Vision Therapy – Betapa pentingnya penglihatan bagi setiap orang terutama anak-anak tidak perlu untuk dikatakan lagi. Mata sebagai indera penglihatan yang dimiliki oleh setiap orang membantu anak untuk mengenal dunia luar seperti mengenal orang dan benda. Beberapa masalah dalam penglihatan di masa kanak-kanak mungkin bisa memengaruhi kualitas hidup mereka. Sehingga, ketika terjadi masalah dalam fungsi penglihatan anak, vision therapy sangat dibutuhkan. Metode ini membantu meningkatkan hubungan kinerja antara otak dan mata anak untuk memperbaiki fungsi penglihatan mereka. Ketahui lebih lanjut manfaat yang dimiliki vision therapy bagi anak-anak berikut.

Definisi Vision Therapy (Terapi Penglihatan)

Vision therapy atau terapi penglihatan bisa didefinisikan sebagai suatu program aktivitas visual yang diawasi oleh dokter. Program ini disesuaikan dan dirancang khusus untuk memperbaiki masalah penglihatan tertentu ataupun meningkatkan keterampilan visual seseorang. Tidak seperti alat bantu optik misalnya kacamata dan lensa kontak yang digunakan untuk mengatasi masalah penglihatan. Atau operasi mata yang mengubah anatomi mata atau otot yang berada di sekitarnya. Vision therapy bertujuan untuk mengajarkan dan menuntun sistem visual seseorang bagaimana cara untuk mengoreksi dirinya sendiri.

Vision therapy atau terapi penglihatan sama seperti terapi fisik yang diperuntukkan pada seluruh sistem visual. Terapi penglihatan ini dapat mencakup penggunaan lensa, prisma, filter, dan lainnya dalam membantu sistem visual berjalan normal. Perangkat lainnya, seperti papan keseimbangan dan metronom, bisa memainkan peran penting dalam program terapi penglihatan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Hasil dari terapi penglihatan yang optimal bisa dicapai melalui proses terapeutik yang bergantung pada keterlibatan aktif. Baik itu dari dokter yang meresepkan, pasien, dan (dalam kasus anak-anak) orang tua anak.

Tujuan Vision Therapy

Secara keseluruhan, tujuan dari latihan terapi penglihatan optometrik (vision therapy) yaitu mengatasi masalah penglihatan. Khususnya masalah penglihatan yang tidak dapat berhasil ditangani dengan kacamata, lensa kontak atau operasi saja. Ini juga bertujuan untuk membantu seseorang bisa mencapai penglihatan binokular yang jelas dan nyaman. Banyak penelitian menunjukkan bahwa satu manfaat dari terapi penglihatan dapat memperbaiki masalah penglihatan yang mengganggu efisiensi membaca di kalangan anak sekolah. Ini juga dapat membantu mengurangi ketegangan mata digital dan gejala sindrom penglihatan komputer lainnya yang dialami oleh banyak anak dan orang dewasa.

Baca Juga: Hal Penting yang Perlu Diketahui Mengenai Masalah Penglihatan Low Vision

Vision therapy atau terapi penglihatan adalah alternatif lain dari kacamata, lensa kontak, atau bahkan operasi mata. Alih-alih untuk mengimbangi masalah penglihatan, vision therapy justru bertujuan untuk mengarahkan mata dalam mengoreksi dirinya sendiri. Ini adalah jenis terapi fisik untuk mata dan otak. Jika anak Anda kesulitan membaca atau belajar, bisa jadi itu adalah gangguan penglihatan. Bahkan setelah lensa korektif, mungkin masih ada masalah terkait penglihatan. Tujuan utama dari terapi penglihatan (vision therapy) adalah mengatasi masalah tersebut dan membuat perubahan positif dalam kehidupan mereka baik di rumah dan di sekolah.

Terapi penglihatan bahkan telah membantu anak-anak dengan ketidakmampuan belajar. Vision therapy mengatasi dan menyelesaikan masalah penglihatan yang dapat mengganggu dan menghambat proses pembelajaran. Ini adalah metode perawatan yang sangat efektif untuk banyak masalah terkait penglihatan seperti:

  • Amblyopia (Mata Malas)
  • Ketidakcukupan Konvergensi
  • Kelelahan Mata
  • Diplopia (penglihatan ganda)
  • Kurangnya Stereopsis (persepsi kedalaman dua mata)
  • Strabismus (mata juling, mata mengembara, menoleh, dan lainnya)

Manfaat Vision Therapy

Sebagian besar proses pembelajaran bersifat visual. Oleh karena itu, perawatan penglihatan yang tepat sangat penting dalam membantu siswa untuk belajar dan mencapai potensi penuh mereka. Manfaat yang dihadirkan oleh vision therapy bagi anak anda diantarnya yaitu:

  • Peningkatan keterampilan membaca dan peningkatan kemampuan menulis dan menyalin.
  • Membantu bentuk tertentu dari masalah membaca disleksia.
  • Membantu dalam mengontrol dan mencegah rabun jauh terutama saat ditemukan adanya perubahan fokus yang lambat.
  • Meningkatkan kinerja olahraga dengan meningkatkan dan memperkuat koordinasi tangan-mata, kecepatan penglihatan, dan waktu reaksi penglihatan tepi.

Vision therapy memanfaatkan prinsip neuroplastisitas sistem saraf, memungkinkan otak dengan mudah beradaptasi dengan rangsangan eksternal. Saat anak Anda berulang kali melakukan latihan yang disarankan, mata dan otaknya dilatih untuk bekerja lebih baik sebagai sebuah tim. Ini akan membantu mengembangkan berbagai fungsi mata anak dan mencegah perkembangan masalah penglihatan yang sudah ada sebelumnya.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.