Klinik Mata BekasiBerenang bisa saja sanggup mulai sedikit sukar bagi orang-orang yang punyai mata minus. Pasalnya, orang bersama dengan penglihatan sehat dan normal sekali pun pandangannya dapat nampak buram ketika di di dalam air. Lantas, apa Anda terlalu perlu memakai kacamata renang minus sepanjang berenang?

Pakai kacamata renang minus, sebenarnya perlu tidak sih?

Pada mata yang normal, cahaya yang masuk perlu tepat jatuh di lensa mata dan kornea supaya gambar selanjutnya sanggup difokuskan oleh retina. Orang-orang bermata normal sanggup menyaksikan bersama dengan mengerti ketika di daratan karena cahaya tidak terhalangi atau terganggu oleh elemen apa pun di sekitarnya.

Nah ketika di di dalam air, pandangan yang normal sekali pun dapat memburam karena susunan optik kornea mata dan air punyai tingkat kekeruhan yang nyaris sama. Hal ini membuat pembiasan cahaya tidak sanggup terjadi, supaya penglihatan dapat buram ketika Anda sengaja terhubung mata di bawah air.

Bagi Anda yang punyai mata minus, pembiasan cahaya mata di daratan telah tidak tepat sedari awal. Cahaya yang masuk justru jatuh di depan retina mata supaya Anda tidak sanggup menyaksikan benda yang jaraknya jauh bersama dengan jelas. Masalah penglihatan ini sanggup dikoreksi bersama dengan memakai kacamata minus.

Maka serupa seperti ketika Anda memakai kacamata biasa untuk menyaksikan segala sesuatunya di daratan bersama dengan jelas, Anda perlu memakai kacamata renang minus kalau mendambakan berenang. Prinsipnya pun mirip. Mata Anda bekerja baik untuk memproses gambar kalau cahaya masuk ke mata tanpa rintangan berasal dari udara.

Ketika Anda memakai kacamata renang minus, Anda punyai “pembatas” berbentuk hawa di antara kornea dan kacamata. Jadi apalagi kalau cahaya berasal berasal dari bawah air, cahaya selanjutnya dapat pertama kali lewat hawa di sela-sela kacamata Anda pernah dan sesudah itu baru menggapai mata. Jadi, penglihatan Anda dapat nampak identik seperti ketika berada di atas tanah dan sanggup menyaksikan bersama dengan lebih baik.

Baca Juga : 3 Jenis Zat Gizi Yang Menjaga Kesehatan Mata Anda

Selain untuk menunjang Anda menyaksikan lebih jelas, memakai kacamata renang menjaga mata Anda berasal dari risiko iritasi paparan klorin yang sanggup membuat mata merah.

Apa tidak lebih baik memakai lensa kontak dan kacamata renang saja?

Tidak. Banyak orang yang menentukan untuk memakai lensa kontak minus dan lalu memakai kacamata renang biasa waktu berenang padahal ini tidak disarankan oleh Foods plus Drugs Administration (FDA), badan pengawas obat dan makanan di Amerika.

Ketika air kolam renang masuk ke di dalam kacamata, residunya sanggup menempel di susunan kontak lensa Anda supaya bakteri dan kuman berasal dari air selanjutnya sanggup masuk menginfeksi mata Anda.

Jika Anda seseorang yang bermata minus dan memadai sering berenang, tidak tersedia salahnya untuk berinvestasi pada kacamata renang minus yang berkwalitas baik. Kacamata renang kini telah banyak dijual di dalam bermacam pilihan desain dan fitur cocok kebutuhan, juga kacamata renang bersama dengan lensa minus.

Tips menentukan kacamata renang minus yang baik

Anda juga perlu memperoleh resep bersama dengan nilai yang serupa bersama dengan kacamata reguler Anda. Namun biasanya, skor minus kacamata renang bisa saja tidak setepat yang tersedia di kacamata baca atau lensa kontak.

Maka ketika berbelanja kacamata renang, pastikan Anda memberi mengerti situasi mata Anda dan berapa nilai minus kacamata Anda pada pramuniaga toko untuk dicarikan kacamata renang bersama dengan kisaran skor minus yang paling mendekati. Kacamata renang minus banyak dijual bersama dengan lensa ukuran -1,5 sampai -10,0 dan punyai kelipatan 0,5.

Setelah memperoleh kacamata renang bersama dengan lensa minus yang tepat, Anda juga perlu mengerti ukuran dan cara pakainya yang benar. Kacamata yang terlalu longgar atau cara keliru memasangnya dapat membuat air mengalir masuk ke di dalam area lensa. Hal ini tidak cuma mengganggu penglihatan Anda, juga berisiko membuat iritasi.

Carilah desain kacamata yang cocok bersama dengan style dan bentuk muka Anda. Kacamata renang bersama dengan potongan hidung sempit kebanyakan bertujuan untuk anak-anak dan remaja untuk menunjang menjaga bentuk dan posisi kacamata renang di mata stabil dan tidak berpindah.

Kemudian, teliti warna lensanya dan cari yang cocok kebutuhan. Lensa kacamata renang yang berwarna sedikit gelap cocok untuk digunakan waktu berenang siang-siang untuk menjaga mata Anda berasal dari silau cahaya matahari berlebih.

Terakhir, kacamata renang tawarkan tiga style tali. Ada tali tunggal, tali ganda, atau tali tunggal yang terpisah cocok kebutuhan dan kenyamanan Anda waktu memakainya.