Vision TherapyMata malas, atau amblyopia, adalah kondisi ketidakseimbangan penglihatan yang umum terjadi pada anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika salah satu mata memiliki penglihatan yang lebih baik daripada mata yang lain. Mata malas biasanya terjadi pada masa kanak-kanak dan dapat menyebabkan gangguan penglihatan jangka panjang jika tidak diatasi dengan tepat. Untuk bisa menyembuhkan mata malas atau mengurangi gejala yang dirasakan, sangat penting bagi pengidap mata malas agar memperoleh penanganan vision therapy yang tepat dan ditangani oleh seorang professional.

Definisi Mata Malas

Mata malas terjadi ketika salah satu mata tidak berkembang secara normal selama masa pertumbuhan dan perkembangan. Ini bisa terjadi karena gangguan refraksi, seperti rabun jauh atau rabun dekat, atau karena masalah pada struktur mata yang menyebabkan penglihatan kabur. Ketika salah satu mata memiliki penglihatan yang kabur atau buruk, otak cenderung lebih mengandalkan mata yang sehat untuk melihat, sementara mata yang malas menjadi kurang aktif.

Terapi Mata Malas

Terapi mata malas bertujuan untuk merangsang dan meningkatkan penglihatan mata yang lemah sehingga penglihatan keduanya menjadi lebih seimbang. Terapi ini sebaiknya dimulai sejak dini, biasanya sebelum usia 8 tahun, ketika fungsi penglihatan anak masih dalam masa perkembangan. Terapi mata malas melibatkan beberapa metode yang bertujuan untuk meningkatkan penglihatan mata yang lemah dan mendorong kedua mata bekerja bersama-sama. Beberapa jenis terapi mata malas yang umum digunakan adalah:

  • Penutupan Mata (Patching): Metode ini melibatkan menutup mata yang sehat untuk mendorong mata yang malas aktif dan bekerja lebih keras. Anak akan diminta untuk menggunakan penutup mata selama beberapa jam setiap hari untuk memberi kesempatan bagi mata yang malas untuk berkembang.
  • Tepukan Mata (Patching): Selain menutup mata yang sehat, metode ini juga melibatkan tepukan lembut pada mata yang sehat untuk mendorong mata yang malas aktif. Terkadang, ini dilakukan untuk anak-anak yang merasa tidak nyaman dengan penutup mata.
  • Latihan Mata: Terapi ini melibatkan serangkaian latihan mata khusus yang bertujuan untuk merangsang dan menguatkan mata yang malas. Latihan ini dapat meliputi melihat benda-benda bergerak, mengikuti cahaya, atau melihat gambar-gambar khusus.
  • Penggunaan Kacamata atau Lensa Khusus: Kadang-kadang, anak dengan mata malas juga memiliki gangguan refraksi yang perlu diatasi dengan kacamata atau lensa khusus. Penggunaan kacamata dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mendukung keberhasilan terapi mata malas.

Baca Juga: Terapi untuk Mata Minus Sebagai Solusi Jika Ingin Lepas dari Kacamata

Pentingnya Perawatan Dini

Perawatan dini sangat penting dalam kasus mata malas. Semakin cepat terapi dimulai, semakin baik peluang pemulihan penglihatan anak. Jika mata malas tidak diatasi secara tepat dan dini, penglihatan anak bisa tetap kabur atau bahkan mengalami kebutaan permanen pada mata yang malas.

Dampak dari Mata Malas yang Tidak Diobati

Mata malas yang tidak diobati dapat menyebabkan berbagai komplikasi jangka panjang pada penglihatan anak. Anak bisa mengalami gangguan penglihatan permanen pada mata yang malas, serta masalah penglihatan binokular atau penglihatan tiga dimensi. Gangguan penglihatan ini bisa mempengaruhi kemampuan anak untuk beraktivitas secara normal dan dapat mempengaruhi perkembangan dan performa akademiknya.

Pentingnya Pemeriksaan Mata Rutin

Pemeriksaan mata rutin oleh dokter mata atau optometri sangat penting untuk mendeteksi mata malas sejak dini. Dengan pemeriksaan mata yang tepat, dokter dapat mengidentifikasi gangguan refraksi atau masalah mata lainnya yang mungkin menyebabkan mata malas. Dengan demikian, perawatan seperti vision therapy untuk mata malas dapat dimulai lebih awal untuk memastikan penglihatan anak berkembang secara optimal.

Pemeriksaan mata rutin, terapi mata yang tepat, dan pembelajaran yang mendukung adalah langkah-langkah kunci untuk mencegah dan mengatasi mata malas dengan efektif. Untuk mendapatkan pemeriksaan mata yang terjamin kualitasnya, segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.