Vision Therapy – Abrasi kornea merupakan goresan yang terjadi di permukaan depan mata yang bening atau yang disebut dengan kornea. Pada umumnya, abrasi kornea ini akan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman, mata berair, mata memerah, dan lebih sensitif terhadap cahaya. Di samping rasa sakit yang dirasakan karena abrasi kornea, kornea yang tergores akan membuat mata anda menjadi lebih rentan untuk terkena infeksi. Sehingga sangat penting bagi Anda yang mengalami abrasi kornea untuk segera mengunjungi spesialis mata untuk mendapatkan Penanganan dan vision therapy yang paling cepat.

Penyebab Abrasi Kornea

Semua benda yang bersinggungan secara langsung dengan permukaan depan mata anda, biasanya akan beresiko untuk menjadi penyebab dari abrasi kornea. Berbagai benda mulai dari kuas make up, kertas, ranting pohon, jari, hewan peliharaan, peralatan olahraga, serpihan dari tempat kerja, dan masih banyak lagi benda yang semuanya bisa membahayakan permukaan depan penglihatan anda. Terdapat berbagai kasus agresi kornea yang tidak disebabkan karena kejadian traumatik yang jelas, seperti halnya tertusuk pada mata. Terkena debu, pasir, kotoran, dan Partikel kecil yang lain juga bisa menyebabkan abrasi kornea, terlebih apabila Anda langsung menggosok mata.

Samping itu, mata kering bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami agresi kornea, terlebih ketika bangun dari tidur. Apabila mata Anda mengering ketika Anda tidur, maka kelopak mata Anda bisa menempel ke kornea. Ketika anda membuka mata saat bangun tidur, maka Anda akan menggosok kelopak mata Anda sehingga permukaan kering pada mata yang bisa menyebabkan abrasi kornea. Bukan hanya itu saja, tetapi lensa kontak yang tidak terpasang dengan benar, kotor, dan rusak juga bisa menjadi penyebab kornea tergores. Sama halnya dengan menggunakan lensa kontak yang terlalu lama atau bahkan hingga di bawah tidur.

Bagaimana Gejala Abrasi Kornea?

Kornea merupakan salah satu bagian dari mata yang paling sensitif, bahkan abrasi kornea yang sangat kecil bisa sangat terasa menyakitkan dan rasa sakitnya bisa jauh lebih besar, seolah-olah terdapat benda asing yang besar dan kasar dalam mata anda. Selain rasa nyeri dan sensasi mengganggu seperti ada pasir, gejala lain yang ditimbulkan dari agresi kornea, antara lain:

  • Mata berair
  • Kemerahan
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Penglihatan kabur
  • Sakit kepala
  • Mata kedutan

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata untuk Mencegah Low Vision dan Kebutaan

Terkadang, mata yang tergores menjadi terasa sangat tidak nyaman, bahkan hingga bisa mengakibatkan mual. Apabila anda merasa sudah mengalami berbagai gejala yang telah disebutkan di atas dan merasa mengalami abrasi kornea, sangat penting untuk segera pergi mendatangi ahli mata atau spesialis mata secepatnya. Hal ini supaya Anda mendapatkan pengenangan dan vision therapy yang tepat untuk mengobatinya.

Cara Mencegah Abrasi Kornea

Seseorang yang mempunyai kecenderungan untuk menggosok mata apabila terdapat sesuatu yang mengganggu atau memasuki mata, padahal tindakan seperti ini bisa justru mempermarah kondisi mata. Apabila anda merasa mata sedang tidak nyaman, anda bisa berusaha untuk mengeluarkannya dengan membilas mata menggunakan air, namun jangan sampai menggosok mata anda. Di samping itu, jangan menutupi mata anda dengan penutup mata,Tindakan seperti ini bisa meningkatkan risiko infeksi mata dan mempercepat pertumbuhan bakteri.

Apabila memungkinkan, Anda bisa membilas mata dengan larutan garam steril untuk pencuci mata dibandingkan dengan air keran atau air botolan. Perlu diketahui, mikroorganisme seperti acanthamoeba ditemukan terkandung pada air keran bahkan hingga air botolan.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik kesehatan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.