Klinik Mata JakartaSakit kepala adalah keluhan kebugaran yang paling lazim dan memiliki banyak wujudnya. Pada beberapa kasus, parahnya nyeri sakit kepala sampai jadi ke mata. Sehingga mata Anda menjadi turut jadi sakit sampai berdenyut. Lantas, apa saja bisa saja penyebabnya? Kapan wajib pergi ke dokter?

6 penyebab sakit kepala yang sanggup jadi sampai ke mata
Ada beberapa suasana kebugaran yang sebabkan kepala sakit sampai jadi sampai ke mata. Misalnya, migrain, cluster headache, sinus, dan suasana kebugaran lainnya. Simak penjelasan lengkapnya berikut.

1. Sakit kepala cluster

Sakit kepala yang satu ini adalah urutan dari rasa sakit di kepala yang keluar sebentar tapi berjalan berulang dan bertahap. Jenis sakit kepala yang satu ini sanggup bertahan selama 15 menit sampai lebih dari satu jam didalam sekali kemunculannya.

Rasa yang ditimbulkan oleh sakit kepala cluster menimbulkan sensasi layaknya ditusuk-tusuk di daerah belakang salah satu mata Anda. Maka dari itu, sakit kepala ini terhitung yang sanggup sebabkan rasa sakit jadi sampai ke mata.

Gejala yang bisa saja berjalan waktu Anda mengalaminya adalah mata merah, mata bengkak, atau mata yang berkelanjutan mengeluarkan air. Saat sakit menyerang, rasa sakitnya sanggup sebabkan Anda tidak sanggup diam dan akan terus bergerak.

Rasa sakit yang ditimbulkannya sanggup berjalan beberapa kali tiap tiap hari selama berminggu-minggu. Namun, suasana ini sanggup saja menghilang selama berbulan-bulan sebelum saat lantas keluar kembali.

Meski terhitung jarang dialami, bukan bermakna suasana ini tidak bisa saja berjalan sama sekali. Para pria, khususnya yang kerap konsumsi alkohol dan merokok memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk merasakan sakit kepala ini dibanding wanita.

2. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang atau yang dikenal dengan tension headache adalah salah satu style sakit kepala yang paling lazim terjadi. Sakit kepala tegang disebabkan oleh kontraksi otot lebih kurang kepala dan leher yang berlebihan. Ketegangan otot ini sanggup dipicu oleh beberapa suasana layaknya makanan, aktivitas fisik berat, dan stres.

Jenis sakit kepala yang satu ini ternyata terhitung sanggup menjadi penyebab sakit kepala yang jadi sampai ke mata. Mengapa? Pasalnya sakit kepala tegang biasanya menimbulkan rasa sakit di ke dua sisi kepala sampai ke belakang mata.

Rasa sakit yang keluar biasanya menambahkan sensasi layaknya kepala diikat dengan kencang atau terkandung tekanan di bagian dahi. Selain itu, rasa sakit ini terhitung sanggup ditandai dengan kulit kepala yang jadi lunak dan rasa sakit di daerah leher dan dahi.

Sakit kepala tegang terhitung sanggup menimbulkan rasa sakit tak berkesudahan yang bisa saja bertahan jadi dari 20 menit sampai berjam-jam lamanya. Rasa sakit ini terhitung sanggup berjalan sampai berhari-hari.

Namun, sakit kepala tegang baru sanggup diakui parah kecuali sudah berjalan lebih dari 15 hari didalam kurun waktu tiga bulan berturut-turut. Sebenarnya siapa saja sanggup mengalami sakit kepala yang satu ini, tapi perempuan lebih rentan mengalaminya.

3. Migrain

Sakit kepala sampai ke mata terhitung sanggup diakibatkan oleh migrain. Pasalnya, migrain yang terhitung dikenal sebagai sakit kepala sebelah ini sanggup berawal dari rasa sakit di lebih kurang mata dan pelipis. Lalu, rasa sakitnya sanggup menyebar sampai ke belakang kepala Anda. Maka dari itu, rasa nyeri sanggup terpusat di daerah mata.

Jika Anda mengalami sakit kepala yang sampai jadi sampai ke mata ini, Anda bisa saja merasakan rasa sakit yang terlampau sangat. Bahkan, rasa sakitnya sanggup sebabkan Anda tidak sanggup fokus atau melaksanakan aktivitas sehari-hari layaknya biasanya.

Migrain terhitung sanggup disertai dengan aura, yakni ada kilatan sinar waktu Anda menatap sebuah objek. Aura kerap kali keluar pas sebelum saat sakit kepala sebelah menyerang. Selain itu, waktu migrain Anda terhitung bisa saja merasakan gejala lain, layaknya mual, hidung berair, atau tersumbat. Anda terhitung sanggup saja menjadi lebih peka pada cahaya, suara, atau bau.

Baca Juga :

Hati-hati, Sembarang Minum 4 Obat Ini Dapat Merusak Saraf Mata

Sakit kepala migrain biasanya terbentuk secara bertahap, tapi akan jadi makin lama parah tiap tiap harinya. Rasa sakit ini sanggup bertahan selama beberapa jam sampai beberapa hari. Tetapi, bukan bermakna sakit ini tidak sanggup dicegah. Anda sanggup melakukannya dengan kurangi rutinitas yang bisa saja sebabkan terjadinya migrain, seperti:

  • stres
  • paparan sinar yang terlampau banyak dan terlampau sering
  • kurang tidur
  • paparan suara yang terlampau bising
  • makanan atau minuman tertentu, layaknya alkohol, cokelat, atau MSG
  • melewatkan waktu makan

4. Sakit kepala sinus

obat sinusitis
Infeksi sinus ternyata terhitung sanggup sebabkan sakit kepala yang jadi sampai ke mata. Infeksi sinus atau sinusitis adalah peradangan yang berjalan pada jaringan yang terkandung pada sinus. Peradangan yang berjalan sanggup sebabkan sakit kepala akibat berjalan penyumbatan pada saluran pernapasan. Rasa sakit yang keluar biasanya sebabkan kepala layaknya berdenyut-denyut.

Tidak hanya itu, infeksi sinus terhitung sanggup sebabkan rasa sakit di daerah mata, hidung, dahi, pipi, sampai gigi bagian atas. Saat mengalaminya, Anda sanggup saja terserang demam dan hidung Anda memproduksi lendir yang kental.

Sayangnya, gara-gara memiliki gejala yang mirip, sinusitis kerap kali diakui sakit kepala migrain dan begitu pula sebaliknya. Padahal, sinusitis tidak sebabkan rasa mual atau mengidamkan muntah. Sinusitis terhitung tidak sebabkan Anda lebih peka pada sinar dan suara.

Sinusitis baru keluar kecuali berjalan infeksi pada saluran pernapasan atas atau flu. Gejala ini biasanya ditunjukkan dengan ada lendir yang kental dan tidak berwarna, kebolehan indera penciuman berkurang, dan salah satu pipi Anda jadi sakit.

Kondisi ini sanggup ditandai dengan rasa letih berlebih dan rasa sakit yang jadi makin lama parah waktu Anda sedang berbaring. Sakit kepala yang berjalan gara-gara penyakit sinus biasanya bertahan lebih lama dari sakit kepala migrain.

Jika Anda mengidamkan terbebas dari rasa sakitnya, Anda sanggup menanggulangi infeksi sinus yang Anda alami. Dengan mengatasinya, gejala yang timbul akibat infeksi pun perlahan akan menghilang.

5. Penyakit mata lelah

jenis style stroke mata
Meski bukan salah satu style sakit kepala, penyakit mata letih terhitung sanggup menimbulkan rasa sakit di mata yanberujung pada sakit kepala. Pasalnya, suasana ini sanggup sebabkan otak dan mata bekerja sama sebabkan problem penglihatan yang sebabkan kepala turut jadi sakit.

Kondisi ini biasanya berjalan akibat mata yang bekerja terlampau keras. Misalnya, lihat televisi terlampau lama, menatap layar komputer selama berjam-jam, atau wajib fokus memandang jalanan didalam kurun waktu yang lama waktu berkendara ke luar kota.