Vio Optical Clinic – Meskipun di berbagai negara, ketajaman penglihatan dan lapang pandang merupakan satu-satunya tes penyaringan yang dilakukan saat mendapatkan SIM, ada banyak keterampilan visual fungsional untuk mengemudi yang penting. Memiliki penglihatan optimal sangat penting untuk mengemudi, sehingga pergi ke klinik mata terbaik seperti VIO OPTICAL. Jika mengalami mata minus, maka lebih baik segera melakukan Ortho K.

Penelitian yang mengevaluasi mengemudi sering kali menggunakan ukuran fisik dari perilaku mengemudi (misalnya kecepatan, pengereman, latensi, perilaku pemindaian, penentuan posisi lajur).  Penelitian menunjukkan secara khusus bahwa gangguan kognitif meningkatkan risiko kecelakaan dan mengganggu kinerja mengemudi.

Penglihatan Fisik dan Mengemudi

Pasien dengan kondisi penglihatan rendah, seperti penyakit mata diabetes, degenerasi makula, albinisme, dan masih banyak lagi, dapat memenuhi syarat untuk mengemudi dengan menggunakan teleskop bioptik (lihat teleskop bioptik). Pengemudi ini mengalami penurunan ketajaman dan terkadang buram sentral, penglihatan samping yang normal dan dapat menggunakan teleskop untuk membantu meningkatkan ketajaman penglihatan mereka seperti penglihatan normal.

Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa area tengah yang bertanggung jawab atas ketajaman yang paling jelas dan terbaik hanya membentuk sekitar 5 derajat dari total lapang pandang. Inilah alasan mengapa para pengemudi ini, ketika dilatih, dapat mengoperasikan kendaraan dengan aman menggunakan penglihatan sisi mereka yang utuh (95% lainnya) yang membantu mendeteksi mobil yang bergerak dan tetap berorientasi pada visual meskipun mereka mungkin memiliki nilai 20/60 atau terburuk pada grafik ketajaman tradisional.  Setiap negara bagian memiliki peraturannya sendiri untuk pengemudi bioptic.

Pengurangan sensitivitas kontras dan silau juga dapat mempersulit mengemudi. Gejala-gejala ini umum terjadi pada katarak lanjut yang menyebabkan kekeruhan pada lensa yang tadinya jernih seiring berjalannya waktu. Pasien sering mengeluhkan berkurangnya penglihatan pada malam hari atau saat senja atau kondisi mendung. Gejala-gejala ini terkadang dapat diatasi dengan lensa filter, silakan baca blog kami sebelumnya tentang lensa filter. Pasien juga dapat mengalami kehilangan lapang pandang yang lebih luas akibat stroke atau cedera otak yang telah merusak bagian otak yang bertanggung jawab untuk penglihatan.

Sering kali, kondisi neurologis ini mengakibatkan kesulitan fungsional tambahan yang perlu ditangani dengan pergi ke klinik mata terbaik seperti VIO OPTICAL.

Baca Juga: Mengatasi Pusing dan Masalah Keseimbangan Melalui Terapi Penglihatan

Pemrosesan Visual dan Mengemudi

Orang dapat mengalami masalah penglihatan fungsional meskipun memiliki ketajaman 20/20 dan tidak mengalami kehilangan lapang pandang. Mereka mungkin mengeluh tentang jatuh, menabrak benda atau orang, kesulitan menemukan benda, kesulitan memori. Keluhan saat mengemudi dapat berupa kesulitan parkir, mobil terlihat bergerak terlalu cepat, kesulitan menilai jarak berhenti dengan mobil saat parkir atau mengemudi, kesulitan menjaga kesejajaran lajur, pengereman yang berlebihan.

Mengemudi adalah tugas yang membutuhkan orientasi spasial (untuk mengetahui bagaimana mobil disejajarkan di jalur, bagaimana cara parkir, dan di mana posisi mobil yang bergerak berdekatan relatif terhadap pengemudi), pengaturan waktu (untuk membantu berintegrasi dengan lalu lintas dan memahami berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghentikan kendaraan setelah menginjak rem), motorik kasar (untuk mengoperasikan kendaraan bermotor), dan isolasi gerakan mata-kepala.

Keterampilan Kognitif dan Motorik

Kemampuan kognitif memungkinkan seseorang untuk menganalisis kondisi jalan yang berbahaya dengan aman, mengabaikan gangguan saat diberikan rangsangan yang rumit, dan mengalihkan perhatian dengan cepat juga merupakan keterampilan visual lainnya untuk mengemudi yang penting. Mengemudi mengharuskan seseorang untuk membuat rencana untuk menavigasi ke tujuan tertentu dan mengantisipasi jalur pejalan kaki yang bergerak dan mobil yang berdekatan untuk menghindari tabrakan.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO OPTICAL adalah Eyecare yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui berbagai layanannya yang berkualitas tinggi.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.