Klinik Mata Bekasi – VIO Optical Clinic merupakan tempat pembantuan untuk orang-orang yang menderita low vision. Sejatinya low vision itu tidak bisa disembuhkan, namun penderitanya bisa diberikan alat bantu untuk penglihatan. Penderita low vision juga bukan terbatas untuk memiliki ruang gerak dalam berkarya.

Hal yang bisa dilakukan untuk penderita low vision, terutama anak-anak adalah diberikan edukasi. Rehabilitasi sepenuhnya tidak bisa mengembalikan fungsi mata normal, karena low vision ini sebab gangguannya sudah menyerang retina. Yang mana tidak bisa diganti, hanya bisa dibantu alat saja.

Hanya saja, edukasi diperlukan sebagai penanggulangan sedari dini supaya anak diberikan alat bantu lihat. Low vision memang tidak bisa diobati, namun bisa dicegah dengan penggunaan kacamata, obat, operasi, sampai dengan penggunaan lensa kontak. Ini bisa asalkan ditangani sebelum low vision tadi.

Treatment Low Vision di VIO Optical Clinic

VIO Optical Clinic merupakan satu tempat yang bisa didatangi oleh penderita low vision yang hendak melakukan treatment. Menyadari betapa pentingnya berbagai organ yang dianugerahkan Tuhan pada setiap manusia, sudah sepatutnya organ-organ tersebut dijaga dengan sebaik-baiknya, apalagi mata.

Tapi, siapa yang bisa menebak-nebak apa yang akan terjadi kemudian, termasuk dengan terjangkitnya low vision pada seseorang. Tanpa melihat sebab akibat di waktu ke belakang, yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keadaan adalah melakukan penanganan yang tepat. Salah satunya dengan datang ke optical yang menyediakan pengobatan untuk berbagai masalah pada mata, salah satunya low vision.

Baca juga : Penyakit Mata yang Bisa Berujung Low Vision

Penderita low vision memang tidak bisa disembuhkan atau retina yang sudah rusak tidak dapat tumbuh atau diganti apapun. Tujuan dari treatment adalah memaksimalkan fungsi penglihatan pada mata dengan optimal. Sehingga dengan dilakukannya terapi, penderita lovi akan menjalani hari yang normal.

Terapi yang digunakan oleh VIO ada berbagai macam yang ditunjang juga oleh berbagai fasilitas. Diantaranya ada teleskop untuk untuk memperjelas objek yang letaknya jauh. Kemudian untuk memperjelas objek yang letaknya dekat bisa menggunakan mikroskop dan telemikroskop untuk melihat benda dalam jarak menengah. Semua dilakukan VIO untuk membantu para penderita low vision.

Berbagai Alat Bantu Penglihatan

Sebagai pengetahuan, untuk para penderita gangguan penglihatan, ada beberapa benda yang bisa menunjang penglihatan. Pertama, ada alat optik seperti lup atau kaca pembesar dan teleskop. Penggunaan kaca pembesar biasanya untuk mengamati benda-benda detail, seperti tulisan.

Alat bantu penglihatan lainnya juga bisa datang dari benda non optik, seperti pengaturan ukuran font serta alat bantu yang memberitahukan melalui suara. Pemilihan font dengan ukuran maksimal bisa membantu Anda untuk memastikan bahwa pesan teks dari seseorang sudah diterima dengan jelas. Sementara penggunaan alat bantu yang mengeluarkan suara untuk membuat telinga membantu mata.

Secara sederhana Anda juga bisa menggunakan navigasi di rumah, seperti membuat petunjuk dengan menggunakan tinta berwarna terang. Warna yang mencolok otomatis akan mudah meresap dalam ingatan Anda dan dengan sendirinya otak memproses untuk mudah mengerti apa yang dituliskan itu.

Sekarang ini sudah banyak teknologi yang bisa memudahkan kehidupan, termasuk untuk membantu penglihatan yang kurang. Jangan khawatir jika mengalami low vision dan sulit mengenali objek sebab Anda bisa menggunakan alat bantu elektronik, seperti layar pembesar.

Bisa Anda gunakan ketika menonton film atau sekadar membaca tulisan berupa tugas sekolah atau pekerjaan di email. Menderita low vision bukan berarti Anda tidak bisa menjalani atau menorehkan prestasi di berbagai bidang. Semua bisa asal berusaha.