Vision Therapy – Keterampilan visual yang buruk dapat menghambat kemampuan seseorang dalam menjalani aktivitasnya. Kemampuan penglihatan memiliki peran yang sangat penting bagi setiap orang dalam menjalankan berbagai aktivitasnya. Ketika seseorang mengalami masalah pada penglihatannya, tentu hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kehidupannya.

Tidak hanya itu, keterampilan penglihatan atau visual yang buruk juga dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk dapat berkonsentrasi dan fokus dengan baik. Solusi untuk meningkatkan keterampilan visual anda yaitu dengan vision therapy.

Apa itu Vision Therapy?

Vision therapy atau terapi penglihatan merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan visual seseorang. Vision therapy dapat mengembangkan keterampilan penglihatan secara efektif. Dan secara khusus, program ini menawarkan hasil terbaik untuk meningkatkan keterampilan membaca, pemahaman visual, mempertahankan rentang perhatian yang lebih lama hingga meningkatkan kinerja olahraga. Ini merupakan metode perawatan non bedah yang membantu mengembangkan fungsi visual melalui serangkaian aktivitas latihan dengan penggunaan berbagai alat optik.

Siapa yang Membutuhkan Vision Therapy?

Vision therapy ditujukan untuk mengatasi masalah atau gangguan penglihatan tertentu. Beberapa gangguan terkait dengan penglihatan yang mungkin membutuhkan vision therapy atau terapi penglihatan, meliputi:

Anak-anak yang memiliki masalah ketidakmampuan belajar

Pada kebanyakan kasus masalah belajar dan membaca yang mempengaruhi kemampuan belajar anak, disebabkan oleh keselarasan mata yang tidak tepat. Melalui vision therapy, anak dengan masalah belajar akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan visual yang berkaitan dengan kemampuan belajar. Seperti kemampuan dalam membaca, berbicara, dan mengeja, sehingga mampu meningkatkan prestasinya di sekolah.

Orang dengan kelainan refraksi

Mata memproses gambar dengan cara yang mirip dengan kamera. Cahaya, fokus, dan proses yang dikenal sebagai pembiasan semuanya bekerja sama untuk menafsirkan gambar dengan benar. Jika ada kelainan refraksi, yaitu bentuk kornea tidak beraturan, maka seseorang dapat mengalami rabun jauh (miopi), rabun dekat (hiperopia), dan astigmatisme. Mereka yang lebih tua juga dapat terkena presbiopi (kesulitan membaca karena usia tua). Vision therapy mampu mengoreksi penglihatan yang buruk akibat kelainan refraksi secara optimal.

Baca Juga: Penting, Ketahui Kondisi yang Menjadi Penyebab Low Vision

Mereka yang sangat bergantung pada penglihatan

Setiap orang tentu membutuhkan penglihatan yang baik, tetapi sebagian yang lain sangat membutuhkannya lebih. Beberapa profesi sangat bergantung pada penglihatan yang baik, seperti ahli bedah dimana pekerjaannya sangat bergantung pada akurasi dan presisi. Vision therapy menjadi alternatif terbaik bagi mereka yang sangat bergantung pada penglihatan. Karena dengan vision therapy anda bisa meningkatkan keterampilan visual dasar dan efisiensinya. Serta mengubah cara mata dan otak memproses gambar atau memproses informasi visual dengan hasil yang lebih maksimal.

Bagaimana Vision Therapy Bekerja?

Vision therapy atau terapi penglihatan akan melatih mata dan otak kita untuk bekerja sama. Sistem visual terdiri dari mata dan otak, serta bagaimana keduanya bekerja bersama dalam memproses informasi visual. Kemampuan otak dan mata untuk bekerja sama memiliki dampak yang signifikan terhadap proses belajar baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Baik membaca kata-kata di papan tulis, di buku, menangkap bola, atau bahkan hanya mempertahankan perhatian sepanjang hari. Mereka mengandalkan interaksi otak atau mata untuk berfungsi secara efektif agar berhasil di sekolah dan dalam olahraga.

Vision therapy akan mengembangkan dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan visual dasar yang anda miliki. Program tersebut mengarah pada peningkatan kenyamanan visual dan pemrosesan informasi visual yang lebih ditingkatkan. Ketika mata dan otak belajar bekerja sama sebagai sebuah tim yang sangat baik, maka fungsi visual juga semakin meningkat.

Program ini terdiri dari serangkaian latihan visual yang disesuaikan dengan kebutuhan visual setiap pasien. Sebagai bagian dari proses terapeutik, bisa digunakan berbagai alat, seperti lensa khusus, prisma, patch, filter, papan keseimbangan, dan simulasi digital.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.