Klinik Mata Jakarta – Beberapa penyakit dapat memiliki beberapa mekanisme patogenetik yang mendasari sekaligus. Sebagai contoh, kelainan refraksi dapat terjadi akibat katarak awal yang dikombinasikan dengan pembengkakan lensa reversibel pada diabetes yang tidak terkontrol dengan baik. Pasien dengan kelainan tertentu yang menyebabkan penglihatan kabur (misalnya, lesi kornea akut, erosi, ulkus kornea, keratitis virus herpes simpleks, herpes zoster dengan keterlibatan okular, glaukoma berat) dapat memiliki gejala lain seperti nyeri okular dan kemerahan pada mata. Lebih baik segera melakukan pengobatan dengan pergi ke klinik gangguan mata.

Bisa saja kehilangan fokus penglihatan dikarenakan mengalami mata minus. Sehingga, salah satu pengobatan yang terbaik adalah dengan mendapatkan Ortho K. Selain itu, penyakit langka yang menyebabkan perkembangan penglihatan kabur termasuk neuropati optik herediter dan jaringan parut kornea akibat kekurangan vitamin A.

Mengapa Mata Saya Sulit Fokus pada Jarak Dekat?

Pemindaian masalah fokus penglihatan merupakan tanda kondisi yang parah. Namun, yang paling umum terjadi adalah akibat kelainan refraksi, seperti presbiopi dan hipermetropi.

Rabun jauh

Rabun jauh juga dikenal sebagai miopia. Ini adalah patologi di mana pembiasan pada mata dimulai. Selama peristiwa tersebut, gambar objek apa pun mulai fokus bukan pada retina tetapi di depannya. Itulah sebabnya seseorang dapat melihat dengan sempurna apa yang ada di depannya, tetapi mengalami kesulitan untuk fokus pada objek yang berjarak beberapa meter.

Selain fakta bahwa mata pasien tidak dapat fokus, ahli mata mencatat gejala miopia lainnya, seperti:

  • Nyeri mata
  • Nyeri di pelipis
  • Penglihatan yang buruk dalam gelap
  • Penurunan ketajaman penglihatan yang cepat
  • Penanganan miopia dapat meliputi lensa korektif transparan atau berwarna, kacamata, atau koreksi laser.

Silindris

Astigmatisme sering kali terjadi bersamaan dengan miopi (astigmatisme rabun) atau hipermetropi (astigmatisme hipermetropi). Astigmatisme dalam terjemahan dari bahasa Latin berarti tidak adanya titik fokus. Astigmatisme terjadi karena bentuk kornea yang tidak teratur (tidak bulat). Dalam keadaan normal, kornea dan lensa mata yang sehat memiliki permukaan yang bulat dan halus.

Pada astigmatisma, bentuk bola mata rusak. Kornea memiliki kelengkungan yang berbeda ke berbagai arah. Pada astigmatisme di meridian yang berbeda pada permukaan kornea, terdapat kekuatan refraksi yang berbeda yang mendistorsi gambar suatu objek ketika sinar cahaya melewati kornea tersebut.

Baca Juga: Ketahui Risiko dan Solusinya: Penglihatan Buram dan Perawatan Medis yang Dibutuhkan

Saat ini, terdapat tiga metode untuk mengoreksi astigmatisme:

  • Kacamata
  • Lensa kontak untuk astigmatisme
  • Koreksi laser excimer

Pencegahan Penyakit Mata

Kesehatan mata sangat bergantung pada kesehatan seseorang secara keseluruhan. Gaya hidup yang sehat akan membantu menjaga penglihatan yang baik. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan penglihatan:

  • Lindungi mata Anda dengan kacamata hitam
  • Pantau gula darah Anda
  • Kontrol tekanan darah dan kadar kolesterol
  • Makanlah makanan yang kaya akan antioksidan
  • Berhenti merokok dan alkohol
  • Beristirahatlah sejenak dari bekerja di depan komputer, membaca, dll.

Komputer sangat melekat dalam kehidupan modern, sehingga banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan monitor. Untuk mencegah perkembangan miopi dan penyakit mata lainnya, Anda harus membatasi waktu yang dihabiskan di depan monitor dan beristirahat secara teratur, serta pergi ke klinik gangguan mata untuk melakukan pengobatan. Jika Anda merasa penglihatan Anda tidak dapat fokus sepanjang hari kerja, cobalah latihan berikut ini:

  • Berpalinglah dari monitor dan berkediplah dengan intens 10 kali secepat mungkin.
  • Dengan mata tertutup, gerakkan bola mata mengikuti pola angka delapan, pertama secara horizontal, kemudian secara vertikal, masing-masing lima kali.
  • Pijat pelipis Anda di tepi mata dengan gerakan melingkar dengan ujung jari Anda (1-2 menit).

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik gangguan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik berbagai layanan mata yang berkualitas tinggi.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.