VIO OPTICAL – Mata adalah salah satu panca indera yang memiliki peranan sangat penting. Tanpa mata tentu kita tidak dapat untuk melihat betapa indahnya dunia ini. Sebagai salah satu indera terpenting bagi kehidupan, mata bertugas untuk mengolah informasi yang kita lihat. Sangatlah penting untuk selalu menjaga kesehatan mata, agar indera penglihatan kita dapat bekerja secara optimal. Karena pentingnya peranan mata sebagai indera penglihatan, maka diperingati lah hari penglihatan dunia sebagai wujud dedikasi yang diberikan untuk mata.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa pada bulan Oktober, menjadi bulan penting sebagai hari penglihatan dunia. Tidak seperti peringatan lainnya, hari penglihatan dunia atau world sight day diperingati pada minggu kedua bulan Oktober. Atau lebih tepatnya world sight day ini diperingati setiap hari Kamis pada minggu ke-2 bulan Oktober, dimana tahun ini diperingati pada tanggal 14 Oktober. Hari penglihatan dunia bertujuan untuk mendorong masyarakat memikirkan pentingnya kesehatan mata. World sight day mengajak masyarakat untuk terlibat dan berpartisipasi dalam kampanye love your eyes. Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap isu global yang berkaitan dengan gangguan penglihatan.

Tidak sedikit orang yang yang mengalami gangguan penglihatan terlebih lagi tingkat pravalensinya semakin meningkat setiap tahun. Bahkan telah tercatat setidaknya ada 40 juta orang yang menderita kebutaan. Dimana setiap tahunnya penderita gangguan penglihatan seperti kebutaan bisa mencapai 7 juta orang. Berdasarkan pada perhitungan WHO jumlah penderita kebutaan bisa meningkat dua kali lipat. Di mana sekitar 75% penyebab terjadinya kebutaan termasuk ke dalam avoidable blindness, yang mana sebetulnya hal tersebut bisa untuk dihindari. Berdasarkan hal tersebut maka diperingati lah hari penglihatan sedunia dengan tujuan meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan mata.

Hari penglihatan sedunia atau yang disebut juga dengan world sight day pertama kali diperingati oleh Lions Club di tahun 1988. Dimana kemudian diambil alih oleh World Health Organization atau WHO, dikarenakan masih tingginya angka penderita gangguan penglihatan dan kebutaan yang ada di dunia. Ini ditujukan untuk memberikan sosialisasi bagi masyarakat agar lebih memperhatikan kesehatan mata. Seperti yang kita tahu, kesehatan mata sangatlah penting untuk dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Terjadinya gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan tentu akan menurunkan produktivitas seseorang. Oleh sebab itu, dengan diperingatinya world sight day diharapkan masyarakat akan lebih memperhatikan kesehatan mata.

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Keunggulan Ortho-K

Dalam kampanye untuk memperingati Hari Penglihatan Dunia (World Sight Day), menyerukan kepada semua orang untuk fokus pada kesehatan mata. Dimana hampir semua orang yang ada di dunia akan mengalami masalah kesehatan mata dalam hidup mereka. Namun ada lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia yang tidak memiliki akses ke layanan perawatan mata. Dalam peringatan Hari Penglihatan Dunia, yang jatuh pada 14 Oktober, seluruh masyarakat dihimbau untuk  melakukan skrining mata dan memeriksakan kesehatan mata. Hal ini dilakukan sebagai wujud Love Your Eyes dalam peringatan World Sight Day.

Diperingatinya hari penglihatan dunia (World Sight Day) memiliki tujuan untuk mengingatkan dunia bahwa setiap orang penting untuk selalu menjaga kesehatan mata. Serta memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk dapat mengakses layanan kesehatan dan perawatan mata. Sehingga, setiap orang dapat mewujudkan kesehatan mata sebagai wujud dari love your eyes.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.