Klinik Mata BekasiAnda kemungkinan kerap kebingungan waktu dokter berharap mengatakan kasus penglihatan yang tengah Anda alami.  Padahal, beberapa kasusnya sanggup saja merupakan penglihatan ganda. Mari cari mengerti langkah membedakan antara penglihatan kabur atau kabur dan berbayang dengan penglihatan ganda. Pasalnya, ke-2 kasus mata ini punyai style penyembuhan yang berbeda.

Apa bedanya penglihatan ganda dengan penglihatan berbayang (kabur)?

Pandangan berbayang
Pandangan berbayang atau penglihatan buram berjalan ketika objek yang Anda amati terlihat tidak jelas. Contohnya, ketika Anda lihat papan reklame raksasa di jalan. Anda sanggup lihat bentuk papan tersebut tapi tidak sanggup membedakan

gambar atau membaca postingan yang tercantum dengan jelas. Pinggiran font postingan atau gambar pada reklame itu keluar membaur dengan satu lama lain, dan dengan latar belakangnya.

Ada beraneka keadaan yang sanggup membawa dampak pandangan buram. Diantaranya adalah :

  • Gangguan refraktif pada kornea seperti mata minus, mata plus, mata silinder; atau kelainan yang lebih betul-betul seperti pembengkakan kornea.
  • Gangguan pada lensa mata, seringnya akibat katarak.
  • Perdarahan pada mata (perdarahan subkonjungtiva).
  • Gangguan pada susunan retina, susunan yang menangkap gambar dan diteruskan ke otak.
  • Gangguan pada makula ataupun saraf optik.

Pandangan ganda
Lain halnya dengan pandangan berbayang (penglihatan buram), pandangan ganda adalah keadaan yang berjalan ketika objek yang tengah Anda amati keluar sebagai dua objek kembar. Pandangan ganda sanggup berjalan cuma pada waktu keliru satu mata saja yang terbuka, waktu ke-2 mata terbuka.

Baca Juga : Apa yang Terjadi Sebelum, Saat, dan Setelah Operasi Katarak?

Contohnya ketika Anda lihat sebuah papan reklame di jalan. Tentunya Anda termasuk akan ada problem membaca postingan yang tersedia dengan jelas.

Kelainan yang mengakibatkan terjadinya penglihatan ganda sanggup dibagi menjadi:

Penglihatan ganda dengan satu mata (diplopia monokular)
Sebagian besar kasus diplopia monokular disebabkan oleh kelainan di fasilitas refraksi, seperti pada kornea atau makula (pusat penglihatan).

Penglihatan ganda akibat keadaan ini sanggup membaik dengan pemasangan pinhole (penutup mata dengan 1 lubang di tengahnya).

Penglihatan ganda dengan ke-2 mata (diplopia binokular)
Diplopia binokular umumnya disebabkan oleh gangguan pada otot bola mata atau pada saraf di dalam otot bola mata, seperti akibat adanya tumor pada otak yang menekan jalan persarafan otot bola mata. Kondisi ini lazim berjalan pada penderita miastenia gravis.

Beda gejala, beda pula langkah mengobatinya
Masing-masing keadaan punyai tingkat keparahan penyakit yang berlainan dengan langkah penyembuhan yang berbeda-beda.

Kelainan refraktif seperti mata minus, plus, atau silinder sanggup diatasi dengan pemanfaatan kacamata atau lensa kontak resep, atau dengan operasi LASIK. Sementara kelainan penglihatan yang melibatkan kasus pada jalan saraf mata akan memerlukan pemeriksaan dan penyembuhan yang lebih rumit, bergantung penyebabnya.

Itu kenapa Anda wajib teratur cek kebugaran mata sekurang-kurangnya setahun sekali dan segera konsultasi ke dokter ketika penglihatan mulai bermasalah untuk menolong mendeteksi penyebabnya lebih dini.