Kesehatan mata sangat penting untuk selalu dijaga. Namun, tidak sedikit orang yang belum paham betul bahwa melakukan periksa mata ke dokter dengan rutin penting dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar kondisi mata tetap sehat. Melalui pemeriksaan mata secara rutin, dokter dapat mengetahui sejak dini risiko munculnya masalah atau gangguan kesehatan. Sehingga, bisa dilakukan langkah pencegahan dan pengobatan dengan hasil yang lebih maksimal.

Pentingnya pemeriksaan mata secara rutin bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan risiko munculnya gangguan kesehatan mata. Meski anda tidak memiliki keluhan atau gangguan pada mata yang mungkin terasa ringan-ringan saja, tetap dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata. Ini akan membantu anda mengetahui kondisi kesehatan mata, sehingga bisa mencegah gangguan kesehatan mata yang lebih serius. Karena gangguan kesehatan mata yang serius rentan terhadap risiko terganggunya kualitas visual hingga kemampuan visual. Bahkan, bukan tidak mungkin anda bisa kehilangan kemampuan visual.

Anda perlu mengetahui kapan sebaiknya melakukan periksa mata. Meski mata terlihat normal dan tidak ada gejala tertentu yang mungkin anda rasakan, belum tentu tidak ada potensi gangguan mata. Oleh sebab itu, pemeriksaan mata yang dilakukan secara rutin, membantu anda untuk mengetahui sekaligus memastikan bahwa fungsi mata dan sistem visual tetap terjaga. Untuk waktu yang baik melakukan pemeriksaan mata dapat dibagi menjadi beberapa kategori, meliputi:

1. Anak Berusia 3 Tahun ke Bawah

Pengecekan mata bisa dilakukan pada anak yang berusia 3 tahun ke bawah. Pada usia ini, pemeriksaan bertujuan untuk mendeteksi beberapa masalah mata. seperti misalnya masalah  mata malas (amblyopia), mata juling (strabismus), mata yang tidak sejajar atau masalah penglihatan binokular. Apabila dijumpai permasalahan atau gejala yang timbul pada mata, melalui pemeriksaan dini, maka dapat mengatasi permasalahan dengan lebih optimal.

2. Anak Usia Sekolah dan Remaja

Sebelum anak memasuki sekolah dasar, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata. Apabila tidak ditemui masalah dan gejala pada anak serta tidak ada riwayat keluarga terkait dengan gangguan penglihatan, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan satu hingga dua tahun sekali.

3. Dewasa

Periksa mata juga penting dilakukan oleh orang dewasa. Mereka yang berusia 18 tahun sampai dengan 60 tahun dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan mata komprehensif. Dimana pemeriksaan mata secara komprehensif ini perlu dilakukan setidaknya setiap dua tahun sekali. Sedangkan mereka yang telah berusia di atas 61 tahun, dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan mata setiap tahunnya.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mata dengan Konsultasi Dokter Spesialis Mata

Perlu untuk diperhatikan, seseorang dengan risiko lebih tinggi terhadap gangguan pada mata, sangat dianjurkan untuk lebih rutin melakukan pemeriksaan mata. Beberapa faktor risiko tersebut diantaranya yaitu:

  • Memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga, seperti degenerasi makula, glaukoma, katarak dan lainnya.
  • Mengalami diabetes atau tekanan darah tinggi.
  • Pekerjaan dengan intensitas melihat ke layar komputer yang lebih banyak atau pekerjaan yang dapat membahayakan mata.
  • Mengalami cedera mata
  • Pernah melakukan operasi mata

Namun, jika penglihatan yang dimiliki terbilang sehat dan tanpa ada gangguan, sebaiknya anda mengikuti jadwal pemeriksaan mata berikut:

  • Pada usia 20 tahun hingga 30 tahun setiap 5 tahun atau 10 tahun sekali.
  • Pada usia 40-45 tahun setiap dua hingga empat tahun sekali.
  • Pada usia 55 hingga 64 tahun setiap satu hingga tiga tahun sekali.
  • Usia 65 tahun ke atas setiap satu hingga dua tahun sekali.

Dengan rutin melakukan periksa mata, diharapkan kesehatan mata akan tetap terjaga dengan baik. Dimana anda bisa menikmati visual yang nyaman tanpa adanya gangguan penglihatan. Selain itu, prosedur pemeriksaan mata juga penting sebagai langkah pencegahan munculnya risiko penyakit mata yang mungkin terjadi.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.