Ortho Keratology – Mata adalah indera penglihatan yang meemiliki peran sangat penting. Setiap orang membutuhkan indra penglihatan untuk melihat keadaan lingkungan sekitar. Tidak hanya itu saja, mata sebagai indra penglihatan juga berfungsi sebagai sarana untuk mendapatkan informasi di dalam kehidupan sehari-hari. Namun kurangnya perhatian dalam menjaga kesehatan mata telah menyebabkan banyak orang yang mengalami berbagai masalah penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat dan silinder. Untuk mengembalikan fungsi penglihatan dengan baik, tidak sedikit yang memerlukan alat bantu optik, seperti kacamata atau lensa kontak. Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti terlalu lama menggunakan laptop dan smartphone, melihat TV terlalu dekat, cahaya yang kurang saat membaca, dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan mata. Gangguan mata yang seringkali dialami seseorang adalah rabun jauh (miopi) atau yang disebut dengan mata minus oleh orang awam.

Mata minus sebagai gangguan kesehatan mata dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk melihat benda dalam jarak jauh. Proses menghalangi objek bermula dari sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke dalam mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata yang normal, lensa mata dan kornea akan membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat pada retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak dapat fokus pada retina. Hal tersebut disebabkan oleh kornea yang terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga, ketika seseorang melihat objek dari jarak jauh, objek tersebut akan terlihat tidak focus atau kabur. Salah satu langkah dalam mengatasi masalah mata minus adalah dengan ortho keratology, dimana akan membentuk ulang kornea agar dapat berfungsi dengan baik.

Mengenal Ortho Keratology

Ortho keratology atau yang dapat disingkat dengan ortho k merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengoreksi kelainan dalam penglihatan seperti mata minus. Metode tersebut bekerja dengan membentuk ulang struktur kornea pada mata pasien untuk mengembalikan fungsi penglihatan dengan baik. Pembentukan ulang kornea ini dilakukan dengan menggunakan lensa kontak RGP (Rigid Gas Permeable). Lensa kontak khusus tersebut akan memengaruhi struktur bentuk kornea agar lebih sempurna. Seiring dengan perkembangan jaman Ortho keratology juga ditingkatkan ke dalam tingkatan yang lebih baik. Lensa kontak ortho keratology sekarang ini dilengkapi dengan selaput udara sehingga memudahkan oksigen untuk masuk ke dalam mata. Terapi Ortho keratology bertujuan untuk memperbaiki kelainan refraksi atau menurunkan ukuran mata minus pada seseorang. Selain itu, Ortho keratology juga dapat menghambat perkembangan miopi atau mana minus pada anak-anak.

Baca Juga: Keunggulan Ortho K Untuk Mengatasi Permasalahan Mata Minus

Ortho keratology menjadi alternatif guna menurunkan mata minus bahkan menjadi solusi bagi mereka yang ingin sekali lepas kacamata ataupun yang tidak mau menggunakan lensa kontak. Terapi Ortho keratology juga direkomendasikan untuk mengoreksi masalah penglihatan yang terjadi pada anak-anak. Ortho keratology membantu mengembalikan fungsi penglihatan dengan pembentukan ulang kornea secara bertahap. Kornea merupakan lapisan bening pada permukaan mata yang berbentuk seperti kubah yang memfokuskan cahaya ke retina dan bertanggung jawab pada kemampuan mata untuk fokus. Lapisan kornea bersifat sangat fleksibel sehingga dapat dibenahi melalui terapi Ortho keratology. Lensa kontak Ortho keratology juga sangat praktis dalam pemakainya, hanya digunakan pada malam hari dan dilepas pada keesokan harinya sebagai proses terapi penglihatan.

Prosedur Ortho Keratology

Dalam terapi Ortho keratology ini, beberapa prosedur perlu untuk diketahui dengan baik guna hasil yang optimal. Prosedur pertama adalah melakukan pemeriksaan pemetaan kornea dengan alat Corneal Topography. Kemudian tenaga medis akan mendesain secara khusus lensa kontak Ortho keratology yang sesuai dengan bentuk kornea mata pasien. Sehingga lensa kontak Ortho keratology akan sangat nyaman pada saat dikenakan. Pemakian lensa kontak ini cukup di malam hari ketika seseorang beristirahat. Namun batas minimum pemakaian lensa kontak Ortho keratology adalah 8 jam. Barulah pada keesokan harinya lensa kontak Ortho keratology dapat dilepas. Anda dapat beraktifitas tanpa menggunakan alat bantu optic seperti kacamata ataupun lensa kontak.

Lensa Ortho keratology bekerja dengan memipihkan atau meratakan bagian tengah kornea, mengubah cahaya yang bengkok saat memasuki mata. Jenis lensa kontak ini adalah Rigid Gas Permeable (RGP) yang bersifat cukup kuat untuk membentuk ulang kornea. Dilengkapi dengan selaput udara sehingga memudahkan oksigen untuk masuk ke mata dan tidak menyebabkan iritasi seperti mata merah. Anda tetap nyaman dengan menggunakan lensa kontak Ortho keratology pada saat tidur.

Apabila anda membutuhkan lensa Ortho keratology yang berkualitas sebagai terapi mata minus, maka Vio Optical adalah solusi yang tepat. Vio Optical memberikan pelayanan terbaik dengan staff yang professional, alat medis dan pemeriksaan lengkap, jaminan garansi terpercaya. Segera hubungi Vio Optical dengan klik di sini untuk mendapatkan layanan kesehatan mata Ortho keratology secara profesional dan percaya.