Sakit mata terhadap bayi yang baru lahir tentu amat mengkhawatirkan. Langkah pas dalam mengatasinya amat penting, hal ini untuk menahan kelainan indera penglihatan berikut nantinya.

Sakit mata terhadap bayi yang baru lahir dikenal bersama dengan neonatal conjunctivitis atau ophthalmia neonatorum. Umumnya, bayi yang mengalami infeksi ini tampak mengeluarkan kotoran mata sejak hari pertama hingga dua minggu sesudah lahir.

Sakit Mata terhadap Bayi yang Baru Lahir Harus Diwaspadai

Usia Satu Bulan Pertama
Penyebab sakit mata terhadap bayi yang baru lahir pada lain akibat infeksi virus, bakteri, ataupun reaksi kimia. Beberapa style bakteri terhadap penyakit menular seksual (PMS) seperti klamidia dan gonore yang terdapat di jalur lahir mampu menginfeksi bayi kala sistem persalinan normal. Ada pula virus herpes yang seringkali menjadi penyebab sakit mata terhadap bayi yang baru lahir.

Sakit mata terhadap bayi yang baru lahir ditandai bersama dengan rasa sakit terhadap bola mata atau nyeri kalau ditekan, keluarnya kotoran dari mata, dan kelopak mata tampak membengkak. Pada masalah yang lebih jarang ditemui, tampak peradangan terhadap kornea mata.

Cara Mengatasi
Untuk menegaskan penyebab dan langkah menangani sakit mata terhadap bayi yang baru lahir, dokter dapat laksanakan pemeriksaan. Seperti menyita dan memeriksa perumpamaan kotoran mata, apakah disebabkan virus, bakteri atau penyebab lain. Selain itu, tersedia pula kontrol lain untuk menyaksikan mungkin rusaknya dari permukaan bola mata.

Baca Juga :

Ulkus Kornea Luka pada Mata yang dapat Menyebabkan Kebutaan

Untuk sakit mata terhadap bayi yang baru lahir akibat pemberian obat tetes mata kala lahir, umumnya tanda-tanda membengkak dapat menghilang bersama dengan sendirinya.

Kemudian kalau sakit mata disebabkan saluran air mata yang tersumbat, maka pemijatan di pada area mata dan hidung mampu membantu. Hal ini khususnya dilaksanakan sebelum pemberian antibiotik. Jika masalah ini tetap terjadi hingga umur satu tahun, dokter dapat mempertimbangkan dilaksanakan tindakan bedah.

Sakit mata terhadap bayi yang baru lahir akibat bakteri, umumnya mampu diatasi bersama dengan antibiotik yang diteteskan ataupun salep. Tetes mata ataupun salep tertentu antivirus mampu diberikan untuk infeksi herpes terhadap bayi.