selama empat belas hari pertama untuk membuat efek korektif selama rata-rata 72 jam terus menerus. Pasien akan meninjau perkembangan pengobatan dengan ahli kontak untuk memastikan terapi telah berhasil. Serta meninjau proses pemasangan kembali lensa untuk menyesuaikan pengaturan penggunaan lensa ortho-k dengan kebutuhan setiap orang.

Kinerja Ortho-K Dalam Perbaiki Masalah Penglihatan

Lensa kontak Ortho-k menggunakan efek yang berlawanan dibandingkan dengan lensa kontak lainnya. Ortho-k biasanya disesuaikan dengan bentuk alami permukaan mata atau kornea, untuk menghilangkan perubahan pada jaringan permukaan mata. Lensa Ortho-k dimaksudkan untuk mengubah bentuk luar alami mata atau kornea. Hal ini untuk mengubah pembiasan cahaya dan dengan demikian dapat memperbaiki kelainan refraksi mata.

Ortho-k memiliki efek lensa kontak yang kaku namun permeabel gas yang dapat sedikit demi sedikit mengubah bentuk luar kornea. Pembentukan kembali kornea ini tanpa merusak atau mengubah integritas dan kesehatan kornea itu sendiri. Sehingga aman dan nyaman untuk digunakan sebagai metode koreksi penglihatan. Perubahan terapeutik dari bentuk kornea luar memakan waktu beberapa jam dan biasanya dilakukan pada malam hari. Perubahan bentuk kornea tidak permanen tetapi hanya sementara dan tetap cukup stabil selama beberapa jam berikutnya.

Baca Juga: Pengendalian Mata Minus yang Diperlukan Dengan Terapi Mata Minus

Manfaat Ortho-K

Koreksi penglihatan dengan Ortho-k dapat dilakukan dalam kisaran menengah dan kesalahan bias untuk beberapa dioptri. Karena koreksi ini dilakukan langsung pada permukaan refraksi primer mata, yaitu permukaan kornea, tingkat perubahan kelengkungan yang relatif terbatas sudah cukup.  Ini bisa digunakan dalam kisaran mikrometer (ribuan milimeter) yang sudah cukup untuk menyebabkan peningkatan ketajaman visual yang terlihat. Seperti 10-20 mikrometer misalnya dalam kisaran sekitar satu ketebalan sel konjungtiva.

Ortho-k bermanfaat untuk koreksi miopi (rabun jauh), yang mana diperlukan perataan kelengkungan kornea. Dengan menggunakan lensa Ortho-k yang lebih datar dari kelengkungan kornea aslinya. Ini akan menyebarkan cahaya sebelum memasuki mata untuk memindahkan titik fokus intra-okular lebih jauh ke belakang ke retina. Untuk penderita hyperopia, penerapan lensa curam diperlukan untuk meningkatkan daya optik. Sehingga dengan demikian dapat memindahkan titik fokus dari posisinya di belakang retina ke arah depan. Dengan Ortho-k, maka koreksi plus dan minus lima dioptri atau bahkan lebih, memiliki kemungkinan untuk diperbaiki.

Dengan memilih prosedur Ortho-k, bukan tidak mungkin anda memiliki ketajaman visi yang meningkat dan lebih baik. Bahkan ini menawarkan kemungkinan untuk memiliki visual yang baik sepanjang hari tanpa perlu kacamata dan lensa kontak. Penggunaan Ortho-k juga mampu membantu mengatasi masalah miopi progresif yang perkembangan bisa memperburuk penglihatan. Dengan Ortho-k, perkembangannya bisa dicegah bahkan dihambat.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.