Klinik Mata BekasiMata butuh aliran air mata dan kelembapan yang pas sehingga mampu bekerja dengan baik. Namun, segi dari lingkungan, situasi medis, penuaan, sampai masalah pada struktur mata mampu menghambat aliran air mata yang selanjutnya sebabkan mata jadi kering. Salah satu pengobatan yang dipercaya ampuh adalah dengan manfaatkan obat tetes untuk mata kering.

Apa saja pilihan obat tetes untuk mata kering?
Kondisi mata kering mampu mengganggu penglihatan dan sebabkan Anda kurang nyaman. Jangan langsung panik, karena Anda mampu langsung mengatasinya manfaatkan obat tetes untuk mata kering. Namun sebelumnya, kenali dulu obat tetes mata yang sesuai untuk situasi Anda.

Obat tetes untuk mata kering dengan pengawet
Pengawet di dalam obat tetes mata memiliki tujuan untuk menghambat tumbuhnya bakteri beresiko di dalam botol obat. Meski

begitu, obat ini tidak disarankan untuk digunakan lebih dari empat kali sehari. Beberapa orang mengeluhkan dampak samping bersifat iritasi. Itu sebabnya, hanya situasi mata kering ringan yang mampu manfaatkan obat tetes dengan pengawet.

Perhatikan, obat tetes mata yang mempunyai kandungan pengawet kebanyakan dikemas di dalam botol kecil. Selain itu, tanggal kedaluwarsanya terhitung masih memadai lama dari tanggal produksinya.

Obat tetes untuk mata kering tanpa pengawet
Obat tetes mata tanpa pengawet lebih disarankan bagi Anda yang mengalami mata kering kategori sedang sampai berat. Mengapa? Karena situasi mata kering parah mengharuskan Anda meneteskan obat lebih dari enam kali sehari. Sementara

jika manfaatkan obat tetes dengan pengawet, lama-lama mampu menyebabkan kerusakan sel-sel halus pada permukaan mata sampai sebabkan peradangan.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Mata Merah Yang Disarankan Medis

Obat tetes untuk mata kering yang tidak mempunyai kandungan pengawet kebanyakan dikemas di dalam tube yang benar-benar kecil. Setelah tube dibuka, obat ini kebanyakan bakal langsung kedaluwarsa di dalam pas 1-2 hari.

Apa bedanya obat tetes untuk mata kering dengan dan tanpa resep dokter?
Beberapa situasi mengharuskan Anda membeli obat bebas dari apotek atau dari resep dokter. Berikut perbedaannya:

Obat tetes mata yang dijual bebas (OTC)
Obat ini mempunyai kandungan humektan (zat yang mampu merawat kelembapan), pelumas, serta elektrolit. Pilihan obat tetes yang dijual bebas untuk mata kering mampu bersifat gel ataupun salep.

Obat tetes mata dari resep dokter
Seperti namanya, obat tetes ini hanya mampu diperoleh lewat resep dokter mata. Cyclosporine adalah salah satu misal obat tetes untuk mata kering dengan resep, manfaat mendukung membuat sembuh infeksi yang sebabkan mata kering. Aturan pakainya dua kali sehari dengan rentang 12 jam sesuai arahan dokter.

Pertimbangan sebelum saat memilih obat tetes mata kering
Tetes mata yang dibeli bebas atau dari resep dokter mempunyai kandungan bahan yang berbeda-beda. Selalu konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda untuk memperoleh obat tetes mata yang sesuai dengan situasi mata kering Anda. Masalah lainnya pada mata terhitung memilih obat tetes mata apa yang sesuai untuk Anda.