Klinik Mata Bekasi – Bagaimana low vision mempengaruhi orang-orang? Seperti apa klasifikasi penglihatan rendah? Low vision adalah suatu kondisi yang mengakibatkan penurunan kemampuan penglihatan yang signifikan, yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan individu. Realitas visual seseorang dengan low vision sangat berbeda dengan orang yang memiliki penglihatan normal. Perbedaan ini dapat bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan rabun dekat, tetapi ada beberapa karakteristik umum yang memengaruhi persepsi mereka terhadap dunia.

  • Penglihatan tidak jelas dan kabur: salah satu tantangan paling umum yang dihadapi oleh orang dengan low vision adalah penglihatan kabur. Ini berarti bahwa objek, baik yang dekat maupun yang jauh, tampak kabur atau tidak jelas. Jenis gangguan penglihatan ini dapat menyulitkan tugas-tugas sederhana seperti membaca atau mengenali wajah;
  • Kesulitan dalam diskriminasi warna: beberapa orang dengan low vision mungkin mengalami kesulitan membedakan antara warna-warna tertentu, atau warna-warna yang tampak kurang cerah. Dampaknya pada persepsi warna dapat berkisar dari kesulitan ringan dalam membedakan warna yang mirip hingga diskriminasi warna yang hampir tidak ada;
  • Adaptasi terhadap lingkungan: lingkungan memainkan peran penting dalam kualitas penglihatan bagi orang dengan low vision. Kecerahan dan kontras suatu lingkungan dapat sangat mempengaruhi kemampuan mereka untuk melihat. Sebagai contoh, cahaya yang terang dapat menyebabkan silau atau sakit mata, sementara cahaya yang redup dapat membuat penglihatan menjadi hampir tidak mungkin;
  • Penggunaan alat bantu penglihatan: untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, orang dengan low vision sering kali mengandalkan berbagai alat bantu penglihatan. Alat bantu ini dapat berupa kacamata dengan lensa khusus, lensa pembesar, filter yang meningkatkan kontras atau mengurangi silau, dan teknologi bantuan digital seperti pembesar layar atau perangkat lunak pembacaan layar;
  • Adaptasi sehari-hari: orang dengan low vision harus terus beradaptasi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Mereka mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru atau membutuhkan bantuan untuk menavigasi ruang yang tidak dikenal. Bahkan tugas-tugas sederhana seperti membaca, menggunakan komputer, atau menyeberang jalan dapat memerlukan strategi adaptif atau penggunaan alat bantu.

Memahami realitas visual orang dengan low vision sangat penting untuk mengembangkan empati dan kesadaran yang lebih besar terhadap tantangan yang mereka hadapi setiap hari. Kesadaran ini juga dapat memandu pengembangan solusi dukungan yang lebih baik dan lingkungan yang lebih inklusif.

Baca Juga: Profesi yang Bisa Membahayakan Mata dan Tips Menjaga Mata

Beberapa Kategori Low Vision

Klasifikasi low vision didasarkan pada tingkat keparahan penurunan ketajaman penglihatan dan luasnya lapang pandang. Tingkatan ini sangat bervariasi, dan berdampak pada kehidupan mereka yang mengalaminya dengan cara yang berbeda.

  • Low vision ringan: pada tingkat ini, seseorang mengalami sedikit penurunan ketajaman penglihatan (visus). Orang dengan low vision ringan mungkin mengalami kesulitan untuk melihat detail-detail kecil, tetapi mereka umumnya dapat melakukan sebagian besar aktivitas sehari-hari tanpa alat bantu yang signifikan.
  • Low vision sedang hingga berat: pada kategori ini, ketajaman penglihatan lebih terganggu. Orang yang berada dalam klasifikasi ini sering kali tidak dapat membaca teks standar bahkan dengan menggunakan kacamata biasa dan mungkin mengalami kesulitan mengenali wajah atau menavigasi lingkungan yang tidak dikenal. Alat bantu seperti lensa pembesar yang lebih kuat atau perangkat elektronik khusus mungkin diperlukan;
  • Penglihatan dekat yang parah: ini adalah tingkat penglihatan dekat yang paling serius, di mana ketajaman penglihatan sangat terbatas. Individu dengan low vision berat mungkin hanya dapat melihat cahaya, bayangan, atau gerakan, tetapi mereka tidak dapat melihat bentuk yang jelas.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata yang berkaitan dengan low vision? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.