Klinik Mata – Akan sangat mengganggu apabila masalah penglihatan ganda, yang diakibatkan karena mata juling dibiarkan begitu saja. Karena pada akhirnya maya akan kehilangan kemampuannya untuk melihat. Terlebih, apabila seseorang yang mengalami strabismus atau mata juling ini juga akan terkena dampak psikologis, sebab dikucilkan atau diejek oleh lingkungan sekitarnya.

Sehingga, langkah yang paling tepat adalah dengan membawanya pergi ke klinik mata yang terpercaya dan berkualitas tinggi. Pada dasarnya, kondisi mata juling ini membuat adanya penyimpangan pada kedudukan bola mata, sehingga kedua bola mata tidak bisa melihat pada satu arah objek dengan bersamaan.

Strabismus bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa, dan kondisinya dapat bervariasi dari ringan hingga parah. Salah satu pertanyaan umum yang sering ditanyakan adalah apakah mata juling bisa sembuh seiring dengan berjalannya waktu? Jawabannya bergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis dan penyebab mata juling.

Jenis Mata Juling

Ada beberapa jenis mata juling, di antaranya:

  • Esotropia: Mata melihat ke dalam, ke arah hidung.
  • Exotropia: Mata melihat ke luar, menjauhi hidung.
  • Hypertropia: Mata melihat ke atas.
  • Hypotropia: Mata melihat ke bawah.

Setiap jenis mata juling ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gangguan otot mata, gangguan saraf, atau masalah refraksi seperti rabun jauh atau rabun dekat yang tidak terkoreksi dengan baik.

Apakah Mata Juling Bisa Sembuh dengan Sendirinya?

Pada beberapa kasus, terutama pada anak-anak, mata juling dapat sembuh dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Ini terutama terjadi jika mata juling disebabkan oleh ketegangan otot mata atau ketidakseimbangan otot mata yang bersifat sementara. Pada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, otot mata dapat berkembang dan menguat secara alami, sehingga memperbaiki posisi mata.

Namun, jika mata juling disebabkan oleh gangguan struktural yang lebih serius atau masalah neurologis, maka kemungkinan penyembuhan dengan sendirinya menjadi lebih rendah. Dalam beberapa kasus, mata juling dapat menjadi lebih parah seiring dengan berjalannya waktu jika tidak ditangani dengan tepat.

Baca Juga: Terapi Penglihatan Binokuler untuk Memperbaiki Kualitas Penglihatan dengan Pendekatan Holistik

Pengobatan dan Penanganan Mata Juling

Jika mata juling tidak sembuh dengan sendirinya atau semakin parah, perawatan dan penanganan yang tepat diperlukan untuk mengatasi masalah ini. Beberapa metode pengobatan dan penanganan yang mungkin dilakukan termasuk:

  • Terapi Mata: Terapi mata atau vision therapy di klinik mata, melibatkan serangkaian latihan mata khusus yang bertujuan untuk menguatkan otot mata dan meningkatkan koordinasi mata. Terapi ini biasanya dilakukan oleh ahli terapis mata terlatih.
  • Kacamata atau Lensa Kontak: Dalam beberapa kasus, penggunaan kacamata atau lensa kontak dapat membantu mengoreksi masalah refraksi yang menyebabkan mata juling.
  • Operasi Mata: Jika mata juling disebabkan oleh ketegangan otot mata yang parah atau masalah struktural lainnya, mungkin diperlukan operasi mata untuk mengoreksi posisi mata.
  • Riwayat Keluarga: Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat mata juling, kemungkinan seseorang juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami kondisi serupa.
  • Kondisi Medis: Beberapa kondisi medis, seperti kelainan otak, kelumpuhan saraf, atau gangguan perkembangan, dapat berkontribusi pada terjadinya mata juling.
  • Gangguan Refraksi: Masalah refraksi seperti rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme yang tidak terkoreksi dengan baik dapat menyebabkan ketegangan pada otot mata dan berkontribusi pada mata juling.

Penting untuk berkonsultasi dengan ahli mata atau optometri, jika Anda atau anak Anda mengalami mata juling. Pemeriksaan menyeluruh akan membantu menentukan penyebab dan jenis mata juling yang Anda alami, serta rencana perawatan yang paling sesuai.

Dengan perawatan yang tepat dan pemeriksaan mata rutin, banyak kasus mata juling dapat ditangani dengan baik, sehingga memungkinkan penglihatan yang sehat dan normal kembali. Sehingga, apabila Anda membutuhkan perawatan dan penanganan yang tepat untuk strabismus. Maka, segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic merupakan klinik mata terpercaya dan profesional yang akan membantu Anda dan keluarga untuk memiliki penglihatan yang lebih baik lagi.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.