Kacamata adalah alat bantu optik yang dibutuhkan penderita kelainan refraksi untuk bisa melihat dengan jelas. Penderita mata minus, plus, silinder, atau presbiopi, membutuhkan kacamata untuk membantu penglihatannya. Pentingnya peran kacamata bagi seseorang yang mengalami masalah penglihatan, tentu harus dijaga dengan baik. Menyimpanan kacamata dengan cara yang tepat penting agar kacamata lebih awet dan tahan lama. Dengan begitu, kacamat anda bisa tetap berfungsi secara optimal dalam membantu penglihatan yang jelas. Apa fungsi kacamata dan tips merawat kacamata agar lebih awet, bisa disimak pada ulasan berikut.

Kacamata dan Fungsi yang Dimilkinya

Kacamata bukan lagi hal asing di telinga kita. Dimana sering kita jumpai kacamata dalam kehidupan sehari-hari seperti kacamata baca, kacamata hitam, kacamata anti radiasi, kacamata untuk kelainan refraksi dan lain sebagainya. Kacamata sendiri terdiri dari frame atau bingkai dan lensa yang disesuaikan dengan kebutuhan penglihatan pasien. Lensa pada kacamata berfungsi untuk membantu menormalkan dan mempertajam penglihatan anda. Fungsi kacamata sangat penting terutama bagi seseorang yang mengalami kelainan refraksi. Umumnya, kacamata ditujukan untuk mengatasi kelainan refraksi seperti:

  • Miopia atau rabun jauh, bayangan sinar yang jatuh di depan retina dan memiliki gejala penglihatan kabur melihat jauh. Kelainan refraksi ini bisa diatasi menggunakan kacamata minus.
  • Hipermetropia atau rabun dekat, dimana bayangan sinar jatuh di belakang retina yang memiliki tanda penglihatan kabur melihat dekat dan jauh. Kelainan refraksi ini bisa diatasi dengan menggunakan kacamata plus.
  • Astigmatisma, di mana bayangan sinar yang jatuh pada titik berbeda di retina sehingga sebuah garis yang lurus akan nampak bengkok, dan tulisan menjadi seperti berbayang. Kelainan refraksi ini bisa di tolong dengan kacamata silinder.
  • Presbiopia, kondisi dimana berkurangnya kemampuan untuk melihat dekat yang berhubungan dengan proses penuaan. Umumnya, presbiopi bisa diatasi dengan menggunakan kacamata.

Baca Juga: Ketahui Apa Fungsi Lensa Optifog (Anti Embun) untuk Penglihatan Jelas

Tips Merawat Kacamata Agar Kacamata Lebih Awet

Bagi seseorang yang memiliki kelainan refraksi, kacamata adalah alat bantu yang dibutuhkan untuk dapat melihat dengan jelas. Sehingga, kacamata harus dirawat dan dijaga dengan baik agar bisa berfungsi secara optimal. Berikut ini tips merawat kacamata yang bisa dilakukan agar kacamata lebih awet.

1.     Selalu gunakan kedua tangan ketika melepasnya

Ketika anda hendak melepaskan kacamata, sebaiknya gunkan kedua tangan. Hal ini bertujuan agar kacamata anda tidak cepat longgar. Ketika anda hanya menggunakan satu tangan untuk melepas kacamata, maka kacamata akan cepat. Ini karena  penyangga kuping pada kacamata bisa berubah posisi ketika anda hanya menggunakan satu tangan, sehingga kacamata tidak pas ketika dipakai.

2.     Bersihkan kacamata dengan langkah yang tepat

Hal yang harus diperhatikan dengan baik ketika anda membersihkan kacamata, yaitu langkah yang digunakan harus tepat dan beanr. Sebaiknya, anda menghindari bahan yang mengandung ammonia atau alkohol, karena bisa merusak lapisan lensa pada kacamata. Anda bisa mencuci kacamata menggunakan sabun khusus dan mengeringkan lensa dengan kain mikrofiber yang dirancang khusus untuk kacamata. Dengan mengelapnya menggunakan mikrofiber, maka kacamata akan terhindar dari hal-hal yang dapat menyebabkan goresan.

3.     Jangan kenakan kacamata Anda di atas kepala Anda

Kebiasaan menaruh kacamata di atas kepala sebaiknya anda hindari. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kacamata menjadi renggang, sehingga tidak nyaman dipakai.

4.     Bersihkan lensa kacamata secara teratur

Ketika anda merawat kacamata, maka anada perlu untuk membersihkan lensa kacamata secara teratur. Anda bisa membersihkan lensa kacamata menggunakan air hangat dan pembersih khusus kacamata. Ingat, untuk selalu memakai mikrofiber, kain lap khusus dari optik anda untuk mengelap lensa kacamata.

5.     Simpan kacamata dengan baik

Sebaiknya anda menyimpan kacamata setelah digunakan pada case-nya atau tempatnya. Hal ini sangat penting untuk merawat kacamata agar tidak terkena debu, kotoran dan terhindar dari risiko rusak akibat jatuh dan lainnya. Menyimpan kacamata pada wadahnya akan menjaganya tetap aman dan terhindar dari goresan atau patah.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf professional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic.