Vision Therapy – Gangguan mata malas adalah salah satu jenis gangguan penglihatan yang mempengaruhi kemampuan visual. Kondisi ini umumnya terjadi pada salah satu mata dan sangat jarang terjadi di kedua mata. Mata malas adalah gangguan penglihatan yang terjadi karena otak dan mata tidak dapat terhubung dengan baik. Sehingga berakibat pada daya penglihatan yang buruk di salah satu mata. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi kualitas penglihatan yang dimiliki seseorang.

Ketahui Apa itu Mata Malas

Mata malas atau yang dikenal juga dengan istilah ambliopia adalah kondisi gangguan mata yang diakibatkan oleh gangguan perkembangan sistem visual. Kondisi ini berkembang akibat dari pengalaman visual abnormal yang biasanya terjadi di awal kehidupan. Gangguan tersebut menyebabkan salah satu mata lebih lemah dan hanya menerima sedikit sinyal visual. Sehingga mengakibatkan kemampuan mata untuk dapat bekerja sama menurun, dan otak akan mengabaikan masukan dari mata yang lebih lemah.

Pelajari Penyebab Mata Malas

Mata malas dilatarbelakangi oleh gangguan perkembangan visual yang biasanya terjadi pada masa anak-anak. Dimana gangguan mata malas dapat mempengaruhi kemampuan penglihatan seseorang. Ada beberapa hal yang umumnya menyebabkan gangguan mata malas, seperti:

  • Ketidakseimbangan otot atau strabismus amblyopia, yang memposisikan mata. Ketidakseimbangan pada otot yang memposisikan mata dapat menyebabkan mata menjulur ke dalam atau ke luar, dan tidak bekerja sama secara optimal.
  • Perbedaan ketajaman penglihatan yang terdapat antara mata atau ambliopia refraktif. Dimana perbedaan yang signifikan pada kedua mata dapat menyebabkan mata malas.
  • Pada beberapa kasus gangguan mata malas bisa disebabkan oleh kombinasi strabismus dan masalah atau kelainan refraksi.
  • Masalah dengan satu mata, seperti area keruh di lensa (katarak), dapat menghalangi penglihatan yang jelas di mata.

Tidak hanya penyebab-penyebab umum seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa faktor risiko mata malas. Faktor yang dapat meningkatkan risiko mata malas seperti kelahiran prematur. Kemudian seseorang yang memiliki riwayat keluarga atau anggota keluarga dengan mata malas. Serta gangguan perkembangan terutama perkembangan kemampuan visual pada masa anak-anak.

Baca Juga: Cegah Katarak Sejak Dini untuk Cegah Risiko Low Vision Hingga Kebutaan

Kenali Gejala Mata Malas

Seseorang dengan gangguan mata malas atau amblyopia biasanya tidak akan bisa fokus dengan baik. Hal tersebut terjadi karena mata yang terganggu atau mata yang lebih lemah tidak akan melihat objek dengan jelas. Karena otak yang tidak dapat menerima data yang jelas, maka otak akan mulai mengabaikan gambar objek dari mata yang lebih lemah. Berikut gejala-gejala mata malas yang perlu diketahui seperti:

  • Memiliki penglihatan kabur dan tidak jelas
  • Muncul penglihatan ganda atau melihat satu objek sebagai dua objek
  • Persepsi kedalaman yang buruk atau lemah
  • Memutar mata, baik itu ke atas, ke bawah, ke luar, atau ke dalam.

Sangat penting untuk segera menjalani pemeriksaan, terutama jika memiliki riwayat keluarga dengan gangguan mata. Dengan pemeriksaan rutin, anda bisa mendeteksi dini gangguan mata termasuk mata malas.

Pengobatan untuk Mata Malas

Mengetahui gangguan mata malas atau amblyopia sedini mungkin, memberikan hasil pengobatan yang maksimal. Penanganan mata malas atau amblyopia ditujukan untuk mengatasi penyebab mata malas. Selain itu, pengobatan mata lasam juga mengajarkan pasien untuk membiasakan diri melihat dengan mata yang lebih lemah. Metode pengobatannya yang bisa dilakukan disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi mata malas yang diderita oleh pasien. Salah satu solusi efektif gangguan mata malas yaitu dengan terapi penglihatan atau vision therapy.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.