Vio Optical Clinic – Pemeriksaan mata komprehensif secara berkala oleh spesialis mata pada pusat terapi mata sangat penting untuk memantau kesehatan mata Anda dan mendiagnosis masalah yang dicurigai. Pemeriksaan posisi masing-masing mata dan gerakannya akan mengungkapkan mata juling atau bentuk strabismus lainnya. Pemeriksaan dapat mencakup bagian-bagian ini:

  • Bagan mata menggunakan huruf-huruf dengan ukuran yang semakin mengecil untuk menentukan ketajaman penglihatan Anda dari jarak jauh.
  • Retinoskop memproyeksikan seberkas cahaya tipis ke dalam mata. Ketika digunakan dengan dial lensa yang berputar (disebut phoropter), spesialis mata akan mengukur kelainan refraksi seperti rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme.
  • Pemeriksaan dengan mikroskop lampu celah pada permukaan setiap mata. Alat yang sama digunakan untuk memeriksa struktur internal mata. Dengan cara ini, perubahan pada kornea dan lensa yang jernih dapat diidentifikasi.
  • Tekanan di dalam mata diukur dengan menggunakan salah satu dari beberapa alat.
  • Pemeriksaan dengan oftalmoskop dapat menunjukkan kelainan pada retina, makula, saraf optik, dan struktur lain di dalam mata.
  • Obat tetes mata yang melebarkan mata dapat diberikan agar dokter dapat melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Tujuan pelebaran adalah untuk membuka pupil atau “jendela” agar lensa, retina, dan saraf optik dapat dilihat dengan lebih baik. Meskipun hal ini dapat menyebabkan kekaburan sementara, namun ini merupakan evaluasi yang sangat penting. Biasanya, kacamata hitam diberikan pada akhir pemeriksaan untuk membantu melindungi mata dari sensitivitas setelah pelebaran sampai efeknya hilang.

Apa Saja Perawatan untuk Masalah Penglihatan?

Jika pemeriksaan rutin mengindikasikan bahwa Anda memiliki kelainan refraksi, maka pengobatan konvensional adalah dengan menggunakan kacamata korektif atau lensa kontak. Ada sebagian besar orang memakai lensa korektif. Dalam banyak kasus, ada sebagian memanfaatkan lensa Ortho K yang mana sangat memudahkan pasien yang mengalami mata minus.  Pengobatan konvensional untuk kelainan seperti rabun jauh, rabun dekat, dan silindris biasanya bergantung pada lensa korektif, termasuk Ortho K.

Gangguan seperti katarak, glaukoma, degenerasi makula, dan ablasio retina memerlukan penanganan medis dan bedah yang lebih canggih. Kemajuan besar dalam pusat terapi mata telah dicapai selama beberapa dekade terakhir. Banyak orang dengan masalah mata yang sebelumnya dianggap tidak dapat diobati, kini dapat menikmati penglihatan yang lebih baik dan kualitas hidup yang lebih baik. Hal ini berlaku untuk semua orang dari segala usia, mulai dari bayi hingga lansia!

Baca Juga: Berbagai Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mata

Untuk menangani rabun jauh, spesialis mata Anda biasanya akan meresepkan lensa untuk memfokuskan gambar visual dengan benar pada retina. Tergantung pada pemeriksaan mata Anda, Anda mungkin akan diberikan pilihan antara menggunakan kacamata konvensional atau lensa kontak, maupun Ortho K.

Namun, selain itu ebagai alternatif dari lensa korektif, pembedahan terkadang dapat dilakukan untuk mengatasi rabun jauh. Perawatan laser excimer (seperti LASIK) menggunakan sinar laser untuk mengangkat jaringan mikroskopis dari kornea. Tindakan ini secara efektif meratakan atau menajamkan kornea sesuai kebutuhan, sehingga sinar cahaya dapat fokus dengan benar pada retina. LASIK aman dan efektif untuk sebagian besar pasien rabun jauh, tetapi hanya sampai tingkat tertentu.

Beberapa pasien dengan kornea tipis, rabun jauh yang ekstrem, atau mata kering yang signifikan mungkin lebih baik dilayani dengan varian LASIK yang disebut PRK, atau mereka mungkin tidak cocok untuk menjalani laser. Terdapat pilihan lanjutan untuk pasien-pasien ini, termasuk koreksi bedah dengan lensa kontak implan.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.