Klinik Mata BekasiMata kabur adalah hilangnya ketajaman penglihatan dan ketidakmampuan untuk memandang suatu benda secara mendetail. Mata kabur merupakan keluhan visual yang paling umum terjadi. Namun, Anda termasuk wajib waspada jikalau mengalami keluhan mata kabur, barangkali hal berikut berarti penyakit lain yang lebih serius.

Kondisi mata kabur kebanyakan mempengaruhi satu atau kedua mata terkait penyebabnya. Dalam lebih dari satu kasus, penglihatan kabur dapat disertai bersama tanda-tanda lain terhadap tidak benar satu atau kedua mata. Gejalanya meliputi kepekaan terhadap cahaya (photophobia), nampak bintik-bintik waktu memandang objek (floaters), nyeri terhadap mata,

kotoran mata yang berlebihan, mata kering, mata gatal, penglihatan memburuk di malam hari, meningkatnya memproduksi air mata, atau perdarahan di mata. Pandangan kabur termasuk dapat menjadi tanda-tanda beragam suasana yang secara tidak segera melibatkan mata, seperti migran atau stroke. Terkadang, mata kabur atau penglihatan menurun termasuk dapat terjadi sesudah melahirkan.

Penyebab Mata Kabur dan Kondisi yang Mendasarinya

Berbagai Penyebab Mata Kabur
Penyebab mata kabur yang paling umum adalah kelainan refraksi mata, seperti rabun dekat, rabun jauh, presbiopi, dan astigmatisme. Mata kering menjadi tidak benar satu faktor lain yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Hal ini

dikarenakan, mata tidak dapat memproduksi air mata seperti seharusnya, agar tidak dapat memelihara dan melumasi permukaan mata. Apabila suasana ini tidak segera diobati, akan menyebabkan pandangan menjadi kabur. Mata kabur dapat termasuk disebabkan oleh suasana seperti mata merah dan iritasi mata.

Simak lebih dari satu penyebab mata kabur di bawah ini:

Gangguan mata refraktif
Kondisi di mana seseorang perlu perlindungan kacamata agar dapat memandang jarak jauh atau pun dekat. Kondisi ini dapat terjadi gara-gara perubahan bentuk bola mata, bentuk kornea, atau terkandung problem lensa mata.

Katarak
Katarak adalah suasana yang menyebabkan bagian lensa mata menjadi buram dan menghambat cahaya meraih retina, agar menyebabkan penglihatan mata menjadi kabur.

Glaukoma
Glaukoma merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh tekanan berlebih terhadap bola mata, yang menyebabkan saraf mata menjadi rusak secara permanen.

Infeksi mata
Biasanya infeksi mata terjadi akibat virus, bakteri, atau jamur yang masuk ke dalam mata. Infeksi ini dapat terjadi gara-gara cedera mata atau tertular berasal dari orang lain. Contoh penyakit infeksi mata yang paling umum adalah konjungtivitis. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Meski kebanyakan tidak serius, namun konjungtivitis enteng menular dan terkadang dapat menyebabkan pandangan mata menjadi kabur.

Penggunaan lensa kontak
Lensa kontak yang kotor dan rusak dapat menyebabkan penglihatan menjadi terganggu. Pemakaian dan perawatan lensa kontak yang tidak benar dapat menyebabkan luka dan infeksi terhadap kornea mata (keratitis).

Penderita diabetes
Jika Anda mengalami diabetes tipe 1 atau tipe 2, Anda berisiko terkena retinopati diabetik. Pada suasana ini, terjadi kerusakan terhadap pembuluh darah dan saraf di retina mata, agar pandangan mata menjadi kabur.

Tekanan darah tinggi
Memiliki tekanan darah tinggi tidak hanya menyebabkan stroke, namun termasuk menyebabkan stroke mini terhadap mata yang disebut oklusi vena. Orang yang mengalami oklusi vena kebanyakan mengalami pandangan mata kabur dan hanya menyerang satu mata saja.

Baca Juga :

Berbagai Penyebab Mata Bengkak pada Anak dan Cara Mengatasinya

Obat antikolinergik tertentu
Beberapa tipe obat antihipertensi
Pil KB
Kortikosteroid
Obat antidepresan
Obat untuk penyakit jantung
Mendiagnosis Penyebab Mata Kabur
Keluhan mata kabur adalah persoalan medis yang wajib mendapat pemeriksaan dan pengobatan berasal dari dokter spesialis mata. Hal ini dijalankan untuk tahu seberapa berat tanda-tanda yang nampak dan faktor yang dapat menjadi penyebab penglihatan kabur.

Selanjutnya, dokter akan melaksanakan lebih dari satu pemeriksaan fisik terhadap mata. Dokter termasuk akan menguji ketajaman penglihatan Anda. Tes mata lainnya dapat meliputi:

Pemeriksaan tekanan bola mata, atau tes tonometri
Oftalmoskopi
Tes slit lamp
Selain tes mata, dokter barangkali akan melaksanakan tes darah untuk tahu apakah terkandung bakteri di dalam darah atau pun memeriksa jikalau tersedia infeksi di dalam tubuh Anda. Setelah diketahui penyebabnya, maka dokter akan membuat sembuh mata kabur cocok bersama diagnosis penyakit yang mendasarinya.

Cara Mencegah Mata Kabur
Meskipun dalam persoalan khusus penyebab mata kabur tidak dapat dicegah, namun tipe hidup yang sehat dapat menurunkan risiko terjadinya suasana ini. Terapkanlah tipe hidup sehat, pada lain dengan:

Berhenti merokok.
Selalu memakai kacamata hitam berlensa anti-UV, agar beri tambahan perlindungan menyeluruh waktu Anda tengah di bawah cahaya matahari.

Konsumsi makanan yang mengandung gizi sehat. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, bila ikan tuna dan ikan tongkol.
Cuci tangan Anda sebelum saat memakai atau melepas lensa kontak.

Menjalani pemeriksaan mata secara teratur, terutama jikalau terkandung riwayat penyakit mata dalam keluarga.
Pakailah kacamata pelindung waktu mengoperasikan alat berat atau melaksanakan aktivitas khusus yang berisiko mencederai mata.

Segera berkonsultasi ke dokter spesialis mata bila penglihatan beralih secara tiba-tiba dan tidak membaik sesudah Anda berkedip, Anda merasakan rasa sakit di mata, atau bila lapang pandang mata Anda terganggu. Apa pun penyebabnya,

keluhan pandangan mata kabur adalah suasana yang wajib mendapat pemeriksaan dan penanganan berasal dari dokter mata. Hal ini punya tujuan agar suasana mata kabur yang Anda alami tidak makin lama parah, dan termasuk untuk menghindar risiko terjadinya problem mata permanen.