Ortho K – Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini kita mengenal metode koreksi bias non bedah ortho-k. Metode orthokeratology atau yang sering disebut sebagai ortho-k adalah bentuk koreksi penglihatan yang aman, reversibel, non-invasif dan non-bedah. Bahkan, metode koreksi penglihatan ini tersedia bagi orang dewasa dan anak-anak yang memiliki masalah penglihatan akibat dari adanya kelainan refraksi. Bagaimana ortho-k bekerja dan apa saja keunggulan, simak melalui penjelasan berikut.

Apa Itu Ortho-K?

Ortho-k adalah lensa kontak khusus malam hari yang dikenakan saat tidur untuk mengembalikan penglihatan yang jernih tanpa kacamata. Anda mungkin pernah mendengarnya sebagai lensa malam pembentuk kornea. Ortho-k adalah teknologi revolusioner dalam pembentukan kembali kornea yang tepat.  Lensa kontak kaku ini disesuaikan yang mana secara perlahan dan dengan lembut membentuk kembali permukaan depan mata, seperti bagaimana kawat gigi membentuk gigi.

Orthokeratology (ortho-k) melibatkan proses pemasangan lensa kontak permeable gas yang dirancang khusus untuk dipakai semalaman. Saat anda tidur, lensa ini dengan lembut membentuk kembali kornea atau permukaan depan mata anda sehingga dapat memperbaiki penglihatan dengan jelas keesokan harinya. Lensa ortho-k juga disebut sebagai lensa kontak pembentukan kembali kornea atau lensa kontak semalam untuk mengoreksi atau mengontrol miopia. Metode ini adalah alternatif yang bagus untuk seseorang yang tidak ingin memakai lensa kontak atau kacamata di siang hari, dan lebih suka menghindari operasi mata. Proses pemakaian lensa ortho-k membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan rabun jauh, rabun dekat, presbiopia dan astigmatisme.

Bagaimana Cara Kerja Ortho-K?

Lensa ortho-k secara individu dirancang khusus untuk membentuk kornea mata saat anda memakainya semalaman. Proses ini menggunakan kekuatan cairan air mata di bawah lensa untuk membentuk kembali kornea ke bentuk lensa. Untuk pengobatan miopia, lensa menghasilkan kornea tengah yang lebih datar dan mempertajam kornea perifer, mengoreksi rabun jauh dengan mengurangi kekuatan mata. Untuk hiperopia dan presbiopia, desain geometri terbalik dari lensa kontak mempertajam kornea tengah dan meratakan kornea perifer, mengoreksi rabun jauh dengan meningkatkan kekuatan mata.

Baca Juga: Pembahasan Mendalam tentang Mata Minus dan Gejalanya

Perbaikan penglihatan biasanya bisa dilihat keesokan harinya. Efeknya menjadi stabil setelah kira-kira satu minggu. Dengan daya minus yang tinggi (miopia di atas -6.00D), stabilisasi dapat memakan waktu dua hingga empat minggu. Lensa Ortho-k sangat nyaman untuk digunakan bahkan ketika anda tidur di malam hari. Karena lensa Orthokeratology dipakai pada malam hari, lensa ini terbuat dari bahan yang dapat menyerap oksigen tinggi.

Tujuan akhir dari semua pasien Ortho-k adalah meningkatkan kualitas hidup mereka, menikmati banyak aktivitas dalam hidup tanpa perlu kacamata siang hari dan lensa kontak. Untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun, lensa ini bertujuan untuk meminimalkan perkembangan miopia dengan penggunaan Ortho-k. Untuk orang dewasa, ortho-k bertujuan untuk memberikan kebebasan kacamata serta meningkatkan kesehatan mata anda dibandingkan dengan pemakaian lensa kontak pada siang hari.

Proses pembersihan yang efektif sangat penting untuk memastikan pemakaian lensa ortho-k yang nyaman, higienis, dan bebas infeksi. Dengan pembersihan yang benar, lensa akan terasa lebih baik di mata anda, memungkinkan kesehatan mata dan penglihatan lebih baik, dan mengurangi risiko infeksi. Selalu bersihkan lensa anda setelah dipakai, dan jangan pernah bilas lensa anda dengan air kran. Karena mikroorganisme berlimpah dalam air ledeng dan dapat menyebabkan infeksi yang parah, menyakitkan, dan mengancam penglihatan.

Apabila anda membutuhkan layanan orthokeratology (ortho-k), Vio Optical Clinic adalah pilihan terbaik. Dengan prosedur pemeriksaan secara menyeluruh, kami memberikan layanan kesehatan mata terbaik untuk anda. Vio Optical Clinic didukung oleh staff professional dan peralatan medis yang lengkap. Segera hubungi atau kunjungi Vio Optical Clinic untuk mendapatkan layanan kesehatan mata terbaik bagi anda dan keluarga.