Untuk saat ini, melakukan pemeriksaan secara rutin adalah bentuk pencegahan terbaik dari penyakit mata Glaukoma.

Pendeteksian dini penyakit mata dan melakukan perawatan terhadap kesehatan mata itu adalah cara terbaik untuk menghindari menderita penyakit mata yang berbahaya seperti Glaukoma. Pada umumnya, pendeteksian penyakit glaukoma harus dilakukan saat:

  • Sebelum usia 40 tahun, setiap 2 tahun sekali
  • Dari usia 40 sampai 54, setiap setahun sekali
  • Dari usia 55 sampai 64, setiap setahun sekali
  • Setelah usia 65 tahun, setiap 6 bulan sampai 12 bulan sekali

Orang yang memiliki resiko tinggi menderita Glaukoma harus diperiksa setiap tahun setelah usia 35 tahun. Orang-orang yang dimaksud adalah penderita diabetes, dan orang yang memiliki keluarga penderita glaukoma. Resiko Anda lebih tinggi lagi jika orang tua atau saudara kandung Anda menderita glaukoma.

Mendiagnosa secara berkala  dan penanganan yang tepat adalah cara terbaik untuk mencegah glaukoma

Meskipun tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah glaukoma, kebutaan atau gangguan penglihatan yang signifikan akibat glaukoma bisa dicegah jika penyakit tersebut terdeteksi sejak dini. Dalam bentuknya yang paling umum – penyakit glaukoma sudut terbuka primer – kebutaan itu datang secara diam-diam, pelan, namun berkembang. Biasanya pertama kali menyerang penglihatan tepi, dan saat kondisi ini berkembang, penglihatan bagian tengah perlahan –lahan mengalami penurunan juga.

Pengobatan glaukoma akan memperlambat perkembangan dari penyakit glaukoma itu sendiri dengan mengurangi peningkatan tekanan intraocular untuk mencegah saraf optik. Ada juga yang menempuh cara operasi untuk mengatasi penyakit glaukoma.

Manfaat dari berolahraga

Olahraga rutin sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan dengan rutin seperti jalan sehat, jogging, lari selama 3 kali dalam seminggu bisa mengurangi efek peningkatan tekanan intraocular.

Manfaat dari olahraga bisa Anda rasakan jika Anda terus bertekun untuk melakukan olahraga secara rutin. Kunjungi dokter untuk bisa mengetahui lebih lanjut olahraga apa yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Lindungi Mata Anda

Menggunakan alat bantu pelindung mata sangat penting saat kita sedang melakukan kegiatan olahraga atau aktifitas dan pekerjaan berat lainnya. Cedera pada mata bisa mengakibatkan glaukoma traumatic atau Glaukoma sekunder.

Yang harus selalu diingat adalah pemeriksaan mata secara rutin adalah cara terbaik untuk kita menghindari penyakit glaukoma ataupun penyakit lainnya. Pendeteksian penyakit ini bisa dilakukan di VIO Optical Clinic dengan pemeriksaan mata yang lengkap dan komprehensif ditangani oleh Eyecare Professional.

Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi VIO Optical Clinic melalui whatsapp 089502092881

  • Ruko Asia Tropis AT 16 no. 51 Harapan Indah Bekasi Barat
  • Boulevard Raya Timur, Ruko Grand Galaxy City Blok RGB no. 91 Grand Galaxy City Bekasi Selatan