Pusat Terapi Mata – Gangguan mata adalah masalah Kesehatan yang bisa mengancam penglihatan. Seperti gangguan mata malas atau dalam istilah medis disebut dengan amblyopia. Ini adalah kondisi yang mempengaruhi kemampuan salah satu mata yang tidak bekerja secara optimal. Dimana umumnya gangguan mata malas terjadi sejak anak lahir hingga anak berusia 7 tahun. Bahkan pada beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, gangguan mata malas bisa menyerang kedua mata.

Ketahui dengan Baik Apa Gangguan Mata Malas (Amblyopia)?

Mata malas (amblyopia) merupakan salah satu jenis gangguan penglihatan yang menyebabkan penurunan kemampuan penglihatan pada salah satu mata. Mata malas adalah kondisi penglihatan yang buruk hanya pada satu sisi mata akibat otot mata dan saraf otak yang tidak bekerja sama dengan baik. Akibatnya seseorang memiliki penglihatan yang normal pada satu sisi mata, dan sisi lainnya memiliki penglihatan buram bahkan buruk. Jika dibiarkan begitu saja, otak akan mengabaikan penglihatan yang buruk, sehingga tidak dapat mengontrol cara kerja mata.

Pelajari Kondisi yang Bisa Menjadi Penyebab Mata Malas

Mata malas atau lazy eye atau disebut juga ambliopia bisa terjadi ketika koneksi saraf mata yang tidak terbentuk sempurna. Kondisi mata malas umumnya terjadi pada salah satu mata, dimana terjadi gangguan perkembangan saraf mata. Akibatnya saraf mata menuju ke otak tersebut tidak bisa terbentuk secara sempurna. Sehingga, mata dengan kemampuan penglihatan yang buruk akan mengirimkan sinyal visual yang keliru ke otak. Dengan berjalannya waktu, kinerja dari kedua mata menjadi tidak sinkron.

Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat mempengaruhi mata malas. Penting untuk mengetahui beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi mata malas, seperti:

  • Mata juling (strabismus), yaitu kondisi kedua mata yang tidak sejajar. Dimana mata melihat ke arah yang berbeda. Salah satu mata akan melihat ke depan dan mata yang lain akan melihat ke atas, bawah, atau samping. Ini bisa mengakibatkan seseorang mengalami penglihatan ganda.
  • Gangguan refraksi atau kelainan refraksi, yaitu kondisi yang terjadi akibat perbedaan refraksi pada kedua mata. Sehingga, mata dengan penglihatan yang lebih jelas lebih dominan. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko mata malas atau lazy eye.
  • Katarak yang terjadi pada anak, dimana terjadi pengapuran pada lensa mata. Akibatnya, penglihatan menjadi buram. Jika hal tersebut terjadi pada salah satu mata, maka dapat memicu mata malas atau lazy eye.
  • Gangguan mata lainnya seperti luka pada kornea. Kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang memicu mata malas.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mata Sejak Dini Agar Terhindar dari Gangguan Mata di Usia Lanjut

Selain hal-hal tersebut di atas, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko mata malas. Faktor risiko tersebut seperti bayi yang lahir prematur, atau lahir dengan berat badan dibawah normal. Kemudian faktor genetis atau keturunan, terutama memiliki riwayat keluarga dengan mata malas. Hingga gangguan perkembangan pada tumbuh kembang anak, terutama perkembangan saraf mata.

Waspadai Gejala Mata Malas

Gejala gangguan penglihatan seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Sehingga ada kemungkinan bahwa seseorang jarang menyadari adanya gangguan penglihatan termasuk mata malas. Penting untuk mewaspadai gejala mata malas agar bisa melakukan pencegahan sejak dini. Gejala dan tanda malas yang perlu diwaspadai diantaranya yaitu:

  • Mata yang terlihat tidak bekerja secara bersamaan
  • Salah satu mata yang sering bergerak ke arah dalam atau luar
  • Kesulitan dalam memperkirakan jarak
  • Seringkali memicingkan mata atau menutup salah satu mata ketika melihat benda
  • Seringkali memiringkan kepala agar dapat melihat dengan lebih jelas
  • Hasil tes penglihatan atau ketajaman penglihatan yang buruk

Apabila anda menemukan gejala atau tanda tersebut, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Dengan melakukan pemeriksaan dini, anda bisa melakukan pencegahan secara optimal. Pusat terapi mata dapat membantu anda mencegah gangguan mata seperti mata malas. Dimana anda bisa memperoleh perawatan yang efektif untuk menjaga kemampuan penglihatan yang jelas.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.