VIO OPTICAL – Gangguan refraksi seperti miopia atau rabun jauh merupakan gangguan penglihatan umum yang sering terjadi. Tidak semua penderita gangguan refraksi tersebut nyaman menggunakan kacamata ketika beraktivitas. Oleh sebab itu, dibutuhkan alternatif yang efektif agar penderita miopia bisa lepas kacamata. Orthokeratology menjadi salah satu alternatif untuk bisa terlepas dari kacamata dan mengurangi derajat miopia tanpa perlu operasi. Bagaimana orthokeratology bekerja dan sejak kapan ini digunakan simak ulasannya berikut ini.

Orthokeratology atau yang selanjutnya disingkat dengan ortho-k merupakan lensa kontak khusus. Lensa kontak ini ditujukan sebagai metode koreksi si dan terapi bagi penderita kelainan refraksi. Berbeda dengan lensa kontak lainnya, ortho-k berfungsi untuk mengurangi dan menghilangkan derajat minus pada mata. Sehingga anda tidak perlu lagi lagi untuk memakai kacamata sebagai alat bantu penglihatan. Ortho-k merupakan langkah efektif dan salah satu cara cara non bedah dalam meningkatkan ketajaman penglihatan seseorang.

Orthokeratology sendiri memiliki sejarah yang panjang. Dimana pada tahun 1960 generasi pertama dari lensa ortho-k telah diperkenalkan di Amerika Serikat. Pada awalnya lensa khusus  ortho-k dikenal dengan nama orthofocus. Sejak saat itu lensa  ortho-k terus mengalami perkembangan dan kemajuan. Setelah melewati lensa generasi kedua muncullah lensa ortho-k ketiga di tahun 1990. Dimana teknologi pada lensa telah berkembang dan semakin maju. Sehingga memberikan hasil yang lebih efektif dalam menghambat perkembangan miopia. Sejak saat itu lensa ortho-k telah digunakan untuk memperbaiki masalah kelainan refraksi dengan hasil yang lebih efektif.

Untuk bisa memperoleh hasil maksimal melalui metode perawatan dengan lensa ortho-k, anda perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terlebih dulu. Pemeriksaan ini menjadi langkah awal untuk menentukan apakah penggunaan lensa khusus ortho-k sesuai dan dapat diterapkan untuk pasien. Barulah setelah itu dokter akan mengevaluasi serta melakukan pengukuran kornea mata dengan topografer. Selanjutnya pasien akan dibuatkan lensa khusus ortho-k berdasarkan pada hasil pemetaan kornea mata melalui topografer tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Sejarah Kacamata di Indonesia?

Lensa khusus ortho-k yang dipakai saat tidur akan memperbaiki bentuk kornea sehingga dapat mengoreksi masalah penglihatan akibat miopia. Lensa ortho-k memberikan tekanan yang lembut pada kornea mata sehingga kembali ke bentuk normal secara perlahan. Lensa khusus ini sangat permeabel oksigen sehingga nyaman dan aman digunakan saat tidur. Dengan pemakaian rutin lensa khusus ini dapat memberikan hasil yang baik secara signifikan dari pembentukan ulang kornea mata. Sehingga, memberikan pasien penglihatan yang lebih baik dan jelas tanpa perlu menggunakan alat bantu optik lagi.

Orthokeratology merupakan prosedur penggunaan lensa kontak rigid gas permeable yang di desain khusus. Dan hanya digunakan pada malam hari saat tidur untuk membentuk ulang permukaan kornea. Dengan tujuan untuk menghilangkan kelainan refraksi dan menghambat kenaikan derajat minus. Ini cocok digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa dengan miopia.

Ortho-k juga memiliki beberapa keunggulan, yaitu tidak invasif dan tanpa tindakan bedah. Begitu pengguna berhenti menggunakannya, kornea mata akan kembali ke bentuk semula. Itulah mengapa ortho-k perlu digunakan secara rutin. Walau begitu, nada bisa menghentikan pemakaiannya kapan saja tanpa ada efek permanen yang terjadi pada mata. sehingga, anda dapat kembali menggunakan alat bantu optik seperti kacamata atau lensa kontak. Ortho-k merupakan salah terapi untuk memperbaiki kelainan refraksi yang sangat aman. Sehingga menjadi alternatif dalam meningkatkan ketajaman visual yang lebih baik.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.