Vision Therapy – Tidak sedikit orang yang belum mengetahui dan mengenal tentang astigmatisme. Sebenarnya, astigmatisme merupakan kondisi mata yang sangat umum terjadi yang disebabkan oleh kelainan refraksi. Selain astigmatisme, rabun jauh dan rabun dekat juga termasuk ke dalam kategori kesalahan bias atau kelainan refraksi. Kelainan refraksi bukanlah suatu penyakit mata, namun merupakan suatu akibat dari ketidaksempurnaan ukuran dan bentuk mata. Kondisi seperti ini kemudian menyebabkan penglihatan kabur, buram bahkan penglihatan ganda. Apabila kondisi seperti ini tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan mata lelah, sakit kepala, dan penglihatan kabur. Seseorang yang menderita astigmatisme, memiliki kemungkinan tidak dapat melihat objek di kejauhan ataupun dekat tanpa distorsi.

Apa Itu Astigmatisme?

Astigmatisme adalah kondisi di mana bentuk mata tidak bulat sepenuhnya, yang mana hampir semua orang memilikinya hingga pada taraf tertentu. Umumnya, bola mata memiliki bentuk seperti bola yang bulat sempurna. Dengan begitu, cahaya akan masuk ke dalam mata dan membelok secara merata, kemudian berfokus di retina dan memberi anda penglihatan yang jelas. Tetapi jika bentuk mata lebih lonjong, cahaya yang masuk menjadi lebih bengkok pada satu arah. Yang artinya, hanya sebagian dari cahaya yang masuk ke dalam mata berada dalam fokus yang tepat. Akibatnya, objek yang terlihat baik itu dari kejauhan ataupun dekat akan terlihat buram dan bergelombang.

Astigmatisme juga dapat diartikan sebagai suatu kelainan mata yang dapat memengaruhi penglihatan seseorang. Dimana otot di sekitar mata akan terpengaruh yang bisa menyebabkan tekanan pada kornea. Tekanan tersebut menyebabkan kornea kehilangan bentuk yang semestinya, yang kemudian menyebabkan penglihatan menjadi kabur.  Astigmatisme dapat terjadi pada saat lahir atau bisa jadi akibat trauma, seperti kondisi bawaan atau efek dari operasi mata. Kondisi tersebut tentu akan sangat mengganggu karena membuat tugas sederhana seperti membaca buku menjadi sulit. Tidak hanya itu, visual yang buram tentu sangat berpengaruh dalam setiap aktivitas yang akan anda lakukan.

Baca Juga: Bagaimana Bisa Low Vision Dapat Menurunkan Ketajaman Visual Anda?

Gejala Astigmatisme

Astigmatisme dengan tingkat yang rendah, mungkin bisa saja luput dari perhatian anda. Namun, kondisi ini memiliki kemungkinan menyebabkan risiko kelelahan mata, sakit kepala, hingga pandangan yang kabur dan berbayang. Astigmatisme adalah suatu kondisi yang biasanya dapat berkembang sejak dini. Para orang tua harus sadar bahwa anak-anak mereka mungkin tidak menyadari bahwa penglihatan mereka kabur yang menjadi tanda astigmatisme.  Gejala yang mungkin timbul akibat astigmatisme yaitu:

  • Ketegangan yang terjadi pada mata
  • Sakit kepala atau pusing
  • Kesulitan melihat khususnya di malam hari
  • Penglihatan menjadi buram dan kabur dalam jarak tertentu

Penyebab Astigmatisme

Astigmatisme pada umumnya disebabkan oleh kornea yang memiliki bentuk tidak beraturan. Kornea adalah bagian depan mata yang merupakan lapisan mata yang bening. Dengan astigmatisme, kornea tidak berbentuk bulat namun sebaliknya, tidak teratur dan memiliki dua kurva bukan satu kurva. Dalam beberapa kasus astigmatisme juga bisa disebabkan oleh lensa yang terletak di dalam mata yang bentuknya juga tidak beraturan.

Mata dengan astigmatisme akan mendistorsi cahaya yang masuk ke mata karena bentuk kornea yang tidak beraturan tersebut. Hal ini menyebabkan sinar cahaya yang masuk ke mata membuat dua bayangan di belakang mata, karena adanya dua kurva. Sehingga, kondisi tersebut menyebabkan distorsi yang terlihat.

Perawatan Astigmatisme

Bagi kebanyakan orang, astigmatisme dapat dikoreksi sepenuhnya menggunakan kacamata atau lensa kontak. Lensa kontak rigid gas permeable (RGP atau GP) juga merupakan pilihan yang bagus.  Pilihan lainnya adalah menggunakan lensa kontak hybrid. Kontak ini memiliki pusat yang terbuat dari lensa rigid gas permeable (RGP) dan cincin luar yang terbuat dari bahan lensa kontak lunak. Jenis lensa ini memberikan kejernihan dan kenyamanan yang luar biasa. Selain itu, LASIK juga bisa menjadi pilihan lain untuk mengoreksi astigmatisme. LASIK biasanya menjadi pilihan untuk memperbaiki tingkat astigmatisme yang rendah.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera hubungi kontak person dan kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.