Klinik Gangguan Mata – Terkadang Anda bangun tidur dan mendapati mata Anda terasa perih, membuat awal hari Anda menjadi buruk. Hal ini dapat menyebabkan iritasi atau bahkan rasa sakit, jadi apakah gejala ini? Hal ini dikenal sebagai ‘mata merah’, hal ini terjadi ketika pembuluh darah di dekat permukaan mata meradang karena infeksi atau iritasi. Hal ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari hingga satu minggu. Namun, apabila tidak kunjung membaik, maka segera membawanya pergi ke klinik gangguan mata.

Cara Meredakan Mata Merah

Gunakan kompres hangat

Letakkan waslap hangat dan lembap di atas mata merah yang terinfeksi selama sekitar 10 menit. Hal ini akan membantu menenangkan mata Anda dan mungkin akan segera terasa lebih baik. Kompres hangat tidak hanya membantu meredakan rasa mengganjal yang disebabkan oleh mata kering, tetapi juga membantu meredakan peradangan pada kelopak mata dan rasa tidak nyaman akibat infeksi mata.

Gunakan obat tetes mata

Air mata buatan dapat meredakan mata kering dan iritasi dan dapat dibeli dengan mudah tanpa resep di apotek terdekat.

Praktikkan kebersihan tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dan hindari menyentuh mata atau area sekitarnya jika tangan Anda tidak bersih.

Hindari riasan atau lensa kontak

Sebaiknya Anda tidak merias wajah atau menggunakan lensa kontak jika mata Anda masih merah dan baru boleh melakukannya setelah gejala hilang.

Batasi waktu di depan layar

Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membaca buku atau menatap perangkat digital Anda dapat menyebabkan mata kering dan ketegangan mata. Cobalah untuk mengistirahatkan penglihatan Anda setiap 30-40 menit dengan melihat objek yang berjarak 20 meter selama 20 detik dan kedipkan mata Anda lebih sering.

4 Cara Mudah untuk Mencegah Mata Merah

Anda dapat mencegah terjadinya mata merah dengan menjaga kebersihan dan menghindari iritasi yang menyebabkan mata merah.

  • Jangan pernah memakai lensa kontak lebih lama dari yang disarankan atau membiarkannya semalaman
  • Sering-seringlah mencuci tangan Anda, terutama saat Anda melakukan kontak dekat dengan seseorang yang sedang mengalami mata merah
  • Hapus riasan dari mata Anda dengan benar setiap hari
  • Hindari mengucek mata Anda. Mata Anda dapat menjadi merah dan iritasi akibat kotoran yang menempel di tangan dan jari Anda

Baca Juga: Cara Menghindari Ketegangan Mata dan Punggung Saat Belajar Online

Penyebab Umum Mata Merah

Mata merah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dan yang paling umum adalah sebagai berikut:

Konjungtivitis

Konjungtivitis atau ‘mata merah’ terjadi ketika konjungtiva, jaringan tembus pandang tipis yang melapisi bagian putih mata Anda, meradang karena virus atau bakteri. Konjungtivitis virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tetapi dapat memakan waktu sekitar dua hingga empat minggu. Sebaliknya, konjungtivitis bakteri dapat diobati dengan menggunakan obat tetes mata antibiotik. Sehingga, lebih baik membawanya pergi ke klinik gangguan mata untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan.

Mata kering

Mata kering terjadi ketika mata Anda tidak memproduksi cukup air mata untuk melumasi permukaannya, dan mata Anda menjadi merah, nyeri, dan perih. Air mata yang cukup diperlukan untuk menjaga mata Anda tetap sehat dan nyaman. Mata kering lebih sering terjadi pada orang yang berusia 50 tahun ke atas; membaca atau menatap layar komputer atau perangkat digital dalam waktu yang lama dan tidak mengedipkan mata secara teratur; menggunakan jenis obat tertentu atau memakai lensa kontak dalam waktu yang lama, atau pada orang yang pernah menjalani bedah refraktif laser.

Apakah Anda dan keluarga membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. VIO Optical Clinic adalah klinik gangguan mata yang profesional dan juga terpercaya yang selalu ada untuk membantu Anda dan keluarga meningkatkan kualitas penglihatan menjadi lebih baik melalui layanan Vision Therapy.

VIO Optical Clinic sudah didirikan sejak tahun 2013 terletak di Harapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi dan berada di bawah naungan Dokter Optometri lulusan Cebu Doctor University Phillipine yang berpengalaman. Selain itu, juga mendapatkan sertifikasi oleh Fellow American Academy of Optometry (FAAO) serta memiliki spesialisasi di bidang Vision Therapy (Terapi Penglihatan) yang memiliki kualitas skala internasional. Tidak hanya Dokter Optometri, VIO Optical Clinic juga bekerja sama dengan para Dokter Spesialis Mata yang juga siap membantu Anda dan keluarga untuk menangani berbagai permasalahan pada mata.

VIO Optical Clinic juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Jadi, percayakan kesehatan mata Anda dan keluarga bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata keluarga Indonesia.