Orthokeratology – Mengurangi ketergantungan terhadap kacamata atau lensa kontak tentu menjadi hal yang baik. Biasanya kacamata atau lensa kontak digunakan sebagai alat bantu bagi mereka yang mengalami masalah penglihatan khususnya mata minus. Meski begitu tidak semua orang cocok untuk menggunakan kacamata maupun lensa kontak. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan terapi mata minus. Orthokeratology menjadi pilihan tepat untuk memperbaiki masalah serta gangguan penglihatan tanpa operasi. Ini menjadi salah satu alternatif sebagai terapi mata minus yang efektif.

Apa Itu Mata Minus?

Mata minus yang juga dikenal sebagai rabun jauh adalah kondisi yang dapat menyebabkan anda kesulitan untuk melihat benda dengan jarak yang jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek ke dalam mata melalui kornea akan difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada penderita mata minus, sinar yang masuk kedalam mata tersebut tidak terfokus di retina tapi jauh di depannya. Sehingga, mengakibatkan penglihatan untuk melihat objek di kejauhan menjadi buram dan kabur. Kondisi ini bisa disebabkan karena kornea yang terlalu cembung atau bola mata yang terlalu memanjang. Penting untuk menghentikan perkembangan mata minus agar tidak memicu risiko penyakit mata yang lebih serius.

Pentingnya Mengontrol Perkembangan Mata Minus

Mata minus telah menjadi gangguan penglihatan umum yang semakin meluas dan meningkat penderitanya. Tingkat prevalensi dari mata minus telah berkontribusi untuk menjadi masalah kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Selain faktor genetik, perilaku visual juga berkontribusi pada perkembangan mata minus. Waktu yang dihabiskan oleh anak-anak di luar ruangan dan waktu yang dihabiskan untuk aktivitas visual yang dekat juga berperan dalam perkembangan mata minus. Mata minus dengan derajat tinggi dapat mengancam penglihatan seseorang. Dimana derajat minus yang tinggi sangat rentan akan resiko masalah kesehatan mata. Oleh sebab itu mengontrol perkembangan mata minus sangatlah penting untuk dilakukan.

Perawatan untuk Mengendalikan Perkembangan Mata Minus

Saat ini ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengendalikan perkembangan mata minus. Seperti lensa orthokeratology, yang mana merupakan lensa kontak permeabel gas. Lensa ini berfungsi sebagai koreksi penglihatan. Orthokeratology juga dapat membantu mencegah mengurangi bahkan menghentikan perkembangan mata minus. Lensa ini hanya dipakai saat tidur dan dilepas pada saat bangun tidur. Dimana lensa tersebut memberikan hasil yang lebih efektif dalam mengoreksi masalah penglihatan seperti kelainan refraksi yang terjadi pada penderita mata minus.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Vision Therapy?

Dengan rutin memakai lensa orthokeratology, bukan tidak mungkin untuk bisa terlepas dari ketergantungan kacamata atau lensa kontak yang harus dipakai di siang hari. Karena orthokeratology bekerja dengan memperbaiki bentuk kornea sehingga bisa menjalankan fungsinya secara optimal. Melalui penggunaan orthokeratology secara teratur, Anda bisa memperoleh hasil yang efektif. Dimana anda tidak perlu untuk memakai kacamata atau lensa kontak di siang hari guna membantu penglihatan anda. Orthokeratology adalah lensa malam yang dengan lembut akan membentuk kembali kornea. Sehingga, pasien bisa melihat dengan jelas tanpa bantuan alat optik.

Sekarang ini lensa orthokeratology telah digunakan untuk memperbaiki kelainan refraksi terutama mata minus. Selain itu, lensa orthokeratology juga bermanfaat dalam memperbaiki kelainan refraksi seperti astigmatisma dan rabun dekat. Bahkan lensa ini juga bisa digunakan untuk mengoreksi presbiopi. Ini juga menjadi solusi efektif untuk memperlambat perkembangan miopi pada masa kanak-kanak.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.