VIO OPTICAL – Ketika seseorang harus memicingkan mata agar bisa melihat dengan jelas, kemungkinan mereka mengalami penglihatan buram. Penurunan ketajaman penglihatan yang ditandai dengan penglihatan buram bisa disebabkan oleh banyak faktor. Saat ketajaman penglihatan menurun atau penglihatan menjadi buram, maka dapat mempengaruhi kemampuan anda untuk melihat objek secara detail. Penting sekali untuk segera melakukan pengobatan, untuk mencegah gangguan penglihatan yang lebih serius.

Apa Pengertian Penglihatan Buram?

Penglihatan buram atau kabur adalah kondisi dimana ketajaman penglihatan mengalami penurunan. Sehingga menyebabkan ketidakmampuan untuk melihat suatu objek secara mendetail dan jelas. Penglihatan buram merupakan keluhan visual yang cukup umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Meski begitu, anda perlu mewaspadai permasalahan penglihatan buram. Karena bisa saja penglihatan buram atau kabur yang dialami merupakan gejala atau tanda dari kondisi penyakit tertentu.

Ketahui Penyebab Penglihatan Buram?

Penglihatan buram ditandai dengan penglihatan yang tidak fokus, sehingga seseorang kesulitan untuk melihat objek dengan jelas. Penglihatan buram juga bisa terjadi pada satu mata atau bahkan kedua mata. Beberapa penyebab penglihatan buram yang paling umum terjadi diantaranya yaitu:

  • Gangguan mata refraktif, kondisi yang terjadi karena perubahan bentuk bola mata, bentuk kornea, atau terdapat gangguan pada lensa mata.
  • Katarak, kondisi dimana bagian lensa mata menjadi buram atau mengalami kekeruhan sehingga menghalangi cahaya mencapai retina.
  • Degenerasi makula, yaitu kerusakan pada makula sehingga menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan pada lapang pandang bagian tengah.
  • Glaukoma, yaitu kondisi penyakit mata yang terjadi karena tekanan berlebih pada bola mata, sehingga terjadi kerusakan saraf mata.
  • Infeksi mata yang umumnya bisa terjadi akibat virus, bakteri, dan jamur. Infeksi mata yang paling umum terjadi yaitu konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.
  • Penggunaan atau pemakaian lensa kontak yang tidak tepat dan tidak terjaga kebersihannya. Pemakaian dan perawatan lensa kontak yang kurang tepat bisa menyebabkan luka dan infeksi pada kornea mata.
  • Diabetes yang meningkatkan risiko retinopati diabetic, yaitu kerusakan pada pembuluh darah dan saraf mata di retina mata.
  • Tekanan darah tinggi tidak hanya menyebabkan stroke, tapi kondisi ini juga bisa mengakibatkan stroke mini pada mata yang disebut oklusi vena. Sehingga, menyebabkan pandangan mata kabur.
  • Konsumsi jenis obat-obatan atau suplemen tertentu, juga dapat membuat penglihatan menjadi kabur.

Baca Juga: Pelajari tentang Gangguan Penglihatan Retinopati Diabetik

Penglihatan buram yang keluhannya bisa timbul dan hilang begitu saja bukan termasuk kondisi serius. Namun apabila penglihatan buram berlangsung lama dan disertai dengan keluhan lainnya, bisa jadi hal tersebut menandakan kondisi yang lebih serius. Keluhan yang perlu diwaspadai seperti kepekaan terhadap cahaya, muncul bintik-bintik, penglihatan ganda, nyeri pada mata dan lainnya.

Cara Mengatasi Penglihatan Buram

Pada kondisi penglihatan buram yang ringan, ada beberapa Langkah sederhana yang bisa dilakukan. Seperti mengedipkan mata dengan memejamkan mata selama beberapa saat. Mengedipkan mata lebih banyak dari biasanya bisa membuat otot mata anda menjadi lebih rileks. Selain itu, anda juga perlu mengistirahatkan mata begitu penglihatan menjadi buram. Karena penglihatan buram bisa menjadi tanda bahwa mata mengalami kelelahan dan bekerja terlalu keras sehingga perlu diistirahatkan agar mata kembali sehat.

Selain mengistirahatkan mata secara berkala, penting juga menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga mata tetap sehat. Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin A yang membantu memelihara kesehatan mata. Selain itu, rutin melakukan pemeriksaan mata di klinik mata professional VIO OPTICAL juga perlu dilakukan. Sehingga anda bisa berkonsultasi mengenai kondisi Kesehatan mata dan bagaimana memelihara Kesehatan mata dengan baik.

Anda membutuhkan layanan kesehatan mata? Segera kunjungi Vio Optical Clinic. Kami memberikan layanan pemeriksaan kesehatan mata secara menyeluruh dengan peralatan medis canggih yang lengkap. Vio Optical Clinic memiliki staf profesional yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk anda. Percayakan kesehatan mata anda bersama layanan kesehatan mata dari Vio Optical Clinic. Dan jangan lupa kunjungi juga channel kami VIO OPTICAL Clinic untuk melihat lebih dekat profesionalitas kami dalam perawatan kesehatan mata.