Klinik Mata Jakarta – Kacamata prisma, atau lensa prisma, adalah optik plastik atau kaca khusus yang diresepkan oleh spesialis mata di eyecare terbaik seperti VIO OPTICAL untuk mengatasi gangguan penglihatan binokular, termasuk penglihatan ganda. Kacamata ini mengubah arah pantulan cahaya, mengarahkannya ke tempat yang tepat pada retina. Kacamata ini tidak memiliki kemampuan fokus dan tidak efektif untuk mengoreksi kelainan refraksi. Kacamata prisma membantu mata Anda melihat gambar sehingga penglihatan tunggal dapat dikoreksi untuk penglihatan binokular, penglihatan ganda, kesulitan membaca, sakit kepala yang berhubungan dengan penglihatan, dan banyak lagi.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Ketika penglihatan Anda jernih dan Anda memiliki penglihatan binokular yang normal, cahaya masuk ke setiap mata melalui kornea dan jatuh pada retina. Mata Anda bekerja bersama-sama untuk memungkinkan otak Anda memvisualisasikan satu gambar. Cahaya mengenai titik yang sama pada retina di setiap mata. Setiap mata mengumpulkan informasi visual yang dikirim ke otak Anda untuk diproses. Otak Anda menggabungkan informasi visual dari masing-masing mata untuk menghasilkan satu gambar yang jelas.

Pada penglihatan ganda, cahaya yang masuk ke masing-masing mata jatuh pada titik yang berbeda pada retina, sehingga otak Anda tidak dapat memproses informasi visual secara akurat untuk menghasilkan satu gambar yang jelas. Hasilnya adalah produksi dua gambar. Pengenalan prisma dari mata akan membelokkan cahaya sebelum melewati mata Anda, mengarahkannya sedemikian rupa sehingga jatuh pada titik yang tepat pada retina di setiap mata. Hal ini memungkinkan otak untuk menggabungkan kedua gambar tersebut untuk menghasilkan satu gambar yang jelas.

Kondisi yang Dapat Diatasi dengan Kacamata Lensa Prisma

Meskipun spesialis mata menggunakan kacamata prisma untuk mengoreksi penglihatan ganda dan disfungsi penglihatan binokular, lensa ini juga dapat digunakan untuk kondisi lain. Dokter meresepkan kacamata prisma untuk mengatasi masalah penglihatan yang terkait dengan:

Penglihatan ganda: kelebihan konvergensi, kekurangan konvergensi, dan strabismus

  • Cacat penglihatan: persepsi kedalaman yang buruk dan kehilangan lapang pandang
  • Masalah otot: Penyakit Grave, Myasthenia gravis, di antara kondisi lainnya
  • Penekanan: adaptasi bawah sadar untuk menghilangkan efek gangguan penglihatan binokular
  • Ketegangan mata: untuk menghilangkan sakit kepala terkait
  • Masalah neurologis dan yang berhubungan dengan saraf: stroke, cedera otak, migrain, gegar otak, tumor, diabetes, dan multiple sclerosis

Baca Juga: Apakah Bermain HP Sebelum Tidur Bisa Merusak Mata?

Seperti Apa Bentuk Lensa Prisma

Untuk perawatan jangka panjang, produsen lensa menggabungkan prisma ke dalam lensa resep. Lensa, dan kacamata, terlihat seperti kacamata non-prisma dengan satu pengecualian. Lensa di satu sisi kacamata mungkin tampak lebih tebal dan lebih terlihat. Untuk menyembunyikan bagian prisma lensa, beberapa kacamata mungkin memiliki bingkai yang lebih tebal. Kacamata prisma dapat dilengkapi dengan prisma Fresnel, stiker vinil tipis yang dapat ditekan, di bagian depan atau belakang lensa. Prisma ini akan terlihat oleh orang lain, tetapi biasanya digunakan untuk resep prisma sementara.

Bagaimana Prisma Diukur dan Ditambah pada Kacamata?

Koreksi prisma diukur dalam dioptri prisma. Resep koreksi prisma juga akan menentukan “dasar”, bagian paling tebal dari lensa, dan puncak, bagian paling tipis dari lensa. Cahaya dibelokkan ke arah alas, dan gambar bergeser ke arah puncak. Bagian dasar dapat ditentukan ke dalam, ke luar, ke atas atau ke bawah. Spesialis mata pilihan terbaik seperti di VIO OPTICAL menentukan jenis koreksi prisma yang diperlukan dengan melakukan beberapa tes.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO OPTICAL adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.