Vision Therapy – Gangguan penglihatan yang tidak segera ditangani tentu bisa memengaruhi aktivitas anda. Terdapat beberapa gangguan dan masalah visual yang tidak bisa ditangani hanya dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Dimana kondisi tersebut membutuhkan perawatan seperti vision therapy. Ini adalah pengobatan yang aman dan efektif untuk meningkatkan penglihatan pada orang dengan masalah mata tertentu. Ketahui lebih lanjut mengenai vision therapy dan fungsinya berikut ini.

Apa Itu Vision Therapy?

Vision therapy adalah pilihan non-bedah untuk masalah dan gangguan penglihatan. Dimana prosedur non bedah ini tidak terbatas pada mata malas dan kelainan refraksi seperti miopia, presbiopia, hiperopia, dan astigmatisme. Teknik-teknik pada vision therapy secara signifikan bisa mengurangi perkembangan masalah visual atau mencegahnya berkembang lebih lanjut. Ini adalah program latihan pribadi yang ditentukan dan diawasi oleh dokter ahli mata. Hal ini bertujuan untuk membantu pasien bisa mengembangkan kemampuan visualnya dengan baik.

Vision therapy melibatkan rehabilitasi neuromuskular. Hal ini berarti bahwa mata dan otak harus belajar kembali bagaimana bekerja sama sebagai sebuah tim. Selama program terapi, dokter mata dapat menggunakan berbagai instrumen seperti lensa dan prisma. Beberapa latihan juga bisa dilakukan untuk meningkatkan pemrosesan visual, serta meningkatkan efisiensi visual.

Siapa Saja yang Mungkin Membutuhkan Vision Therapy?

Vision therapy sebagai perawatan kesehatan mata non-nedah direkomendasikan untuk beberpa orang dengan kondisi teretentu. Beberapa orang yang mungkin membutuhkan vision therapy diantaranya yaitu:

Anak-anak yang memiliki ketidakmampuan

Sebagian besar masalah belajar dan membaca yang mempengaruhi anak-anak sebenarnya disebabkan oleh keselarasan mata yang tidak tepat.

Orang dengan kelainan refraksi

Mata memproses gambar mirip dengan kamera. Cahaya, fokus, dan proses yang dikenal sebagai pembiasan semuanya bekerja sama untuk menafsirkan gambar dengan benar. Jika ada kelainan refraks yaitu bentuk kornea tidak beraturan, maka orang tersebut dapat mengalami rabun jauh (miopia), rabun dekat (hiperopia), atau astigmatisme. Mereka yang lebih tua juga dapat mengalami presbiopia (kesulitan membaca karena usia tua).

Mereka yang sangat bergantung pada penglihatan

Setiap orang tentu membutuhkan penglihatan yang baik, tetapi sebagian orang membutuhkan penglihatan yang lebih baik. Seperti ahli bedah atau yang pekerjaannya tergantung pada akurasi dan presisi.

Baca Juga: Simak Hal Penting Mengenai Gangguan Visual Low Vision

Masalah Mata Apa yang Bisa Diobati dengan Vision Therapy?

Vision therapy juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah mata, seperti:

Sindrom visual pasca-trauma

Gangguan ini mengacu pada gejala yang berhubungan dengan penglihatan. Seperti misalnya, penglihatan kabur, pusing, masalah memori, atau kehilangan keseimbangan. Yang mana muncul sebagai akibat dari cedera kepala atau gegar otak.

Amblyopia

Ini adalah pengurangan kemampuan penglihatan yang dapat mempengaruhi satu atau kedua mata.

Strabismus

Mata yang tidak bisa selarasa atau dikenal juga dengan sebutan mata juling.

Disfungsi okulomotor

Orang dengan masalah mata ini membalikkan huruf “p” dengan huruf “q”, atau “d” dengan “b”. Mereka mungkin juga melewatkan baris tertentu saat membaca, atau melihat huruf bergerak.

Disfungsi vergensi akomodatif

Orang dengan gangguan ini mengalami kesulitan mendapatkan kembali penglihatan yang jelas ketika melihat dua objek pada jarak yang berbeda. Hal ini terjadi, misalnya, ketika mereka membaca poster dinding, lalu buku.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.