Klinik Mata Bekasi – Dalam bekerja safety merupakan hal yang paling utama. Hal ini seringkali dipampang di berbagai perusahaan. Bahkan saking pentingnya faktor safety atau keselamatan ini, sampai kemudian dibuatlah departemen khusus safety. Departemen tersebut adalah HSE (Health Safety & Environment) sebagai divisi yang secara khusus memastikan keselamatan setiap pekerja di dalamnya.

Ada banyak perangkat safety yang harus dikenakan oleh para pekerja saat mereka melaksanakan tugasnya di perusahaan. Dari mulai vest, helm, sarung tangan, sepatu, hingga kacamata. Sekali lagi kacamata menjadi salah satu faktor yang menjaa keselamatan Anda. Lantas apa hubungannya kacamata dengan keselamatan saat bekerja? Tentu saja hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Pasalnya kacamata ini mengurangi resiko mata Anda terkena debu, atau partikel lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Terlebih jika Anda sering bekerja di wilayah yang menghasilkan flashlight, contohnya adalah welding atau pengelasan. Di dalam bidang kerja satu ini, peranan kacamata safety sangatlah penting. Tak heran jika perusahaan sampai mewajibkan setiap pekerja untuk mengenakannya.

Manfaat Kacamata Safety

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari penggunaan kacamata safety. Hal yang pertama, perangkat satu ini bisa menghindarkan Anda dari segala material yang mungkin masuk ke mata, terutama debu. Hal ini sangat penting terutama bagi Anda yang bekerja di lapangan. Intensitas debu yang asuk ke mata bisa menyebabkan iritasi pada mata dan mengganggu fungsinya.

Tidak hanya itu saja, kacamata safety ini juga membuat mata Anda lebih aman dari zat-zat berbahaya. Terutama bagi Anda yang bekerja di Pabrik kimia. Seringkali ada cairan-cairan berbahaya yang bisa memnyebabkan kebutaan pada mata. Karenanya penggunaan kacamata safety ini diwajibkan untuk menghindari resiko tersebut.

Baca juga : Bingung Memilih Kacamata Atau Lensa Kontak? Ini Dia Tips Tipsnya

Terakhir kacamata safety ini juga bisa dijadikan penghalang cahaya berlebih yang muncul pada saat bekerja. Bagi Anda yang berposisi sebagai ahli las atau keistrikan, Kacamata Safety ini merupakan alat keselamatan yang wajib dikenakan. Pasalnya percikan api dari material yang di las atau listrik bisa menyebabkan kebutaan sesaat. Hal ini sangat beresiko jika Anda melakukannya di tempat yang tinggi.

Untuk posisi satu ini biasanya digunakan kacamata safety dengan lensa berwarna hitam. Tujuannya untuk mereduksi cahaya yang muncul tersebut. Jika Anda tidak mengenakan kacamata safety dan terus mendapatkan cahaya seperti ini dalam jangka panjang, bukan hal yang tidak mungkin jika ada kerusakan pada mata Anda.

Pekerjaan Yang Sering Membutuhkan Kacamata Safety

Ada beberapa pekerjaan yang seringkali mewajibkan para pekerjanya untuk mengenakan kacamata safety. Salah satunya adalah teknisi listrik dan las seperti yang kami paparkan di atas. Profesi lain yang seringkali membutuhkan perangkat satu ini adalah buruh pabrik. Biasanya di perusahaan otomotif dan kimia. Kacamata safety ini diperlukan untuk meminimalisir resiko masuknya material asing ke dalam mata.

Bagi Anda yang sering bekerja di lapangan ataupun sebagai driver kendaraan roda dua kacamata safety ini juga penting untuk digunakan. Kacamata safety ini akan menjaga mata tetap fokus. Terlebih jika Anda bekerja di jalanan seperti misalnya kurir, dan lain-lain. Kacamata satu ini bisa menghalai sinar matahari yang masuk, sehingga Anda tidak silau dan mata tidak cepat lelah.

Itulah sedikit penjelasan yang bisa kami paparkan terkait fungsi penting kacamata dalam dunia kerja. Bagi Anda yang bekerja di bidang yang kami paparkan di atas, pastikan Anda senantiasa mengikuti peraturan yang berlaku di perusahaan. Utamakan keselamatan dan pastikan kacamata safety selalu Anda kenakan untuk menjaga kualitas penglihatan Anda.