Ortho K – Miopia atau rabun jauh dapat dialami oleh setiap orang di era digital seperti sekarang ini. Tanpa disadari kebiasaan menatap layar komputer ataupun smartphone anda, memberikan dampak pada risiko terjadinya miopia. Khususnya bagi anak-anak dan remaja yang gemar bermain gadget dimana risiko miopia semakin meningkat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang cukup serius pada mata, seperti ablasi retina apabila tidak segera ditangani dengan baik. Perlindungan dari meningkatnya risiko miopia atau rabun jauh diperlukan demi kesehatan mata. Karena penglihatan anda adalah jendela dunia, maka sangatlah penting untuk menjaga mata agar tetap sehat dan memiliki visual yang jelas.

Apa Itu Miopia Atau Miopi?

Miopia atau rabun jauh merupakan kondisi dimana anda bisa melihat dengan jelas dari dekat, namun buram ketika melihat objek yang jauh. Visual yang buram tersebut disebabkan oleh kornea mata anda yang terlalu panjang. Sehingga gambar yang dilihat tidak lagi digambarkan pada retina, tetapi di depannya dan menghasilkan visual yang kurang jelas. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan adanya koreksi bias untuk memiliki ketajaman visual yang baik.

Miopia seringkali memiliki tingkat progresif yang tinggi terutama di kalangan anak-anak. Perkembangan miopia biasanya terjadi pada masa pertumbuhan anak yakni antara usia 6 hingga 17 tahun. Miopia yang terus mengalami peeningkatan dapat menimbulkan risiko penyakit mata yang lebih parah. Berikut ini masalah yang akan timbul dengan risiko miopia yang tinggi:

  1. Risiko katarak yang meningkat

Katakarak merupakan engaburan lensa mata yang membuat penglihatan anda kurang tajam. Tanpa adanya perawatan yang tepat, maka hal tersebut dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang lebih parah.

  1. Peningkatan risiko glukoma

Glukoma menyebabkan peningkatan tekanan mata yang dapat merusak saraf optik. Dengan tekanan mata yang terus meningkat, serabut saraf optik secara bertahap mati, menyebabkan bagian-bagian dari bidang luar penglihatan menghilang. Hal tersebut menyebabkan gangguan penglihatan dan bahkan kebutaan.

  1. Risiko tinggi ablasi retina

Risiko yang lebih parah adalah terjadinya ablasi retina. Kegagalan untuk merawat ablasi retina menyebabkan gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan.

Baca Juga: Tahukah Anda Risiko Mata Minus untuk Menentukan Terapi Mata Minus Yang Tepat?

Apa Itu Orthokeratology

Orthokeratology adalah metode perawatan menarik yang telah ada sejak tahun 1970-an untuk memperbaiki kesalahan bias menggunakan lensa khusus. Orthokeratology yang seringkali disebut dengan ortho-k, merupakan lensa kontak gas-permeabel yang dirancang khusus dengan lembut mengubah bentuk permukaan kornea saat anda tidur. Keesokan harinya anda dapat melihat dengan jelas ketika lensa ortho-k dilepas. Bagi anda yang beraktifitas sepanjang hari, anda tidak perlu menggunakan lensa korektif seperti kacamata lagi, karena visual yang jelas akan anda dapatkan tanpa bantuan kacamata. Proses ini dapat memperbaiki gangguan penglihatan seperti miopia, astigmatisme, rabun dekat, dan juga presbiopia. Ortho-k seringkali digunakan pada anak-anak dan remaja untuk mengontrol perkembangan miopia atau rabung jauh yang dialaminya.

Peran Ortho-K dalam Mengatasi Miopia

Orang dengan miopia rendah hingga sedang dapat menjadi kandidat untuk perawatan ortho-k.  Atlet olahraga, orang-orang yang bekerja di lingkungan berdebu dan bermasalah memakai lensa kontak, orang-orang yang belum memenuhi syarat untuk operasi laser juga dapat menggunakannya. Lensa ortho-k telah dikembangkan untuk secara progresif dan bertahap membentuk kembali permukaan pusat kornea guna mengurangi miopia. Berbeda dengan operasi laser, ortho-k lebih bersifat reversibel. Lensa ortho-k sangat aman bila diadaptasi dan diimplementasikan dengan benar. Banyak orang dapat menghilangkan kecanduan mereka terhadap kacamata atau lensa kontak konvensional tanpa efek samping atau cedera mata. Selain itu, ortho-k dapat digunakan untuk menghentikan miopia, memperlambat perkembangan dan memperbaiki kesalahan refraksi lainnya.

Anda membutuhkan lensa ortho-k untuk solusi miopia? Segera kunjungi atau hubungi klinik kesehatan mata terpercaya Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan terbaik dengan pemeriksaan secara menyeluruh didukung oleh para staff professional. Vio Optical Clinic juga dilengkapi dengan berbagai peralatan medis canggih untuk mendukung dalam pelayanan kesehatan mata secara optimal.