Vio Optical Clinic – Mengambil tindakan untuk mencegah dan menangani kondisi kronis merupakan bagian penting dari kesehatan kita secara keseluruhan, terutama jika menyangkut mata. Kunjungi dokter mata setempat hari ini untuk menjadikan perawatan mata sebagai bagian dari rutinitas kesehatan Anda yang proaktif dan preventif. Melakukan pemeriksaan mata secara rutin pada pusat terapi mata dapat mendeteksi masalah jauh sebelum gejala muncul, dan harus menjadi bagian penting dari rutinitas kesehatan preventif Anda. Berikut adalah daftar penyakit mata kronis yang umum terjadi dan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menanganinya:

Retinopati Diabetes dan Hipertensi

Diabetes dan hipertensi dapat menyebabkan kerusakan sekunder pada pembuluh darah retina. Menjaga berat badan yang sehat dengan berolahraga dan makan dengan baik akan mengurangi risiko diabetes dan hipertensi. Penting juga untuk melakukan pemeriksaan mata komprehensif tahunan untuk memantau setiap perubahan.

Katarak

Seiring bertambahnya usia, lensa mata menjadi semakin buram. Meskipun penyebab pasti Katarak tidak diketahui, pola makan yang buruk, paparan sinar UV yang berlebihan, dan merokok semuanya diketahui meningkatkan risiko terkena katarak.

Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD)

AMD adalah kerusakan progresif makula (pusat retina) yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Merokok, paparan sinar UV, pola makan yang buruk, dan kurang berolahraga, semuanya dapat mempercepat perkembangan AMD.

Glaukoma

Glaukoma adalah sekelompok penyakit yang menyebabkan kerusakan progresif pada saraf optik, yang berhubungan dengan tekanan yang terjadi di dalam mata. Glaukoma umumnya  tidak menunjukkan gejala hingga stadium lanjut. Pemeriksaan mata pada pusat terapi mata secara teratur sangat penting untuk diagnosis dini yang dapat mencegah kehilangan penglihatan yang tidak dapat dipulihkan.

Mata Kering

Mata Kering dapat dicegah dan ditangani dengan menjaga kebersihan kelopak mata, diet yang kaya omega-3, mengingat untuk beristirahat dari paparan layar (aturan 20-20-20: melihat sesuatu yang berjarak 20 meter selama 20 detik, setiap 20 menit), meminimalkan paparan terhadap ventilasi udara langsung, diet/olahraga yang sehat, dan pemeriksaan mata secara teratur.

Baca Juga: Langkah Efektif untuk Mengatasi Chalazion dengan Mudah

Seiring bertambahnya usia, begitu juga dengan mata kita. Adalah hal yang umum bagi orang dewasa yang lebih tua untuk mengalami hal-hal seperti kesulitan melihat dari dekat, membedakan warna atau menyesuaikan diri dengan cahaya. Meskipun hal ini tidak dapat dihindari, faktor gaya hidup dapat memperburuk atau semakin merusak mata dan mempengaruhi penglihatan kita, diantaranya:

Paparan Sinar UV

Kita semua telah diperingatkan tentang efek berbahaya dari sinar UV. Sinar UV diketahui bisa menjadi penyebab penyakit kanker kulit, memperparah penuaan dan menekan sistem daya tahan tubuh. Sinar UV juga membahayakan mata. Sama halnya dengan kulit, mata juga termasuk organ tubuh yang bisa terbakar sinar matahari. Di sisi lain, kerusakan akibat sinar UV pada mata dapat menyebabkan kerusakan mata. Kerusakan mata akibat sinar matahari dapat terjadi pada anak-anak sejak usia sembilan tahun dan akan bertambah parah selama liburan musim panas atau salju. Cara meminimalkan kerusakan adalah dengan mengenakan kacamata hitam pada siang hari akan menyaring jumlah sinar UV yang masuk ke mata dan meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Merokok

Merokok berdampak buruk pada sebagian besar tubuh kita, jadi tidak mengherankan jika hal ini juga mempengaruhi mata kita. Merokok diketahui dapat menyebabkan kebutaan melalui oklusi arteri retina dan penyakit retina. Jawaban yang paling mudah adalah berhenti merokok sama sekali. Akan lebih baik apabila Anda melakukan yang terbaik dan meminimalkan jumlah rokok yang Anda hisap hingga Anda merasa cukup nyaman untuk berhenti sama sekali.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah pusat terapi mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy, salah satunya adalah terapi Ortho K (Orthokeratology) untuk terapi pengobatan dan mengurangi tingkat minus seseorang yang mengalami mata minus atau rabun jauh.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan/ keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.